Sponsors Link

Cara Parkir Mobil Di Garasi Sempit – Parkir Maju dan Mundur

Sponsors Link

Garasi merupakan salah satu bagian di rumah yang berfungsi untuk meletakkan dan menyimpan mobil anda. Dengan adanya garasi, mobil anda terlindung dari cuaca panas dan hujan bahkan dari resiko kejahatan yang sering terjadi. Sehingga fungsi garasi sangat penting di dalam sebuah rumah, terutama bagi anda yang memiliki sebuah kendaraan. (baca juga: Ciri Ciri Thermostat Mobil Rusak)

ads

Namun tak semua rumah dapat menyediakan lahan yang luas untuk garasi mobil anda. Beberapa rumah terkadang memiliki garasi dengan ukurannya yang sempit dan terbatas, sehingga membuat pemiliki terkadang kesulitan untuk memasukkan kendaraan ke dalam garasi terutama bagi yang masih pemula dalam berkendara. Jika tidak hati-hati maka tentu saja akan membuat kendaraan anda bisa bergesekan dengan dinding garasi yang malah menyebabkan bodi mobil menjadi tergores serta membuat tampilan mobil tidak menarik lagi. Nah berikut ini ada beberapa cara parkir mobil di garasi sempit yang mudah dilakukan. (baca juga: Perbedaan Mobil Rush dan Terios)

Cara Parkir Mobil Maju

1. Pentingnya Untuk Memiliki Insting

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika harus memarkirkan mobil di dalam garasi yang sempit adalah pengemudi harus benar benar mempunyai insting dan kepekaan yang cukup kuat. Mengapa hal ini begitu penting? Hal ini dikarenakan anda dituntut untuk bisa memperkirakan tentang jarak body moibl, dari samping kanan, samping kiri, depan, ataupun belakang. Sehingga nantinya anda bisa menjangkau garasi yang sempit tersebut. (baca juga: Cara Menyetel Karburator Mobil)

2. Waspada Dengan Kondisi Sekitar

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan serta waspada pada kondisi yang ada di sekitar garasi rumah anda ketika akan memarkirkan kendaraan. Misalnya saja pada benda-benda di sekitar garasi yang dapat mengganggu anda saat akan parkir mulai dari vas bunga, tong sampah, dan lainnya. Jangan hanya fokus di satu titik saja. (baca juga: Ciri Ciri Mobil Turun Mesin)

Sponsors Link

3. Buka Jendela dan Matikan Audio

Ketika parkir, maka akan sangat disarankan bagi anda untuk membuka jendela mobil terlebih dahulu serta mematikan audio mobil sehingga nantinya akan memudahkan anda untuk lebih fokus saat memarkirkan kendaraan. (baca juga: Cara Memperbaiki Gardan Mobil)

4. Buat Parking Target

Jika memang dirasa sulit serta was was jika terjadi gesekan antara body mobil dengan dinding garasi ataupun anda tidak bisa memperkirakan jarak yang tidak pasti maka anda bisa mencoba untuk menggunakan parking target. Yang dimaksud dengan parking target disini adalah alat pembatas ketika anda melakukan parkir. Alat ini biasanya ada di dalam parkir-parkir gedung ataupun pusat perbelanjaan yang mana berfungsi untuk membatasi agar mobil tidak kebablasan saat hendak memarkirkannya. (baca juga: Penyebab Roda Depan Mobil Bunyi)

ads

Untuk menggunakannya sangat mudah, anda hanya perlu meletakkan parking target  pada posisi di bawah ban mobil anda atau posisi dimana ban mobil tersebut memang seharunya berada. Kemudian tandai posisi tersebut. Bersihkan posisi dari tempat yang ingin anda tempel dengan parking target, bersihkan dari kotoran dan debu yang menempel agar parking target tersebut tidak mudah terlepas.

Setelah mengering, anda bisa menempelkan parking target tersebut hingga benar benar kuat. Ataupun anda juga bisa menggunakan pembatas lainnya semisal balok kayu yang berukuran besar ataupun tong plastik. Yang terpenting adalah benda tersebut dapat dijadikan sebagai pembatas untuk membantu anda memarkikan kendaraan. Hal ini akan sangat mudah membantu anda memarkirkan mobil meskipun kondisi garasi sempit sekalipun. (baca juga: Cara Merawat Mobil Bekas)

5. Maksimalkan Penggunaan Kaca Spion

Pada saat memarkirkan kendaraan terutama pada garasi yang sempit maka penggunaan dari kaca spion mobil merupakan hal yang sangat penting. Hal ini akan sangat membantu terutama bagi anda yang masih pemula. Perhatikan kaca spion and agar dapat membantu untuk dapat memperkirakan jarak jangkau kendaraan anda dengan garasi mobil. Jika perlu anda bisa mencoba untuk mengeluarkan kepala melalui jendela agar dapat melihat jarak yang dapat terlihat dari spion. Namun saat ini sebenarnya sudah banyak mobil yang dilengkapi dengan sensor ataupun kamera belakang yang membantu saat parkir. (baca juga: Cara Membersihkan Kaca Mobil)

6. Memasang Kamera Belakang

Jika mobil anda tidak dilengkapi dengan kamera belakang, maka anda bisa mencoba untuk memasang kamera belakang yang dapat membantu saat memarkirkan kendaran. Pemasangan aksesoris tambahan ini nantinya akan membantu saat anda sedang memarkirkan kendaraan ke garasi. Anda bisa memantau kondisi serta memperkirakan jarak melalui monitor yang tersambung di dalam mobil. (baca juga: Cara Mengkilapkan Cat Mobil)

7. Berikan Jarak Kanan atau Kiri Pada Mobil

Jangan lupa saat anda memarkirkan kendaraan, berikan jarak pada kanan atau kiri mobil anda. Hal ini akan sangat memudahkan ketika anda akan turun. Sehingga pastikan jika terdapat jarak kanan dan kiri dari mobil untuk bisa membuka pintu. (baca juga: Perbedaan Mobil SUV dan MPV)

8. Amankan Mobil

Setelah selesai memarkirkan mobil, kemudian jangan lupa untuk mengamankan kendaraan dengan cara memasang rem tangan di posisi yang datar. Jika kondisi garasi berada di turunan, maka anda bisa mencoba untuk memasang rem tangan dan kemudian posisikan sistem transmisi pada R (gigi mundur). Namun ketika posisi parkir anda menanjak, maka anda bisa memasang rem tangan di posisi gigi 1.

Dengan mengamankan mobil seperti ini maka nantinya mobil tidak dapat bergerak dengan sendirinya ketika anda tinggalkan di dalam garasi. Terutama bagi anda yang memiliki garasi terbuka, tentu sangat beresiko jika meninggalkan mobil dalam kondisi tanpa rem tangan. Ketika anda akan menyalakan mobil, maka anda cukup mengubah gigi pada posisi netral sebelum akan menyalakannya. (baca juga: Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter)

baca juga:

Cara Parkir Mobil Mundur

Bagi anda yang tinggal di rumah dengan ukuran garasi serta jalan depan rumah yang sempit tentunya juga semakin menyulitkan anda ketika akan memarkirkan ataupun memasukkan kendaraan ke dalam garasi. Apalagi bagi anda yang masih pemula, tentunya akan sangat kesulitan untuk kondisi garasi yang seperti ini. Namun anda bisa mempermudahnya dengan cara memarkirkan mobil dengan cara mundur.

Sponsors Link

Ketika mobil yang anda kemudikan belok, maka yang akan berperan untuk mencari tempat parkir adalah roda yang ada di bagian depan. Namun jika mobil berjalan mundur, maka yang akan berperan mencari tempat parkir merupakan bagian roda yang ada di belakang bukanlah roda depan. Sementara itu juga terdapat perbedaan dari radius lintasan belok yang ada di roda depan serta roda belakang. (baca juga: Cara Merawat Mesin Mobil Matic)

Kemudian bawa mobil anda mendekat ke mulut garasi dan kemudian buang setir ke arah kanan sehingga posisi belakang mobil agar berada tepat di depan mulut garasi. Apakah bagian belakang mobil sudah pas dengan mulut garasi atau tidak. Setelah itu mundurkan sedikit setir ke arah kiri dan perhatikan terus melalui kaca spion mobil apakah bagian belakang mobil sudah masuk ke dalam garasi atau tidak. Ketika body mobil sudah masuk maka anda tingga lurus saja dan kemudian segera putar balik agar setir menjadi lurus. (baca juga: Cara Membersihkan Headlamp Mobil)

Saat mengemudikan arah mundur, maka tentunya hal ini tidak akan sebaik ketika mengemudi secara normal. Refleks akan menjadi lebih lambat sehingga jangan mengemudikan mobil terlalu cepat. Perlu diperhatikan pula kondisi mobil ketika berjalan mundur, usahakan untuk tetap dalam konsentrasi yang baik, siaga dan siap ketika mengemudikan mobil anda. Jangan lupa untuk memperhatikan pojok kanan dan pokok kiri serta bagian belakang mobil sehingga tidak membentur dinding garasi. (baca juga: Cara Merawat Mesin Mobil Injeksi)

Nah itu tadi cara parkir mobil di garasi sempit yang mudah dilakukan, baik bagi anda yang masih pemula sekalipun. Dengan kedua cara tersebut maka tentu saja anda tak perlu untuk memarkirkan kendaraan di luar rumah untuk menghindari resiko kejahatan yang ada. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 14th, August 2017 / 17:52 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick