Sponsors Link

15 Penyebab Korsleting Pada Mobil dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Setiap mobil mempunyai sistem kelistrikan yang sangat penting dan berguna untuk mengalirkan serta menghidupkan komponen – komponen tertentu pada mobil yang membutuhkan energi listrik. Energi listrik di semua jenis mobil berasal dari aki mobil, sehingga aki mobil sangat berperan penting untuk membuat dan menyebarkan energi listrik yang dibutuhkan mobil itu sendiri. (baca juga : Penyebab Mobil Terbakar)

ads

Arus kelistrikan pada mobil yang berasal dari aki tersebut, dirancang sedemikian aman. sehingga para konsumen atau para pengguna mobil, merasa tidak khawatir akan terjadi korsleting pada mobil itu sendiri. Dan tanpa di pungkiri juga, para pendesain mobil memang mengutamakan keselamatan bagi para konsumennya.

Namun demikian, banyak kejadian – kejadian akan kerusakan sistem kelistrikan pada mobil yang menyebabkan terjadinya korsleting hingga mobil terbakar. Penyebab terjadinya korsleting pada sistem kelistrikan pada mobil yaitu di tandai dengan percikan –  percikan api yang muncul pada kabel di dalam mobil yang korslet, sehingga bisa menyebabkan sistem kelistrikan pada mobil itu mati bahkan sampai terbakar jika percikan api tersebut mengenai bahan bakar pada mobil itu sendiri. (baca juga : Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua)

Penyebab Korsleting Pada Mobil 

Berikut adalah 15 penyebab korsleting pada mobil dan cara mengindarinya. Sehingga anda tetap aman dalam mengendarai mobil dan juga bisa mengindari kejadian – kejadian yang tidak di inginkan selama dalam perjalanan.

1. Karburator

Karburator memang masih di gunakan oleh sebaian mobil, karbuator juga menjadi salah satu penyebab terjadinya korsleting pada sistem kelistrikan mobil dikarenakan hawa panas pada filter karburator yang keluar menggesek kabel yang terkelupas menyebabkan terjadinya percikan api. (baca juga : Cara Merawat Aki Mobil )

Cara menghindarinya : Pemilik mobil tidak menggunakan air filter yang terbuka jika tidak menginginkan hal yang buruk terjadi di mobil anda. (baca juga : Cara Menyetel Karburator Mobil )

2. Mesin mobil Yang Tidak Original

Banyak dari kita yang memiliki hobi akan otomotif, sehingga mendorong kita ke hal yang dimana para pecinta otomotif memodifikasi mobil – mobilnya sendiri agar keliatan tampil beda di lingkunganya. Namun siapa sangka bahwa mesin mobil yang tidak original atau yang tidak standard pada tipe mobil itu sendiri menyebabkan korsleting pada sistem kelistrikan mobil. (baca juga : Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas )

Biasanya yang paling berpengaruh pada kerusakan sistem kelistrikan mobil yang mempunyai atau yang menggunakan mesin non original yaitu pada selang mesin mobil. Selang mesin yang mengalirkan bensin, bisa menjadi penyebab penyebab korsleting pada mobil karena selang tersebut bisa menyebabkan kebocoran di karenakan tidak memenuhi standard pengaliran bensin. (baca juga : Cara Merawat Mesin Mobil Injeksi )

Cara menghindarinya : Jika anda akan mengganti mesin mobil perlu di perhatikan juga stadard selang pengaliran bensin tersebut, sebaiknya pilih yang memenuhi standard pabrik atau pilih selang dengan serat karbon yang tebal. Dengan demikian dapat meminimalisir atau juga menghindari kebocoran selang mesin yang menjadi penyebab listrik korslet dan juga bisa menimbulkan kebakaran pada mobil. (baca juga : Cara Overhaul Mesin Mobil )

3. Kebocoran Oli

Kebocoran oli juga merupakan salah satu penyebab korsleting pada mobil. Perlu kita ketahui bahwa oli di mobil di lindungi dengan wraping yang berfunsi sebagai pelindung anti panas bertujuan untuk menghindari oli tercecer dan tumpah ke area vital pada mobil salah satunya kabel – kabel yang terletak berdekatan dengan penampung oli. Di karenakan suhu panas pada oli yang tertumpah bisa membakar kabel dan membuat aliran listrik akan konslet serta bisa juga menyebabkan kebakaran (baca juga : Oli Mobil Terbaik )

Cara mengatasinya : Dengan selalu mengecek penampung oli untuk mengetahui oli tercecer atau tidak minimal sebulan sekali. Hal ini sering terjadi di mesin mobil yang di modifikasi karena tidak standard kualitas komponen itu sendiri. Jika terjadi seperti itu, usahakan diganti dengan yang standard pabriknya agar tidak terjadi korsleting listrik atau kebakaran mobil. (baca juga : Cara Ganti Oli Gardan Mobil )

4. Aliran Listrik Pada Busi Bocor

Busi merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang sangat membutuhkan aliran listrik untuk berkerja. Dengan demikian busi juga merupakan penyebab korsleting pada mobil jika aliran listrik pada busi itu bocor. Biasanya karena busi yang sudah berumur atau lama yang tidak di ganti olih pemilik mobil itu sendiri.

Busi juga komponen pada mobil yang sangat  bahaya jika korslet, karena jika busi korslet akan mengeluarkan percikan api yang akan menyebar di area busi dan bisa juga membakar komponen – komponen sekitar busi itu sendiri. (baca juga : Cara Menyetel Platina Mobil )

Sponsors Link

Cara mengatasinya : Sering – sering cek keadaan busi pada mobil, jika busi sudah tua sebaiknya secepatnya diganti dengan yang baru untuk menghindari busi bocor. Penggantian busi sendiri tergantung dari sering atau tidaknya mobil tersebut di pakai, karena jika sering di pakai busi tersebut juga otomatis sering bekerja. (baca juga :  Penyebab Starter Mobil Berat )

5. Karet Ring Injektor

Karet Ring injektor atau biasa di sebut dengan karet O – Ring injektor perlu diperhatikan juga karena komponen tersebut berfungsi pada injektor mobil untuk mengencangkan selang – selang yang terhubung. Jika karet tidak fleksibel lagi, kemungkinan besar selang akan bocor dan menyebabkan bahan bakar akan menetes tumpah ke kabel – kabel sekitar dan mengakibatkan korsleting litrik bahkan sampai kebakaran mobil. (baca juga : Cara Membersihkan Injektor Mobil )

Cara mengatasinya :  Selalu cek karet O – ring injektor jika mobil di servis, jika karet sudah tidak fleksibel maka gantilah dengan yang baru. (baca juga : Cara Merawat Mesin Mobil Injeksi )

6. Selang Bensin

Setelah tadi diatas membahas pengencang selang atau O – Ring Injektor, sekarang selang bensinnya yang kita bahas. Selang bensin juga menyebabkan korsleting pada listrik jika bocor. Dikarenakan selang yang sudah lama jika terus di pakai maka lama – lama akan keropos, sehingga bensin akan keluar dari sela – sela selang yang keropos itu dan tercecer pada kabel – kabel sekitar selang. Jika tercecer terus di biarkan akan menyebabkan kabel pada mobil korslet bahkan mesin terbakar mengingat bensin jika bertemu dengan listrik menyebabkan kebakaran. (baca juga : Cara Menyetel Karburator Mobil)

Cara mengatasinya : Rutin cek selang bensin jika anda sering menggunakan sering menggunakan mobil. Jika selang terlihat kusam,kasar dan berpori – pori, itu tandanya selang tersebut saatnya di ganti dengan yang baru. (baca juga : Mobil MPV Diesel Paling Irit )

ads

7. Bocornya Pipa Knalpot

Perlu di ketahui juga pipa knalpot merupakan salah satu penyebab terjadinya korsleting pada mobil. Mengingat pipa knalpot terletak di bagian paling bawah dari mobil dan melewati tanki bensin yang panas akan mudah terbakar jika pipa knalpot itu bocor. Karena pada bagian bawah sebenarnya bukan hanya pipa knalpot yang melintasi tanki bensin juga tapi banyak kabel – kabel, jika di teruskan terus menerus akan kabel akan konslet karena sering begesekan dengan hawa panas dari pipa knalpot itu sendiri dan juga tanki bensin bahkan sampai terbakar. (baca juga : Penyebab Mobil Berasap )

Cara mengatasinya : Cek selalu pipa knalpot mobil anda jika bocor gantilah dengan yang baru dan lebih baik ganti yang original. Jika knalpot tidak memenuhi standard mobil itu sendiri biasanya akan cepat rusak dan bocor. (baca juga : Komponen Transmisi Otomatis )

8. Kabel Paralel Pada Aki

Kabel paralel pada aki sering kali mengakibatkan terjadinya korsleting pada mobil. Di karenakan saat servis mungkin montir atau anda sendiri teledor untuk mengencangkan baut pada aki. Bahkan pada masalah ini bukan masalah sepele, jika baut tidak di kencangkan dengan maksimal akan terjadi kebakaran pada mesin mobil. Oleh karena itu jika kita mengganti aki di usahakan baut kabel pada aki di kencangkan dengan maksimal agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. (baca juga : Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil)

Cara mengatasinya : Diharapkan untuk lebih teliti mengencangkan baut pada aki secara maksimal agar kabel pada aki tidak konslet bahkan sampai terbakar. (baca juga : Cara Merawat Aki Mobil)

9. Kabel Terputus

Kabel Putus juga bisa terjadi pada mobil karena banyak hal. Salah satunya kabel bisa dimakan tikus atau hewan yang bisa masuk ke rangka mobil dan juga karena gesekan roda. Biasanya jika terlalu banyak kabel yang putus arut kelistrikan pada mobil tidak maksimal dan kabel bisa konslet sampai mengeluarkan percikan api. (baca juga :  Masalah Transmisi Matic )

Cara mengatasinya : Jika terjadi hal yang janggal saat menghidupkan engine pada mobil, seperti engine sulit atau tidak maksimal saat di nyalakan. segeralah cek kabel – kabel pada mobil, jika ada yang putus segeralah ganti dengan yang baru. (baca juga : Sistem Pengapian Pada Mobil )

10. Pemilihan Kabel Yang Tidak Sesuai

Pemilihan kabel paada mobil yang itdak sesuai seperti besar kecilnya ukuran kabel juga bisa menyebabkan terjadinya korsleting pada mobil. Dikarenakan ukuran yang tidak seusai maka besar tegangan arus yang mengalirpun tidak maksimal atau bukan standardnya. Dengan daya tegangan listrik yang berbeda – beda di setiap komponen mobil maka dari itu pemilihan kabel juga di sesuaikan untuk menghindari konsleting pada mobil. (baca juga : Cara Memperbaiki Alternator Mobil )

Cara mengatasinya : Perhatikan jika membeli kabel harus berukuran sama dengan kabel yang di ganti. Jika tidak, pengaliran listrik tidak maksimal dan mengakibatkan korsleting pada mobil jika terus – menerus di biarkan.

11. Tembaga Kabel Terlihat Dari Luar

Tidak di pungkiri jika kabel digunakan terus – menerus makan karet kabel akan meleleh karena hawa panas pada mesin mobil dan juga hawa panas tembaga pada kabel. Sehingga kabel tekelupas dan jika di biarkan maka lama – lama akan mengeluarkan percikan api karena sering bergesekan dengan udara panas bensin yang menguap setiap harinya. (baca juga : Mobil Paling Irit Dan Bandel )

Cara menghindarinya : Jika melihat kabel yang terkelupas segeralah ganti, jika cuma dilakban maka itu tidak akan bertahan lama karena itu bukan solusi yang tepat. (baca juga : Penyebab Air Radiator Berkurang )

12. Mesin Mobil Dijalankan Tanpa Istirahat

Buat anda yang sering atau akan berpergian jarak jauh alangkah baiknya untuk sesekali mendinginkan mesin mobil dengan cara berhenti untuk mengistirahatkan mesin mobil. Maksimal penggunaan mesin mobil yaitu 5-6 jam, jika lebih itu di sarankan istirahat dan juga untuk pengemudi agar tidak ngantuk di jalan juga. (baca juga : Penyebab Mobil Terbakar )

Karena jika mesin mobil terus berjalan makan akan terjadi overheat atau kepanasan yang sangat tinggi pada mobil, sengingga mengakibatkan mesin panas dan kabel yang menempel dengan komponen mobil yang panas akan meleleh sehingga terjadi korsleting pada mobil dan juga mesin bisa terbakar.

Cara mengatasinya : Jangan terlalu memaksakan untuk sampai ke tempat tujuan jika anda berpergian menggunakan mobil. Sebaiknya mengutamakan keselamatan pada pegemudi, penumpang dan juga mobilnya. Dengan selalu beristirahat jika lelah atau mengantuk sekaligus mendinginkan mesin mobil. (baca juga : Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas )

13. Memasang sekring

Memasang sekring tambahan juga di anjurkan jka anda menambah komponen – komponen yang membutuhkan energi listrik untuk berkerja. Hal tersebut untuk menghindari aliran listrik yang berlebih sehingga mengakibatkan korsleting pada mobil. (baca juga : Perawatan Body mobil )

Cara mengatasinya : Jika anda memasang sekring tambahan diharapkan untuk menyambungkan atau menghubungkan pada komponen – komponen yang anda tambah tersebut guna untuk menompang daya listrik yang akan masuk pada komponen tersebut sehingga aliran listrik tidak terlalu berlebihan mengalir ke tujuan. (baca juga : Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir )

Sponsors Link

14. Menggunakan Komponen Listrik Yang Tidak Berlebihan Daya

Dalam hal ini di tunjukan untuk yang mempunyai hobi memodifikasi  mobil agar tidak memasang komponen listrik yang tidak standardnya. Biasanya pada pemasangan lampu bahkan interior – interior tambahan yang membutuhkan listrik untuk berkerja. Dengan memperhatikan standard kelistrikan yang sesuai. Jika komponen yang di pasang memerlukan daya listrik yang besar sehingga mengakibatkan kabel tidak kuat untuk mengalirkan listrik yang bukan standardnya pada akhirnya mengakibatkan korsleting pada mobil itu sendiri. (baca juga : Cara Mengkilapkan Mobil Dengan Kit )

Cara mengatasinya : Jika mengganti atau menambah komponen yang membutuhkan listrik di harapkan untuk mengganti kabel juga agar kabel mampu menompang aliran listrik yang di minta komponen. (baca juga : Fungsi Relay Pada Mobil )

15. Aki Rusak

Yang terakhir merupakan salah satu penyebab terbesar dari penyebab korsleting pada mobil yaitu aki yang rusak. Aki yang rusak merupakan masalah besar jika tidak diperhatikan dan dibiarkan terus menerus. Aki yang rusak terjadi karena memang keseringan bekerja dan tanpa di cek air dalam aki itu sendiri mengakibatkan aliran listrik konslet mati dan mobil tidak bisa jalan.

Cara mengatasinya : Selalu cek aki dan mengisi air aki serta setrum aki minimal 2 bulan sekali untuk menjaga konslet serta rusaknya aki pada mobil yang mengakibatkan mobil tidak bisa berjalan. (baca juga : Jenis Jenis Aki Mobil )

Demikian penyebab korsleting listrik pada mobil yang sering terjadi di setiap mobil. Dan jangan lupa untuk melakukan servis mobil 2 bulan sekali agar kondisi mobil tetap terjaga. Semoga bermafaat untuk kita semua. Terimakasih

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,




Post Date: Saturday 23rd, September 2017 / 06:14 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis