Sponsors Link

Penyebab Mobil Keluar Asap Dari Kap Mesin

Sponsors Link

Menjadi pemilik sebuah kendaraan tentunya mewajibkan anda untuk selalu merawat mobil secara berkala. Dengan adanya perawatan yang rutin, maka tentu saja membuat mobil anda selalu terjaga peforma nya dengan baik bahkan terhindar dari resiko-resiko kerusakan yang bisa saja terjadi pada mobil anda. (baca juga: Spesifikasi Isuzu Panther Hi Grade)

ads

Kerusakan-kerusakan tersebut tentu saja dapat membahayakan keselamatan anda dalam berkendara. Misalnya saja beberapa kasus yang ada terdapat mobil-mobil yang mengeluarkan asap dari kap mesin saat berkendara. Jika hal ini terjadi pada anda, tak perlu panik. Cari tahu terlebih dahulu penyebab yang mugnkin terjadi dan kemudian cari solusi untuk permasalahn tersebut. Berikut ini beberapa penyebab mobil keluar asap dari kap mesin yang dapat anda ketahui. (baca juga: Ciri Ciri Alternator Mobil Rusak)

1. Oli Yang Mengalami Kebocoran

Salah satu penyebab mobil keluar asap dari kap mesin mobil dapat dikarenakan adanya oli mobil yang mengalami kebocoran. Ketika oli merembes keluar, maka akan mengenai bagian mesin yang panas sehingga menyebabkan timbulnya asap. Biasanya ini terjadi ketika pemilik mobil lupa untuk menutup lubang oli setelah mengganti oli, sehingga menyebabkan oli menjadi meluber kebagian mesin yang sedang panas. Ditambah lagi dengan terciumnya bau seperti minya, hal ini menandakan jika ada oli yang mengalami kebocoran. (baca juga: Cara Ganti Oli Mobil Sendiri)

Kebocoran ini biasnaya juga sering terjadi pada mobil-mobil yang usianya lama. Oli yang mengalami kebocoran bisa jadi dikarenakan penyekat yang sudah keras. Seal yang keras tersebut lah yang akhirnya membuat oli dapat keluar dari mesin. Ketika mesin terkena tetesan oli inilah yang kemudian menyebabkan oli terbakar dan mengeluarkan asap. Tentu saja oli yang bocor dan terbakar akan sangat berbahaya jika didiamkan terus menerus. Sehingga akan lebih baik untuk segera membawa mobil andake bengkel terdekat untuk diatasi. Cara terbaik untuk bisa mencegah kerusakan ini dapat terjadi, diperlukan perawatan rutin pada bagian sistem sirkulasi bahan bakar serta oli mobil. Jika anda mencium bau bensin di sekitaran mesin mobil, maka segera cari sumbernya dan kemudian perbaiki.

2. Kebocoran Pada Radiator

Penyebab lainnya dapat dikarenakan adanya kebocoran pada bagian radiator. Radiator yang mengalami kebocoran tentu saja akan mengurasi air yang ada di dalam radiator ataupun mengurangi volume air yang ada di dalamnya. Jika volume air yang ada di dalam radiator menjadi berkurang, maka tentu saja menyebabkan kemampuan radiator menjadi berkurang untuk bisa mendinginkan mesin mobil. Sehingga membuat mobil lebih cepat kepanasan atau overheating. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Overheating)

Untuk penangananan sementara, anda bisa melakukannya dengan mengisi air khusus radiator ketika suhu mesin sudah mulai mendingin. Namun hati-hati ketika anda akan membuka tutup radiator, jangan sampai anda terkena cipratan air panas yang pastinya akan membahayakan jika terkena kulit.

Pada beberapa jenis mobil-mobil modern, biasanya pengisian air radiator hanya bisa berjalan dengan sempurna jika udara yang ada di dalam sistem air radiator terbuang. Prinsip kerja dari sistem pembuangan ini sama halnya dengan pembuangan angin yang ada di sistem hidraulik rem ataupun kopling. (baca juga: Penyebab Air Radiator Berkurang)

3. Gangguan Kelistrikan

Gangguan kelistrikan yang terjadi pada mesin kendaraan anda juga cukup berpengaruh pada munculnya asap dari dalam kap mesin mobil anda. Jika asap tersebut berwarna hitam atau kebiruan dengan menimbulkan aroma yang cukup menyengat, menjadi pertanda jika terdapat maslaah kelistrikan pada mobil anda. Misalnya saja aki mobil yang bermasalah akan menimbilkan tumpukan gas hidrogen di dalam ruang mesin. Gas ini akan mengalami kebocoran jika terjadi kerusakan pada kabel mobil anda yang memicu munculnya asap dan percikan api. (baca juga: Cara Mengkilapkan Mobil Dengan Kit)

Kebakaran yang diakibatkan oleh kerusakan listrik dapat terjadi pada seluruh bagian mobil, tidak hanya pada bagian bawah kap mesin mobil saja. Untuk itu,cobalah perhatikan kembali pada bagian kelistrikan, apakah ada bagian kabel yang terbakar atau tidak. (baca juga: Ciri Ciri Rem Mobil Masuk Angin)

 4. Pemasangan Aksesoris Yang Tidak Tepat

Hal lainnya yang menyebabkan asap dapat muncul dari kap mesin mobil dikarenakan pemasangan aksesoris yang kurang tepat. Biasanya asap yang muncul akan disertai dengan  percikan api. Mulai dari pemasangan kabel yang tidak tepat, banyaknya “suntikan” pada kabel, dan lainnya menjadi pemicu munculnya asap dari kap mobil. (baca juga: Cara Overhaul Mesin Mobil)

Jika anda mengalami mobil keluar asap dari kap mobil saat berkendara di tengah jalan. Maka anda tak perlu panik, pinggirkan mobil anda di tepian jalan dan diamkan beberapa waktu hingga suhu pada mesin mulai menurun. (baca juga: Mobil Keluar Asap Saat Dipanaskan)

Kemudian cek mesin mobil anda untuk mengetahui penyebab dari kerusakan yang terjadi. Jika masih dapat ditangani oleh anda sendiri, anda bisa melakukan penanganan sementara untuk bisa membuat mobil berjalan hingga ke tempat tujua anda. Jika anda tidak mengetahui mesin mobil, maka sebaiknya segera hubungi bengkel terdekat untuk segera membawa mobil anda ke bengkel. Jangan mencoba untuk menjalankan mobil di kondisi tersebut karena dapat memicu mobil untuk terbakar. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,




Post Date: Tuesday 03rd, October 2017 / 08:03 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis