Sponsors Link

Pertanda Apakah Jika Check Engine Mobil Menyala?

Sponsors Link

Baru saja sampai rumah dan memarkirkan mobil di garasi, mendadak indikator yang ada di dashboard mobil yakni indikator check egine mobil  menyala terus. Apakah anda juga pernah mengalami hal semacam ini ? sebenarnya anda bisa mengecek sendiri mengaoa indikator check engine mobil menyala terus.

ads

Bisa saja anda langsung pergi ke bengkel untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Tapi bukan hanya waktu saja tapi biaya juga bisa keluar lebih banyak. Sebelum berurusan dengan oknum montir, baca beberapa hal ini untuk memeriksa lampu indikator mesin yang menyala. Ini dia beberapa alasan yang bisa anda ketahui.

1. Mass airflow sensor

Mass airflow sensor yang menjadi bagian komponen listrik pada mobil berfungsi untuk menentukan jumlah bahan bakar yang digunakan berdasarkan jumlah udara yang msauk ke mesin mobil. apabila rusak, mass airfloe sensor dapat menyebabkan peningkatan emisi bahan bakar sehingga sistem ekonomisnya akan drop.

Mayoritas mass airflow sensor yang rusak disebabkan oleh pemasangan saringan udara atau air system mobil yang kurang tepat atau justru tidak pernah diganti. Idealnya, anda wajib mengganti saringan udara secara rutin selama setahun sekali. Sebenarnya anda masih bisa menyeir hingga beberapa bulan meski mass airflow sensor mengalami kerusakan, akan tetapi bahan bakar akan lebih cepat habis atau boros.

2. Penutup tangki bahan bakar tidak rapat

Selama ini, anda mungkin menganggap penutup tangki bahan bakar sebagai hal yang tidak terlalu penting. Padahal, jika tutup tangki bahan bakar mengalami kerusakan atau hanya tidak tertutup dengan sempurna, hal ini bisa menyebabkan penguapan bahan bakar dan dapat membahaykan lingkungan di sekitar anda.

Apabila indikator check engine menyala terus, tetapi anda tidak merasakn ada yang salh pada mobil anda, bisa jadi penutup tangki bahan bakar inilah penyebabnya. Segera berhenti menyetir, kemudian rapatkan dengan sempurna tutup tangki bahan bakar tersebut, da cek apakah ada kebocoran yang terjadi.

3. Sensor oksigen

Sensor oksigen pada mobil berfungsi utnuk memonitor oksigen yang dapat mebantu anda mengetahui seberapa banyak bahan bakar yang terbakar. Sensor yang tidak dapat bekerja dengan seharusnya menandakan bahwa ia tidak memberi

data yang tepat pada sistem komputer dan menyebabkan penurunan pada konsumsi bahan bakar. Umumya, masalah ini disebabkan oleh tertutupnya sensor oksigen oleh oli dari waktu ke waktu sehingga mengurangi kemampuan sensor untuk mengolah oksigen dan bahan bakar.

4. Emisi evaporasi purge conteol valve

Control valve purge merupakan bagian dari sistem emisi evaporasi (EVAP) mobil. apabila mesin sedan berjalan atau menyala dan berada dalam kondisi hangat, mesin komputer akan secara bertahap membuka katup purge agar beberapa uap bahan bakar dapat berpindah ari tabung arang untuk dibakar di mesin. Nah, apabila aliran pembersihan ini tidak terbaca secara ideal, maka indikator check engine pada mobil anda kan menyala secara terus menerus.

Sponsors Link

5. Catalyc converter

Bagian mesin satu berfungsi untuk menguras gas yang terbuang. Catalytic converter mampu mengubah karbon monoksida dan zat zat berbahaya lainnya menjadi senyawa yang tidak membahaykan. Salah satu tanda terjadinya kerusakan pada catalytic converter adalah

bahan bakar yang akan lebih cepat habis atau laju mobil anda tidak secepat biasanya pada saat menginjak pedal gas. Namun, anda tidak perlu khawatir hal ini terjadi apabila sudah rutin melakukan service. Penyebab lainnya bisa jadi karea sensor oksigen yang rusak sehingga catalytic converter tidak bisa melakukan proses konversi.

Busi dan kabel, kedua benda ini juga bisa menjadi sumber masalah. Jika anda mendapati lampu indikator mesin menyala secara bersamaan ketika adanya sedikit goncangan pada saat mobil dipacu, bisa disimpulkan kerusakan ada pada businya. Untuk menghindari masalah ini terjadi pada mobil anda, anda dapat mengganti busi mobil anda ketika menyentuh jarak tempuh setiap 40.000 atau 60.000 km.

Jadi, anda tidak perlu mengkhawatirkan dan langsung panik jika mendadak indikator check engine pada mobil anda menyala terus menerus. Jika mengendarai mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur multi information, anda sangat terbantu karena mobil tersebut sudah dilengkapi dengan fitur multi infoermation display yang dapat mebantu anda manunjukan informasi tentang kondisi mobil anda.

Sponsors Link

Nah itulah beberapa alasan yang dapat anda jadikan acuan pada saat lampu indikator msin pada mobil anda menyala terus. Dan sebaiknya utnuk para pengemudi tidak panik ketika lampu indikator mesin menyala karena bisa jadi kerusakan tidak terjadi pada mesin mobil anda.

Alangkah baiknya jika anda selalu mengecek kondisi mesin mobil anda ke bengkel minimal 1 bulan sekali. Hal ini disarankan agar mobil anda dalam kondisi yang prima dan kondisi mobil juga dapat mempengaruhi keselamatan anda pada saat berkendara. Tidak hanya itu kondisi mobil yang prima juga akan membuat perjalanan anda akan terasa nyaman dan juga aman.

Demikian artikel saya kali ini mengenai lampu indikator mesin pada mobil yang menyala. Semoga artikel kali ini dapat ber,anfaat dan juga bisa menambah wawasan kita semua. jagalah kondisi mesin mobil anda sebagaimana anda menjaga kesehatan tubuh anda. Dengan cara service mobil secara rutin maka anda dapat terhindar dari hal yang tidak ingin anda alami.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil