Sponsors Link

Jenis Jenis Kopling Mobil dan Cara Kerjanya

Sponsors Link

Kopling memang sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk menghubungkan tenaga mesin ke roda belakang pada mobil atau motor sehingga bisa berjalan maksimal. Ternyata kopling itu di setiap kendaraan ada lho guys, pasti kalian taunya Cuma di mesin mobil atau motor yang bertransmisi manual aja ya. (baca juga:Cara Kerja Kopling Mobil)

ads

Kopling pun ada juga di mesin mobil atau motor yang bertransmisi matic. Jangan salah lagi ya, sehingga kalian menganggap transmisi metic tidak memakai kopling. Tetapi memang yang membedakan keduannya adalah cara kerja kopling manual dan kopling pada mesin metic. Mari kita simak penjelasan berikut. (baca juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas)

Pengertian Kopling dan Fungsinya 

Kopling adalah suatu alat atau peralatan dalam kendaraan bermotor yang menghubungkan antara poros engkol dengan roda gigi transmisi untuk menggerakkan roda belakang. Fungsi utama kopling adalah untuk Memindahkan tenaga mesin  ke transmisi, sehingga transmisi mengubah tingkat kecepatan pada mesin sesuai yang di ingin kan. Oleh itu karena mobil mempunyai tingkat kecepatan yang berbeda di setiap gigi. Selain itu kopling juga banyak fungsinya lho, apa aja sih mari kita simak.(baca juga:Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras)

Fungsi kopling antara lain :

  • Untuk memindahkan gigi mobil agar mobil bisa berjalan mulus.
  • Untuk mengangkat engine pada awal mobil berjalan agar lancar dan halus.
  • Untuk menghentikan mobil tanpa mematikan mesin pada saat mobil akan berhenti sesaat. Misalnya pada lampu merah atau kemacetan.
  • Untuk menambah performa pada mesin sehingga mesin bisa berjalan bebas dan maksimal.
  • Yang terkahir untuk menambah tingkat performa rem mobil pada kondisi pengereman darurat. (baca juga:Ciri Ciri Thermostat Mobil Rusak)

Setelah tau fungsinya mari kita mengenal berbagai jenis kopling pada mobil. Mungkin ada yang belum kita tahu pembagian atau jenis kopling di mesin mobil. Jenis kopling di dalam komponen mobil itu banyak macamnya. Yang pertama kita akan bahas yang tidak asing lagi sama namanya kopling Manual dan kopling otomatis, apa sih bedanya kopling manual dan otomatis ? mari kita  cari tau. (baca juga : Komponen Kopling Mobil )

Jenis Jenis Kopling Mobil

1. Kopling Manual 

Kopling manual yaitu kopling yang yang di jalankan dengan cara manual atau dengan pengendalian pengemudinya sendiri. Kopling Manual di buat agar sang pengemudi dengan leluasa mengoprasikan kinerja mesin saat di jalan. Sehingga dapat mengatur tingkat kecepatan kendaraan.

Kopling Manual di jalankan dengan membutuhkan tingkat ketrampilan dan ketelitian tingkat tinggi saat berkendara. Pengemudi mobil harus mempunyai skill untuk mengoprasikan mobil yang menggunakan kopling manual. Selain itu, pengemudi juga harus fokus saat berkendara agar tidak terjadi hal yang di inginkan. (baca juga:Cara Memperbaiki Wiper Mobil)

Untuk pembaca yang baru bisa mobil yang menggunakan kopling manual sebaiknya jangan langsung berkendara di jalan raya, apalagi jalan tersebut ramai kendaraan yang melintas,  alangkah baiknya memperlancar dahulu di lapangan terbuka sampai benar – benar lancar mengemudi dan jangan lupa buat SIM A dulu ya, agar tidak melanggar lalu lintas. (baca juga:Penyebab Starter Mobil Berat)

Sponsors Link

Sekaran mari kita membahas bersama – sama cara kerja Kopling manual. Cara kerja kopling manual itu cukup sederhana. Berdasarkan fungsi yang kita bahas tadi, mekanisme kerja kopling yaitu menjadi penghubung antara poros engkol dengan roda belakang, sehingga gerak mesin akan di ikuti dengan menggerakan roda belakang.

ketika kopling tidak di injak kanvas kopling dan pelat kopling merapat sehingga tenaga mesin dapat menggerakan roda belakang dengan lancar akan tetapi jika kopling di injak maka kanvas kopling dan pelat kopling pun merenggang sehingga sambungan tenaga dari mesin untuk menggerakan roda belakang pun terputus, itu merupakan prinsip cara kerja kopling manual sesuai dengan fungsi kopling itu sendiri.(baca juga:Mobil Matic vs Mobil Manual)

Perlu di ingat jika mesin pada mobil yang memakai kopling manual menurunkan kecepatan atau menurunkan gaya putaran pada poros engkol dan tidak menginjak kopling maka mesin mobil tersebut akan mati hal ini yang menjadi perbedaan antara Mobil dengan kopling manual dan mobil matic yang memakai kopling otomatis. (baca juga: Cara Mengatasi Pedal Kopling )

ads

2. Kopling Otomatis 

Setelah kita tahu tentang kopling manual sekarang mari kita cari tau apa sih kopling otomatis itu. Kopling otomatis yaitu jenis kopling yang berkerja berdasarkan kecepatan putaran poros engkol. Kopling otomatis berkerja memutus dan menghubungkan atara poros engkol dengan roda belakang tergantung dari kecepatan putaran poros engkol tersebut.(baca juga:Masalah Transmisi Matic)

Kopling otomatis sering di jumpai di semua mobil matic, karena memang tujuan pada mobil matic memakai komponen kopling otomatis tentunya untuk memudahkan pengemudi mobil yang kesulitan memakai mobil dengan kopling manual, sedangankan pada mobil matic juga hanya mempunyai 3 (tiga) arah tuas untuk mundur, untuk kecepatan sedang dan untuk kecepatan maksimal.(baca juga:Masalah Transmisi Matic)

Berbeda dengan mobil dengan kopling manual yang mempunyai 6 (enam) arah tuas berdasarkan tingkat kecepatan masing – masing di setiap gigi. Pada mobil matic pun mempunyai 2 (dua) pedal yaitu untuk gas dan rem. (baca juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur)

Bagaimana dengan cara kerja kopling otomatis? pada saat kecepatan rendah atau putaran poros engkol lambat, kanvas kopling dan plat kopling akan sedikit merenggang hal tersebut berjalan otomatis, setelah poros engkol mulai berputar dengan kecepatan yang lumayan tinggi barulah pemberat kopling akan mulai menggerakan antara poros engkol ke roda belakang dengan maksimal di iringi dengan merapatnya antara kanvas kopling dan plat kopling. (baca juga:Mobil Matic Terbaru)

Dengan demikian jika kecepatan pada mobil manual mulai melambat, mesin tidak akan mati karena kanvas kopling dan plat kopling akan otomatis merenggang. (baca juga:Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga)

Setelah kita tahu  jenis jenis koling mobil manual dan otomatis beserta perbedaanya, ternyta tidak sampai sampe di sini lho, masih banyak Tipe – tipe kopling yang sangat jarang kita dengar sama sekali perbedaan kopling menurut jenisnya. (baca juga: Fungsi Kopling Mobil )

Tipe Kopling berdasarkan jenisnya

  • Kopling Gesek 

Yang pertama yaitu kopling gesek, apa sih kopling gesek ? kopling gesek adalah kopling yang berkerja denga memanfaatkan gaya gesek pada dua buah piringan kopling untuk melakukan perpidahan daya. Berdasarkan gaya yang gesekan tersebut, kopling gesek di bagi menjadi dua bagian. (baca juga: Ciri Ciri Kampas kopling Mobil Habis)

  1. Kopling konis (cone cluth) yaitu kopling yang bergesekan antara dua unit piringan kopling yang berbentuk konis atau berbentuk kerucut berpancung.
  2. Kopling Piringan (disc cluth) yaitu kopling yang bergesekan atara dua unit bidang gesek yang berbentuk piringan atau bulat. (baca juga: Cara Menyetel Kopling Mobil)
Sponsors Link

Selain itu kopling juga di bedakan menurut jumlahnya, apa saja dan berapa banyak jumlahnya? Ada dua macam kopling yang di bedakan menurut jumlahnya, yaitu :

  • Kopling Plat Ganda/Banyak 

Kopling plat ganda atau banyak yaitu kopling yang mempunyai bidang kopling yang jumlah piringanya dua atau lebih. Sehingga antara kopling bisa bergesekan agar komponen pada mesin berkerja. Kopling ini mudah kita jumpai di mobil yang menggunakan kopling manual. (baca juga: Cara Ganti Kampas Kopling )

  • Kopling Plat Tunggal  

Kopling plat tunggal yaitu kopling yang hanya mempunyai satu piringan saja. Memang bisa ? Ya bisa, jenis kopling ini biasanya digunakan di mobil yang menggunakan kopling otomatis.

Yang terakhir merupakan jenis kopling berdasarkan kondisi pelumas. Tentunya kopling juga ada yang membutuhan pendinginan akibat terlalu sering bergesekan dan ada pula kopling yang tak butuh pelumas untuk mendinginkan kopling. Dalam hal ini ada dua jenis kopling Yaitu (baca juga: Cara Ganti Kampas Kopling)

  • Kopling Basah 

Kopling basah adalah kopling yang membutuhkan pendinginan akibat terlalu sering bergesekan. Dengan demikian kopling basah membutuhkan pelumas atau oli untuk menjaga agar kopling dalam kondisi baik. Kopling ini biasa di gunakan di sepeda motor. (baca juga :Cara Merawat Kopling Mobil)

  • Kopling Kering 

Kopling kering adalah kopling yang tidak membutuh kan pendinginan seperti di tambahkan pelumas atau oli, untuk menghindari terselipnya kopling. Kopling ini biasa di gunakan di sebagian besar pengkoplingan pada mobil tapi tetap perlu adanya perawatan atau servis. (baca juga:Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras)

Dari keduanya, kopling basah maupun kopling kering tetap mempunyai kesamaan yaitu sama–sama bisa terselip. Semoga artikel tentang Jenis – Jenis kopling dan isinya bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jika berkenan silahkan di share untuk menambah wawasan bagi yang lain Terima Kasih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 20th, September 2017 / 04:53 Oleh :
Kategori : Teknologi