Sponsors Link

Perawatan Interior Mobil Yang Benar Tanpa Biaya

Sponsors Link

Mobil merupakan kendaraan yang palin diminati oleh masyarakat perkotaan saat ini. Persaingan harga antara perusahaan – perusahaan otomotif yang semakin hari semakin gila – gilaan, membuat populasi mobil meningkat tajam. Ditambah lagi penawaran cicilan kredit dengan uang muka sangat murah. Tidak heran jika masyarakat sangat antusias merespon hal tersebut.

ads

Jika anda sudah memutuskan untuk membeli mobil dan memilikinya, sudah selayaknya anda melakukan perawatan dengan sepenuh hati agar kondisi mobil tetap prima dan nyaman saat digunakan. Kenyamanan mengemudi bisa tercipta karena interior mobil dalam keadaan bersih dan terawat.

Baca juga :

Perawatan Interior Mobil

perawatan-interior-mobilSebenarnya proses perawatan interior mobil bisa anda lakukan setiap saat, hanya saja membutuhkan niat dari dalam diri sang pemiliknya. Anda bisa mendisiplinkan diri untuk melakukan pembersihan sebelum dan sesudah penggunaan.

Kebersihan bagian – bagian interior mobil sangat mempengaruhi kondisi ketahanan dan keawetan dari semua bagiannya. Selain itu juga akan membantu menjaga kesehatan anda dan keluarga saat berada di dalam mobil.

Pada artikel kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai perawatan interior mobil yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi, yuk simak penjelasannya bersama – sama sebagai berikut :

1. Perhatikan Kebersihan Jok Mobil

Bagian interior mobil paling penting ialah jok (tempat duduk) yang wajib dibersihkan setiap saat. Bagaimana bisa timbul rasa nyaman kalau jok mobil kotor dan berdebu. Jangan lupa bersihkan sebelum dan sesudah digunakan. Manfaatkan gagal kemoceng untuk membersihkan bagian permukaan jok.

Sempurnakan dengan menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat semua debu yang bersarang di sela – sela jok tempat duduk dan jok sandaran. Jika sudah benar – benar bersih anda bisa menambahkan bantal untuk menciptakan dan meningkatkan rasa nyaman pada saat mengemudi.

Baca juga :

2. Bersihkan Kaca Depan Bagian Dalam dan Samping

Kebersihan dan kekinclongan kaca depan, samping kanan dan juga samping kiri bagian dalam sangat mempengaruhi keamanan dalam berkendara. Jika komponen ini tidak diperhatikan akan berpeluang membahayakan anda saat mengemudi.

Kaca bagian depan akan mempengaruhi jarak pandang mata karena pemandangan depan menjadi terlihat samar – samar akibat tertutup debu. Kaca bagian kanan dan kiri akan mempengaruhi aktivitas pada saat akan mendahului kendaraan lain atau pun saat akan belok.

Bersihkan bagian – bagian kaca tersebut dengan menggunakan air terlebih dahulu untuk mengangkat debu yang menempel dan sempurnakan dengan menyemprotkan cairan pembersih kaca agar terlihat lebih jernih dan kinclong.

Sponsors Link

3. Bersihkan Bagian Pijakan Kaki

Perawatan interior mobil selanjutnya ialah membersihkan bagian pijakan kaki. Banyaknya kerikil – kerikil kecil dan juga tanah yang terbawa masuk ke dalam mobil kita oleh sandal atau pun sepatu membuat pijakan kaki kita menjadi tidak nyaman. Hendaknya anda sering membersihkannya dengan menggunakan sapu khusus mobil secara rutin.

Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal bisa memanfaatkan vacumm cleaner agar sisa – sisa debu bisa terangkat. Dengan demikian pijakan kaki anda menjadi lebih terasa nyaman. Saya sarankan saat anda akan masuk mobil, hentak – hentakkan terlebih dahulu sandal atau sepatu anda agar kerikil yang menempel bisa hilang.

Baca juga :

4. Bersihkan Bagian Setir

Bagian setir merupakan salah satu bagian yang berinteraksi langsung dengan kedua tangan. Jadi anda wajib menjaga kebersihannya, jika dibiarkan kotor nantinya kedua tangan yang berinteraksi langsung dengan setir dan kemudian digunakan untuk makan tanpa cuci tangan akan menimbulkan gangguan pada kesehatan tubuh anda.

ads

Untuk itu sering – seringlah membersihkan setir mobil anda menggunakan kanebo lembab agar debu yang ada pada bagian permukaan kemudi bisa terangkat. Selanjutnya bersihkan juga bagian – bagian sekitar kemudi yang berinteraksi langsung dengan tangan anda.

Baca juga :

5. Bersihkan Bagian Spion Dalam

Spion yang ada dibagian dalam mobil di tengah – tengah atas mempunyai fungsi untuk membantu melihat area belakang sehingga bisa memudahkan anda saat parkir ataupun bisa untuk mengamati situasi saat dalam perjalanan.

Bayangkan saja apabila kaca spion ini buram karena bekas pegangan tangan atau pun banyak debu yang menempel. Pasti fungsinya tidak akan bisa sempurna karena arean yang kita lihat di spion tidak terlihat jelas.

Baca juga :

6. Bersihkan Lubang Ventilasi AC

Apabila mobil anda ber AC sebaiknya perhatikan juga kebersihan lubang ventilasi AC dari debu yang bersarang. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kemoceng berbahan lembut terlebih dahulu, kemudian lakukan pengelapan menggunakan kanebo lembab.

Jika bisa dibuka, saya sarankan untuk dibuka saja terlebih dahulu. Bersihkan menggunakan vacuum cleaner agar AC berasa dingin lagi. Selain itu jika AC mobil bersih, maka sirkulasi udara di dalam mobil pun ikut bersih dan tentu saja lebih sehat.

Baca juga :

7. Bersihkan Bagian Dashboard Mobil

Dashboard mobil merupakan bagian paling depan dari interior mobil yang banyak dimanfaatkan untuk meletakkan perlengkapan anda termasuk makanan. Nah jika anda malas membersihkan permukaan dashboard mobil, bisa beresiko mengganggu kesehatan anda melalui makanan yang anda makan pada saat sedang berada di dalam mobil.

Sponsors Link

Cara membersihkannya pun cukup mudah, bersihkan dulu dengan menggunakan kemoceng untuk mengangkat debu yang ada pada permukaan. Untuk mengangkat semua debu yang masih tersisa, anda bisa mengelapnya menggunakan kanebo lembab dan menyemprotkan anti bakteri.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai perawatan interior mobil di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dan menambah wawasan bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali yang membahas mengenai perawatan interior mobil. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 04th, October 2017 / 07:31 Oleh :
Kategori : Perawatan