Sponsors Link

Perbedaan Panther Touring dan Grand Touring Terlengkap

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal Isuzu Panther? Mobil ini sudah hadir meramaikan pasar otomotif Indonesia selama 20 tahun. Berbekal mesin diesel yang menjadi ciri khas nya, mobil ini memiliki peforma yang cukup tangguh dan bertenaga yang menjadi salah satu keunggulan dari mobil Panther. Tak hanya itu saja, mobil ini juga tekenal akan mesin nya yang awet dan bandel sehingga menjadi favorit konsumen Indonesia. Saat ini Isuzu Panther tengah mengeluarkan generasi terbaru, yang cukup populer yaitu Isuzu Panther Touring dan Isuzu Panther Grand Touring. Meskipun berbeda, namun masih banyak orang yang belum memahami perbedaan dari kedua jenis mobil ini. Apalagi kedua mobil ini sama sama mengandalkan mesin diesel yang berkapasitas 2.5 L kode 4 JAI-L. (baca juga: Cara Mengkilapkan Cat Mobil Warna Hitam)

ads

Mobil Panther Touring merupakan panther yang berada di dalam generasi ketiga (produksi tahun 2000) yang memang masih menggunakan model mesin yang sama seperti sebelumnya. Sedangkan Panther Grand Touring merupakan mobil panther generasi 4 (produksi tahun 2006) yang dikenal akan model Panther Facelift. Sehingga sudah menggunakan sistem Automatic Transmission. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Brio)

Untuk jantung pacu, masih menggandalkan mesin diesel berkapasitas 2.5 L namun ada upgrade pada mesin ini. Mesin dengan kode 4 JAI-L ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 80 Ps pada 3500 RPM dan torsi hingga 91,5 Nm pada 1800 RPM. Mesin ini juga mengadopsi turbocharger dengan sistem bahan bakar direct injection. Jika dilihat secara kasat mata, memang tidak terlihat perbedaan dari kedua mobil. Kali ini akan dibahas lebih lanjut terkait perbedaan kedua mobil ini lebih dalam. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Panther)

1. Tahun Produksi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kedua mobil ini berbeda generasi. Untuk Panther Touring sendiri masuk ke dalam generasi ketiga yang mana dikenal dengan julukan New Panther yang diproduksi pada tahun 2000-2005. Mesin mobil yang digunakanpun juga masih sama seperti generasi sebelumnya. (baca juga: Cara Mengatasi Mobil Mogok)

Sedangkan untuk mobil Panther Grand Touring sendiri masuk ke dalam Panther generasi keempat yang mana mulai diproduksi pada setelah tahun 2005 hingga kini. Spesifikasi mesin yang digunakan juga masih samas seperti generasi sebelumnya, hanya saja terdapat beberapa perbaikan pada mobil generasi keempat ini. Mulai dari interior, grill, hingga desain lampu. (baca juga: Mobil yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga)

2. Dimensi Mobil

Kedua mobil ini memiliki dimensi ukuran mobil yang cukup besar, sehingga memiliki interior yang cukup luas dan longgar sehingga dapat menampung hingga 7-9 orang penumpang di dalamnya. Untuk dimensi mobil versi Panther Touring memiliki ukuran 4535 x 1770 x 1873 mm. Sedangkan untuk versi Grand Touring memiliki tinggi yang berbeda sekitar 1920 mm. Tak heran jika ukuran kedua mobil ini membuat kesan dari MPV Isuzu ini terlihat bear dan garang.

3. Fitur Interior

Perbedaan lainnya dapat anda temukan pada beberapa fitur-fitur interior di dalam kedua mobil ini. Meskipun memiliki spesifikasi fitur yang hampir sama, namun terdapat beberapa perbedaan yang cukup terlihat dari fitur-fitur interior kedua mobil ini. Anda bisa menemukan beberapa fitur interior yang tidak dapat ditemukan dalam tipe panther touring, namun dapat anda temukan pada panther grand touring.

Mulai dari DVD player, roof monitor, roof rail, dan lainnya. Fitur roof rail ini dapat memudahkan pemilik mobil jika ingin menempatkan barang pada bagian atap mobil. Bahkan pada jok mobil panther grand touring dibuat dengan kesan yang lebih premium dengan menggunakan lapisan leather seat yang membuat kesan semakin mewah. (baca juga: Cara Mengecek Mesin Pada Mobil Bekas)

Sponsors Link

Selain itu terdapat beberapa fitur-fitur lainnya yang terdapat pada Isuzu Panther Grand Touring, antara lain adalah:

  • Velg mobil yang sudah menggunakan alloy
  • Dibekali dengan LCD touch screen yang digunakan untuk bisa mengendalikan sistem audio
  • Power steering yang mempermudah pengemudi untuk bisa mengendalikan bobot mobil yang berat (baca juga: Cara Mengemudi Mobil Manual)
  • Power window yang ditempatkan di seluruh pintu, sehingga menjadi sistem keamanan yang standart.
  • Leather Steering Wheel (baca juga: Cara Mengkilapkan Cat Mobil Dengan Kit)
ads

4. Material Jok Mobil

Masih dari sisi interior mobil, anda bisa melihat perbedaan pada material penyusun dari jok mobil. Untuk tipe Panther Touring, material yang digunakan pada jok mobil menggunakan bahan Vinyl. Sedangkan untuk jok mobil Panther Grand Touring menggunakan material Leather Combination sehingga membuat kesan interior yang lebih mewah dan berkelas. (baca juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil)

5. Tampilan Eksterior

Jika dilihat secara sekilas, memang tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dari panther Touring dengan panther Grand Touring. Namun jika anda melihatnya dengan jeli, maka akan terlihat beberapa perbedaan mulai dari side moulding yang mana membentang di area samping mobil Grand Touring. Di bagian mirror, dibekali dengan turn signal sehingga membuat tampilannya tidak akan kalah dari mobil-mobil MPV lainnya. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil APV)

Selain itu, ada beberapa fitur-fitur pada Panther Touring yang tidak terdapat pada Panther Touring namun dapat anda temukan pada Panther Grand Touring, yaitu:

  • Chrome Outside Mirror with Turn Lamp
  • Roof rail
  • Remote with Integrated Key
  • Subwoofer
  • Reverse Sensor
  • Rear view camera
  • Rear Spoiler

6. Pilihan Sistem Transmisi

Pada tipe panther touring hanya dibekali dengan sistem transmisi manual. Namun pada tipe panther Grand Touring, mobil ini sudah memiliki varian matic yang menggunakan sistem transmisi matic 5 percepatan. Sehingga hal ini akan leih memudahkan pengguna mobil dalam mobilisasi. (baca juga: Cara Memperbaiki Body Mobil)

7. Penggunaan Mobil

Secara umu, tipe panther touring biasanya memang digunakan untuk kebutuhan berkendara di dalam bebas. Hal ini karena peforma nya yang memang cukup agresif sehingga dapat anda gunakan untuk menaklukkan medan yang berat maupun track yangpanjang. Sedangkan untuk tipe Panther Grand Touring, memang memiliki bentuk seakan penyempurnaan dari tipe Panther Touring. Sehingga tampilan Grand Touring akan terlihat sekelas SUV meskipun termasuk mobil MPV. (baca juga: Tips Membersihkan Mesin Mobil)

8. Harga Mobil

Perbedaan lainnya dapat terlihat dari harga kedua mobil ini. Menurut harga yang tercantum dalam situs resmi Isuzu Indonesia. Untuk harga panther Touring, di pasarannya mencapai Rp 313.000.000. Sedangkan untuk harga Panther Grand Touring sendiri memiliki harga yang sedikit lebih mahal yaitu sekitar Rp 313.500.000. (baca juga: Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis)

Sponsors Link

Kelebihan Isuzu Panther

Baik panther Touring maupun Grand Touring memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika dilihat secara keseluruhan, terdapat beberapa kelebihan dari Isuzu Panter Touring dan Grand Touring yang mana dapat anda jadikan sebagai pilihan mobil keluarga yang dapat diandalkan.

  • Mesin mobil panther memang dikenal handal dan tangguh, sehingga dapat melaju kencang dalam jalanan yang menanjak sekalipun. Bahkan konsumsi bahan bakar dari mesin mobil ini dikenal cukup irit, sekitar 17 km untuk penggunaan 1 liter BBM. Meskipun mesin mobil Panther menggunakan tipe mesin diesel. (baca juga: Cara Mengkilapkan Cat Mobil)
  • Dengan dibekali teknologi injeksi pada sistem pembakaran dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi jauh lebih efektif. (baca juga: Cara Menghilangkan Bau Di Mobil)
  • Mampu mengangkut banyak penumpang di dalamnya, bahkan anda bisa mengisi mobil Panther hingga 9 orang penumpang di dalamnya. (baca juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga)
  • Sparepart nya yang dapat mudah ditemukan dimanapun dengan harga yang terjangkau.
  • Perawatannya pun sangat sederhana, sehingga tidak akan membuat anda harus bersusah payah. (baca juga: Cara Merawat Power Steering)
  • Pada model terbaru dibekali dengan turbo yang membuat mobil menjadi lebih ramah kepada lingkungan yang mana sesuai dengan standar EURO. (baca juga: Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Rendah)

Nah itu tadi beberapa perbedaan dari Panther Touring dan Panther Grand Touring yang dapat anda ketahui. Tentu saja kelebihan dan kekurangan serta spesifikasi yang ada dapat anda jadikan sebagai pedoman untuk memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan berkendara. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 21st, September 2017 / 17:56 Oleh :
Kategori : Info Mobil