Sponsors Link

Kelemahan dan Kelebihan Isuzu Panther Miyabi Terlengkap

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal Isuzu Panther? Mobil MPV yang satu ini sudah cukup legendaris. Bahkan mobil yang masuk di Indonesia pada tahun 1991 ini cukup laris di apsaran, bahkan di negara-negara Asia lainnya. Meskipun masuk ke dalam mobil-mobil produksi lama, namun mobil berkapasitas 7 orang ini masih menjadi banyak pilihan konsumen Indonesia sebagai mobil keluarga terbaik karena mesin mobilnya yang cukup bandel serta konsumsi bahan bakarnya yang tergolong irit meskipun menggunakan mesin diesel. Isuzu Panther sendiri sudah berada pada 4 generasi dan tetap menjadi pilihan mobil MPV bagi keluarga Indonesia. (bacajuga: Jenis-Jenis Kopling Mobil)

ads

Panther seri pertama diluncurkan pada tahun 1992-1993 namun sayangnya mobil panther ini berhenti produksi pada tahun 1996. Karena cukup singkat, popularitasnya tidak terlalu sepopuler jenis-jenis panther body Astra. Salah satu jenis mobil panther yang cukup populer pada seri ini adalah Panther Miyabi. Panther Miyabi merupakan tipe Panther dari genrasi pertama (1991-1992). Ciri khas dari jenis panther ini memiliki ukuran sasis yang pendek. Dan seri Panther Miyabi terakhir diproduksi pada tahun 1996. (baca juga: Ciri Ciri Rem Mobil Masuk Angin)

Kata Miyabi disini berartikan perbaikan, kesopanan, atau elegan. Dibandingkan dengan jenis panther panther pada umumnya, panther Miyabi memang sudah didukung dengan berbagai fitur-fitur yang biasanya hanya dapat anda temukan pada sedan seperti central lock, power window di setiap jendela, dan lainnya. Body mobil ala karoseri yang diproduksi pada tahun 1990 seperti panther Miyabi memang biasanya dibuat manual (handmade) sehingga cenderung lebih tebal dikarenakan banyaknya dempul yang digunakan. Nah untuk menjelaskan lebih lanjut, berikut ini bebarapa kelebihan dan kekurangan dari Isuzu Panther Miyabi yang dapat anda ketahui. (baca juga: Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis)

Kelemahan Panther Miyabi

Berikut ini beberapa kelemahan dari Isuzu Panther Miyabi, antara lain adalah:

  • Spesifikasi mesin yang digunakan oleh Isuzu generasi pertama ini memang lebih kecil dibandingkan dengan seri panther lainnya di generasi kedua, ketiga dan seterusnya. Isizu panther Miyabi menggunakan mesin yang berkapasitas 2238 cc. Berbeda pada mobil panther lainnya yang berada di generasi kedua, ketiga, dan lainnya menggunakan mesin berkapasitas 2500 cc. (baca juga: Cara Menyetel Rem Tangan Mobil)
  • Untuk peforma isuzu panther Miyabi masih kalah jika dibandingkan dengan mobil panther lainnya. Dengan spesifikasi mesin yang digunakannya, mobil ini hanya mampu mengeluarkan  tenaga sekitar 60 dk pada putaran 4300 rpm. Berbeda dengan mobil panther lainnya yang dapat menghasilkan tenaga hingga 86 dk pada putaran 3900 rpm.
  • Bentuk body mobil yang ala karoseri di tahun 90an ini memang dibuat manual (handmade) sehingga cenderung lebih tebal dikarenakan banyaknya dempul yang digunakan. Karena kondisi ini lah yang menyebabkan cat mobil biasanya cenderung terlihat kusam. Jika warna cat terlihat kinclong maka menandakan jika sudah dilakukan pengecatan ulang. (baca juga: Ciri Ciri Mesin Mobil Masih Bagus)
  • Aksesoris pada bagian lampu belakang mobil ini berbeda dengan tipe panther standar lainnya, sehingga jika anda ingin melakukan penggantian maka akan sangat sulit untuk mencari sparepart jenis mobil ini. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Bekas Rental)
  • Suspensi bagian depan mobil memang sedikit lemah.
  • Karena merupakan tipe mobil panther varian terendah pada generasi pertama, tentu saja membuat panther Miyabi memiliki fitur interior yang sangat kurang.
  • Kelemahan lainnya dapat terlihat dari bagian kaki kaki depan mobil ini yang memang agak sedikit ringkih dan manja. Untuk itu anda harus melakukan pengecekan rutin pada bagian balljoint karena tipe mobil ini memiliki body yang berat dengan ukuran ban yang cukup besar. Kebanyakan dari pengguna panther Miyabi ini memang mengganti kaki-kaki bagian depan mobil. (baca juga: Cara Kerja Karburator Mobil)
Sponsors Link

  • Kelemahan yang satu ini mungkin merupakan kelemahan dari sebagai besar jenis mobil Panther. Suara mesin yang dihasilkan agak sedikit berisik sehingga tentu saja akan sangat menganggu saat mesin sedang dinyalakan.
  • Sebagian besar mobil-mobil panther generasi lama memang memiliki sistem pembakaran yang kurang baik, sehingga menghasilkan berbagai macam polusi yang keluar dari saluran knalpot. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil APV)
  • Biasanya pada panther-panther produksi di tahun-tahun tua, termasuk panther Miyabi memiliki masalah pada sistem transmisinya. Misalnya saja kesulitan dalam perpindahan gigi maupun kondisi gigi yang sering netral dengan sendirinya.
  • Karena bagian ban mobil berukuran besar namun ukuran bearing mobil terlalu kecil menyebabkan bearing pada roda mobil menjadi cepat rusak karena harus mensupport ban mobil yang besar. (baca juga: Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi)
  • Fitur keamanan dan keselamatan mobil ini dirasa sangat kurang, terutama pada mobil panther Miyabi. Fitur-fitur keamanan yang penting semisal ABS dan Immobilizer belum tersedia dalam mobil MPV ini. (baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil)
ads
  • Belum dilengkapi dengan sistem transmisi matic yang mana dapat anda temukan pada mobil-mobil panther pada generasi selanjutnya. (baca juga: Komponen Transmisi Manual Mobil)
  • Karena menggunakan tipe mesin diesel, membuat getaran mobil menjadi lebih besar dibandingkan mobil-mobil lainnya terutama bagi jenis panther yang sudah terlalu berumur seperti Panther Miyabi. (baca juga: Cara Merawat Mesin Mobil Manual)

Kelebihan Panther Miyabi

Meskipun memiliki banyak kelemahan, namun panther Miyabi juga memiliki beberapa kelebihan di dalamnya antara lain adalah:

  • Body mobil yang memang tidak biasanya karena ukuran sasisnya yang pendek, sehingga body mobil lebih terlihat seperti SUV dibandingkan dengan MPV. Apalagi dengan ground clearance yang tinggi dengan ban mobil yang besar membuat tampilannya terlihat tangguh. (baca juga: Komponen Utama Rem Cakram)
  • Dibandingkan dengan jenis-jenis panther biasa, panther Miyabi sudah dibekali dengan berbagai fitur-fitur yang biasanya ditemukan pada sedan di saat tahun-tahun tersebut. Mulai dari central lock, power window yang ada di setiap jendela, dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Fitur-fitur ini memberikan kesan yang mewah dikarenakan kebanyakan tipe mobil minibus di saat itu memang memiliki fitur-fitur elektronik yang minim. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Overheating)
  • Mesin mobil ini memang dikenal akan konsumsi bahan bakarnya yang begitu irit, meskipun menggunakan mesin diesel. (baca juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur)
  • Mesin mobil ini pun jarang rewel serta memiliki perawatan yang cukup sederhana. Anda hanya perlu rutin mengganti filer oli, filter solar, oli, serta mengisi bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Cukup dengan cara ini maka mobil anda dapat melaju tanpa adanya hambatan sedikitpun. (baca juga: Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir)
  • Kebanyakan dari mesin mobil panther memang menggunakan tipe mesin diesel konvensional, sehingga daya tahannya cukup tinggi. Sehingga mesin mobil ini dapat menerima solar jenis apapun asal anda bisa rutin membersihkan filter udara pada mobil. (baca juga: Ciri Ciri Kampas Kopling Mobil Habis)
  • Ukuran kabin mobil memang cukup lapang karena dapat menampung hingga 7 orang penumpang di dalamnya. (baca juga: Cara Aman Belajar Mengemudi Bagi Pemula)
  • Harga mobil bekas dari panther Miyabi ini memang cukup terjangkau. Saat ini pasaran untuk mobil bekas panther Miyabi berkisar mulai dari 35-50 Juta Rupiah.
Sponsors Link

Itu tadi beberapa kelemahan dan kelebihan dari isuzu Panther Miyabi yang dapat anda ketahui. Meskipun termasuk mobil lama, namun Isuzu Panther dapat anda jadikan sebagai salah satu pilihan mobil MPV yang tangguh dan irit untuk keluarga anda. Meskipun sudah tidak diproduksi kembali, anda bisa mendapatkan mobil panther bekas dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi anda yang ingin membeli panter bekas, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu anda memilih mobil panther bekas terbaik.

  • Periksalah kondisi bodi mobil, cek jangan sampai terdadapat bagian mobil yang mengalami kekaratan atau korosi.
  • Cek kondisi mesin, cari mobil panther dengan kondisi mesin yang kering. Yang dimaksud mesin yang kering adalah mesin terbebas dari kebocoran, baik pada air radiator, oli, maupun solar.
  • Periksa bagian kaki-kaki mobil, mulai dari roda dikarenakan presentase dari kondisi roda dan kampas rem akan mempengaruhi nilai jual.
  • Perhatikan fitur-fitur yang tersedia, semisal power window, power steering, AC, central lock, dan lainnya. Pastikan jika semua fitur dalam kondisi normal.
  • Jangan lupa untuk memeriksa bagian interior mobil

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai isuzu panther Miyabi.Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,




Post Date: Thursday 21st, September 2017 / 15:19 Oleh :
Kategori : Info Mobil