Sponsors Link

6 Mobil MPV Diesel Paling Irit dan Murah di Indonesia

Sponsors Link

Mobil MPV memang banyak ditujukan sebagai pilihan mobil keluarga terbaik karena spesifikasinya yang dapat menampung banyak penumpang serta fitur fitur canggih di dalamnya yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Sehingga tak salah jika banyak orang yang melirik jenis mobil-mobil MPV untuk pilihan berkendara  bersama keluarga. Saat ini mobil-mobil MPV tak hanya tersedia dalam pilihan mesin bensin saja, namun beberapa juga tersedia dalam pilihan mesin diesel yang membuatnya lebih tangguh dan bertenaga. Mesin diesel biasanya dikaitkan dengan tenaga dan peformanya yang tangguh sehingga dapat digunakan di segala medan. Sehingga pilihan mobil-mobil MPV dengan mesin diesel tentu saja menjadi pilihan terbaik bagi kendaraan keluarga. (baca juga: Cara Memperbaiki Gardan Mobil)

ads

Namun karena pilihan MPV mesin diesel masih sangat sedikit,  banyak orang yang masih kesulitan untuk memilihnya. Bagi anda yang tertarik untuk membeli Mobil MPV bermesin diesel, kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai mobil MPV Diesel paling irit yang dapat anda jadikan pilihan sebagai mobil keluarga yang juga dapat anda jadikan sebagai pilihan mobil keluarga terbaik.  (baca juga: Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis)

1.Renault Duster (22,1 km/liter)

Mobil produksi asal Eropa ini memang merupakan salah satu mobil-mobil mewah yang dikenal tangguh dan handal dengan desain mobil yang terkesan mewah dan berkelas. Tak hanya pada tampilannya saja yang mempesona, peforma serta keiritan mobil ini menjadi daya tarik bagi konsumen di pasaran. Sehingga tak salah jika mobil ini masuk ke dalam mobil MVP Diesel yang paling irit.(baca juga: Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai)

Dibekali dengan mesin 1.5 dCi K9K Hp 4 Silinder in-Line dengan kapasitas 1.416 cc yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 85 Ps pada putaran 3750 rpm dan torsi 200 Nm pada putaran 1900 rpm. Mobil yang dilengkapo dengan penggerak roda 4×4/4WD memberikan keringanan saat mobil dikendarai. Belum lagi dengan konsumsi bahan bakar nya yang cukup irit sekitar 22,1 km/liter membuatnya menjadi pilihan mobil MPV terbaik untuk keluarga. Bagi anda yang tertarik, mobil ini dibanderol dengan harga mencapai 333 juta Rupiah di pasaran. (baca juga: Cara Mengganti Air Radiator Mobil)

2. Chevrolet Spin 1.3 LTZ (21 km/liter)

Mobil MPV Diesel paling irit yang dapat anda jadikan sebagai pilihan mobil keluarga terbaik adalah Chevrolet Spin. Bahkan mobil ini disebut sebagai mobil MPV berbahan bakar solar termurah yang ada di Indonesia. Chevrolet ini memang cukup unik karena tersedia dalam mesin 1300 cc yang mana berbeda dari kebanyakan mobil solar di pasaran yang biasanya menggunakan mesin berkapasitas 2500 cc. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Ayla)

Mesin mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi turbo injeksi serta Common Rail Diesel yang membuat mesin mobil ini dapat mengeluarkan power hingga 75 Ps dan torsi sekitar 190 Nm. meskipun tidak dibekali dengan sistem transmisi automatic, namun banyak orang yang memilih mobil ini karena konsumsi bahan bakarnya yang cukup irit. Bagaimana tidak? mobil ini dapat mencapai perjalanan hingga 21 kilometer hanya penggunaan 1 liter bahan bakar saja. (baca juga: Penyebab Lampu Mobil Berembun)

3. Isuzu Phanter LV 2000 (17km/liter)

Berbicara tentang mobil MPV diesel tentu saja anda tidak boleh melewatkan Isuzu Panther sebagai mobil keluarga bermesin diesel terbaik yang irit bahan bakar. Dikenal dengan mesin yang tangguh menjadi nilai tambah tersendiri bagi mobil Panther ini. Hadir dengan generasi terbaru yaitu Smart, LV, LS, Touring, serta Grand Touring makin meramaikan pasar otomotif Indonesia. Untuk urusan hemat bahan bakar, pada tipe LV 2000 memiliki konsumsi bahan bakar sekitar 17 km untuk 1 liter bahan bakar. (baca juga: Kerusakan Kaki Kaki Mobil)

Sponsors Link

4. Toyota Kijang Innova (15km/liter)

Mobil Kijang Innova ini memang sering dipilih sebagai mobil MPV terbaik untuk kendaraan keluarga. Mobil ini tersedia dalam 2 tipe mesin yaitu mesin bensin dan mesin diesel serta hadir dengan 3 varian terbaru yaitu G, V, dan Q yang membuat semakin diincar konsumen yang ada di Indonesia. Konsep eksterior yang tangguh dan interiornya yang mewah membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk mobil keluarga.

Untuk pilihan mesin diesel, mobil ini menggunakan tipe mesin 2 GD FTV 4 silinder In-Line, 16 valve DHOC yang dilengkapi VNT Intercooler 2400 cc. Dengan mesin tersebut, Kijang Innova ini mampu mengeluarkan tenaga sekitar 102 Ps pada putaran 3600 rpm dan toris maksimal mencapai 26.5/ 1600-2400. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Harus Spooring)

Bahkan konsumsi bahan bakarnya pun juga cukup irit untuk perjalanan dalam kota sekitar 11km/liter dan untuk perjalanan bebas hambatan (tol) menghabiskan sekitar 15 km/liter. Bagi anda yang tertarik dengan mobil ini, Kijang Innova dibanderol dengan harga mulai dari 292 Juta Rupiah. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil BMW)

ads

baca juga:

5. Tata Aria Diesel (14,7 km/liter)

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat belum terlalu mengenal merk mobil ini. Tata adalah mobil-mobil produksi asal India yang mana di pasarkan di Indonesia. Salah satu produksi nya yang cukup menarik pasaran adalah Tata Aria yang menggunakan tipe mesin diesel. Dengan dukungan mesin jenis 2.2 L DICOR, BS IV Dual Mass Flywheel, mobil ini memiliki peforma yang cukup tangguh. Meskipun mobil ini dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan mobil-mobil lain di kelasnya, namun kualitas Tata Aria Diesel tidak dpat diragukan. (baca juga: Cara Memperbaiki CDI Mobil)

Mobil ini didukung dengan sistem transmisi G-76 5/4.1 dengan sistem penggerak 4×4/4WD yang dapat memberikan peforma terbaik. Tak hanya itu saja, mobil ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup hemat. Untuk 1 liter BBM, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 14,7 km. Bagi anda yang tertarik dengan mobil ini, Tata Aria Diesel dibanderol dengan harga 294 Juta Rupiah. (baca juga: Mobil Paling Irit BBM)

6. Kijang Kapsul Diesel (11km/liter)

Jika berbicara tentang mobil MPV diesel yang paling irit, anda tentunya harus memasukkan mobil Kijang Kapsul sebagai salah satu pilihan. Meskipun mobil ini termasuk mobil produksi lama, namun ketangguhan dan keiritannya tidak kalah dibandingkan dengan mobil-mobil Kijang terbaru lainnya. Untuk tipe tertinggi yaitu Krista dan Kijang LGX memang terkenal dengan mesin yang bandel dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Turun Mesin)

Meskipun termasuk mobil lama, namun masih banyak konsumen di Indonesia yang mengincar jenis mobil ini. Tak heran jika harga jualnya masih tetap tinggi di pasaran. Mobil ini mampu menembus jarak 11 km dengan penggunaan BBM 1 liter. (baca juga: Perbedaan Mobil Avanza dan Xenia)

Mobil-mobil bermesin diesel tentunya berbeda dari mobil-mobil bermesin bensin, termasuk dalam perawatannya. Berikut ini akan dijelaskan tips untuk merawat mobil bermesin diesel agar tetap terjaga dengan baik.

Sponsors Link

  • Gunakan solar dengan kadar sulfur rendah, terutama bagi mobil yang menggunakan jenis Common Rail. Hal ini akan membuat suara mesin lebih halus dan asap pembakaran yang keluar dari knalpot menjadi lebih bersih. (baca juga: Ciri Ciri Alternator Mobil Rusak)
  • Lakukan penggantian filter solar dengan rutin.
  • Jangan lupa untuk melakukan pemanasan yang cukup sebelum mobil akan digunakan.
  • Jangan langsung mematikan mesin kendaraan setelah digunakan pada kecepatan tinggi.
  • Bersihkan saringan bahan bakar dan udara dengan rutin. Jika tersumbat, maka tentu saja akan berpengaruh pada peforma kendaraan.
  • Jaga volume solar di dalam tangki agar tetap lebih dari 1/3 dari kapasitas tangki. Hal ini untuk mencegah terjadinya pengembunan di tangki yang dapat bercamput dengan bahan bakar. (baca juga: Jenis Jenis Mobil Sedan)

Nah itu tadi beberapa pilihan mobil MPV Diesel paling irit yang dapat anda jadikan sebagai pilihan mobil keluarga. Mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit tentu saja akan menghemat biaya pengeluaran bahan bakar anda. Apalagi jika mobil tersebut ditujukan untuk penggunaan setiap hari. Berbagai pilihan mobil ini tentu saja dapat anda sesuaikan dengan kantong anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 18th, September 2017 / 14:23 Oleh :
Kategori : Info Mobil