Sponsors Link

15 Mobil Paling Nyaman untuk Perjalanan Jauh

Sponsors Link

Mayoritas masyarakat Indonesia ketika menjelang Idul Fitri banyak yang mudik. Mobil keluarga adalah sarana transportasi yang bisa mengajak seluruh keluarga saat lebaran. Jika anda ingin membeli mobil baru untuk mudik, direkomendasikan memilih mobil yang irit bensin karena harus menempuh berkilo-kilo. Selain itu harus mencari mobil yang servis after sales berkualitas. Agar anda hanya perlu membawa mobil ke bengkel resmi terdekat. Berikut adalah mobil-mobil yang direkomendasikan.

ads
  • Honda Mobilio

Pertama, anda bisa mengecek produksi Honda bernama Honda Mobilio Mobil ini bertipe bergaya MPV. Harga varian termurahnya Rp 210.000.000. Kelebihannya berkabin lebar, mudah dikendalikan dan desain eksterior menarik. Bagasinya yang luas cocok untuk membawa oleh-oleh ketika mudik. Untuk satu liter bisa menempuh jarak sejauh 21,4 kilometer. Kelemahannya transmisi CVT lemah, suspensinya kaku dan kabin tidak terlalu kedap suara. Untuk lebih detailnya kelebihan dan kekurangan honda mobilio.

  • Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga termasuk mobil keluarga murah, irit dan nyaman. Harganya, Rp 190.000.000 sampai Rp 230.000.000. Mesinnya bertenaga dan keamanan lengkap. Seperti Mobilio, bagasinya juga luas. Di tahun 2016, Ertiga baru saja memenangkan lomba bensin teririt dengan kemampuan 26,32 kpl. Namun, ban mobilnya tidak terlalu berkualitas, joknya tidak bisa dilipat dan tidak terlalu kuat menaiki tanjakan dalam beban maksimal. Untuk lebih detailnya kelebihan dan kekurangan mobil ertiga.

  • Nissan Grand Livina

Untuk menyaingi Xenia dan Avanza, Nissan menciptakan Nissan Grand Livina. Harganya sekitar Rp 238.000.000 sampai 270.000.000. Kelebihannya stabil, tidak limbung, kabinnya nyaman dan joknya berlapis kulit. Untuk satu liter bisa menempuh jarak 24,2 kilometer. Namun, ground clearance rendah, ACnya tidak bertenaga ganda dan tidak ada kunci immobilizer. Grand Livina mempunyai beberapa varian seperti Nissan Grand Livina 1.5 XV M/T dan Nissan Grand Livina 1.5 HWS CVT.

  • Toyota Avanza

Toyota Avanza bisa dipertimbangkan sebagai mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh. Varian termurahnya Grand New Tipe 1.3 M/T seharga Rp 184.000.0000. Irit bahan bakar karena butuh satu liter untuk 16 kilometer. Maksimal tujuh orang dan desain kursi sangat ergonomis. Cocok untuk mudik rame-rame. Kelebihannya berdesain sporty, mesinnya kuat dan perawatannya mudah. Untuk lebih detailnya kelebihan dan kekurangan mobil avanza. Jika anda sudah membeli avanza maka perlu tahu cara merawat mobil avanza.

  • Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia adalah MPV yang termasuk ke kategori mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh. Durabilitas dan irit bahan bakar. Tipe ini mengusung teknologi mesin EJ-VE 989 cc VVTI sehingga bisa menempuh 16 kilometer untuk tiap liternya. Dilengkapi oleh air bag untuk keselamatannya. Jaringan servis luas dan suku cadangnya banyak. Tapi tidak dilengkapi anti-lock brake system, mesinnya lebih lemah dibandingkan kompetitor dan fitur di dalam kabin minim. Anda bisa membandingkan perbedaan mobil avanza dan xenia.

Sponsors Link

  • Mitsubishi Pajero Sport

SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport sangat cocok untuk melewati jalanan luar kota. Pajero memproduksi beberapa varian yaitu mitsubishi pajero sport dakar limited hi power 4×2, mitsubishi pajero super exceed A/T dan mitsubishi pajero sport GLS limited M/T 4×2. Selain mahal, kelemahannya Pajero adalah boros bensin. Dibandingkan lima mobil yang disebutkan tadi, Pajero Sport Dakar membutuhkan satu liter bensin untuk 7,1 kilo. Tapi, kelemahannya tertutupi oleh kenyamanan interiornya. Dimensi yang besar membuat Pajero nyaman untuk mudik, ground clearancenya setinggi 218 mm, bersuspensi double independent wishbone dengan coil spring.

ads

  • All New Kijang Innova

Pilihan mobil paling nyaman selanjutnya adalah All New Kijang Innova. Ada varian transmisi otomatis (6 gear) dan manual (lima gear). Kelemahannya, tidak seirit lima mobil yang disebutkan di atas. Tapi kelemahannya ditutupi oleh kenyamanan interiornya seperti Pajero. Dimensinya ideal untuk mobil keluarga, suspensinya sama seperti Pajero, interiornya dilengkapi hiburan layar sentuh dan menggunakan ambient light LED di atap kabin.

  • Suzuki Celerio

Suzuki Celerio adalah mobil paling nyaman untuk perjalan jauh yang sangat irit bensin. Satu liter bensin bisa menempuh 27,9 kilometer sedangkan otomatis bisa 23,7 kilometer. Nyaman untuk dikemudikan, mesin berperforma baik dan harganya terjangkau. Kelemahannya, peredam kabin perlu disempurnakan lebih lanjut dan interior terbuat dari bahan-bahan murah.

  • Daihatsu Ayla

Mobil paling nyaman untuk perjalan jauh selanjutnya adalah Daihatsu Ayla. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp 111.000.000 untuk varian termurahnya. Suku cadangnya mudah dicari. Bagasinya luas sehingga bisa membawa banyak barang. Tipe otomatis tersedia untuk tipe X dan M. Bensinnya irit. Butuh satu liter untuk menempuh 21 kilometer. Karena harganya terjangkau, fiturnya pun tidak terlalu banyak dan bodinya yang ringan dikhawatirkan oleng juga dipacu pada kecepatan tinggi.

  • Suzuki Ignis

Mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh selanjutnya adalah Suzuki Ignis. Harganya berada di bawah SUV yang lain. Varian termurahnya sekitar Rp 150.000.000. Desainnya sporty, fitur dalam kabin dan keselamatan lengkap, mudah bermanuver, irit bahan bakar karena memakai injection. Butuh satu liter bensin untuk menembuh 23,6 kilometer. Kelemahannya karena ringan jadi kurang stabil. Lalu kapasitas mesin kecil.

  • New Daihatsu Sirion

Coba lihat New Daihatsu Sirion. Varian termurahnya seharga Rp 160.000.000. Sedikit lebih mahal dari Suzuki Ignis. Tenaga mesin baik, kabin yang lebar dan nyaman, pengendaliannya mudah, servisnya murah dan irit bensin. Butuh satu liter untuk 20,8 kilometer. Kelemahannya built kualitas rendah, bantingannya terlalu keras dan part racing aftermarket masih kecil.

  • Honda Brio

Jika ingin mencari mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh plus harga murah, coba lihat Honda Brio. Bahkan lebih murah dan lebih irit dari Sirion. Varian termurahnya Rp 131.500.000. Butuh satu liter bensin untuk 21,1 kilometer. Percepatan baik dan pengendalian mudah karena setirnya ringan, irit bensin dan tenaga mesinnya terbilang baik. Kelemahannya central locknya tidak otomatis dan desain interiornya terlihat murahan.

  • Toyota Calya

Mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh selanjutnya adalah Toyota Calya. Kelemahannya bodi tipis, ukuran ban kecil, interior di bawah standard dan harus menggunakan pertalite atau premium. Kelebihannya irit bensin dengan kemampuan sembilan belas kilometer per liternya. Bagasinya luas, harganya terjangkau, kabin luas sehingga nyaman untuk perjalanan jauh dan fitur keamanan bagus.

Sponsors Link

  • Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra termasuk jenis LCGC yang merupakan hasil kerjasama Toyota-Daihatsu. Hanya butuh satu liter untuk 19 kilometer. Varian termurahnya Rp 110.000.000. Kelebihannya berkabin luas dan dilengkapi air bag dan anti-locking brake. Kelemahannya terlalu rendah, ruang kaki dan tidak bisa membawa banyak bawaan karena bagasi sempit. Kacanya juga sering berembun jadi harus hati-hati ketika menyetir.

  • Toyota Sienta

Pilihan terakhir adalah Toyota Sienta. Produk ini digunakan untuk melawan Honda Freed. Memakai teknologi hybrid sehingga irit bahan bakar. Mampu menempuh 20,2 kilometer tiap liternya. Kelebihannya memakai pintu geser, kabin dan dashboard yang baik, desain eksterior bagus, fitur keamanan dan keselamatan lengkap dan banyak tipenya. Cukup untuk enam orang. Kelemahannya jok belakang kurang luas dan bagasi sempit.

Demikin informasi tentang mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh. Semoga anda mendapatkan mobil yang sesuai dengan selera anda.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Review Mobil