Sponsors Link

Mobil Keluar Asap Saat Dipanaskan Di Pagi Hari

Sponsors Link

Bagi anda pemilik kendaraan, tentu sudah sewajibnya jika anda memanaskan kendaraan anda saat pagi hari ataupun sebelum digunakan. Hal ini akan sangat penting untuk peforma mesin mobil yang anda gunakan. Saat sedang memanaskan mobil, tentu saja akan keluar asap maupun air melalui knalpto ketika mesin mesin mobil dihidupkan pertama kali. Hal ini adalah hal yang wajar-wajar saja terjadi. Setelah lama kelamaan, semua air di dalam knalpot akan menjadi habis dan asap putih serta air yang keluar melalui knalpot akan berhenti sendirinya. Air tersebut berasal dari proses pengembunan yang terjadi di malam hari, terutama jika mobil anda diparkirkan di tempat yang terbuka. (baca juga: Mobil MPV Diesel Paling Irit)

ads

Menurut tebal dan tipisnya, asap yang keluar dari mobil terbagi menjadi 2 jenis, antara lain adalah:

  • Asap putih tipis, jenis asap ini tidak berbahaya
  • Asap putih tebal, menandakan jika mesin mobil dalam kondisi tidak normal

Jika asap yang keluar masih berupa asap tipis dan setelah itu menghilang beberapa saat (kurang lebih 5 menit) ketika dipanaskan, maka kemungkinan jika asap tersebut berasal dari hasil kondensasi udara dingin di dalam knalpot. Namun jika asap knalpot yang keluar berbentuk asap putih tebal dan keluar secara terus menerus, maka hal ini menandakan jika terdapat masalah pada mesin kendaraaan. Nah berikut ini beberapa hal yang menyebabkan mobil keluar asap saat dipanaskan terus menerus. (baca juga: Perbedaan Alphard dan Vellfire)

1. Oli Masuk Ke Ruang Bakar

Salah satu hal yang menyebabkan mobil mengeluarkan asap secara terus menerus ketika dipanaskan adalah oli yang masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini kemudian menyebabkan oli menjaid ikut terbakar bersamaan dengan mesin. Seharusnya, oli mobil tidak boleh hingga masuk ke ruang bakar hanya sebatas pada ring piston nya saja. Sedangkan yang berada di dalam ruang bakar hanyalah bensin serta udara saja. (baca juga: Cara Parkir Mobil Di Garasi Sempit)

Selain itu, penyebab lainnya yang sering terjadi adalah oli yang merembes masuk ke dalam ruang bakar yang disebbakan karena ring piston yang sudah mengalami aus. Sehingga salah satu lapisan pad aring piston yang memiliki fungsi untuk menahan oli agar tidak masuk ke dalam ruang bakar menjadi tidak mampu lagi untuk menahan oli yang masuk ke dalam ruang bakar. (baca juga: Ciri Ciri Rem Mobil Masuk Angin)

2. Sistem Pendingin Mengalami Kebocoran

Kerusakan lainnya yang sering terjadi adalah pada bagian sistem pendingin mobil yang mengalami kebocoran sehingga menyebabkan knalpot mobil mengeluarkan asap putih terus menerus. Untuk mengatasi hal ini, maka perlu dilakukan pengecekan secara rutin pada sistem pendinginan mobil. Dengan melakukan pengecekan secara rutin, maka akan meminimalisir resiko terjadinya overheating dan beragam kerusakan lainnya yang lebih parah pada mesin. (baca juga: Perbedaan Mobil Rush dan Terios)

3. Kerusakan Pada PCV Valve

Penyebab lainnya dapat dikarenakan bagian PCV Valve yang patah dan mengalami kerusakan ataupun patah. PCV Valve yang rusak tentu saja akan menyebabkan masalah pada mesin kendaraan, hal ini dapat membuat oli terserap dari ruang mesin yang membuatnya terbakar di dalam ruang pembakaran. (baca juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua)

4. Seal Klep Bocor

Seal klep yang mengalami kebocoran juga menjadi penyebab mengapa asap putih dapat keluar secara terus menerus saat mobil sedang dipanaskan. Anda bisa memastikan kerusakan ini dengan melihat asap yang muncul dari knalpot ketika mesin mobil belum panas maupun saat mobil melaju. Sehingga pastikan jika anda mengecek bagian seal klep serta memeriksa volume oli yang ada untuk mengetahui apakah ada atau tidak oli yang terbuang secara berlebihan. (baca juga: Komponen Utama Rem Cakram)

5. Kerusakan Pada Silinder

Bagian silinder yang mengalami kerusakan juga akana menyebabkan masalah pada bagian pembakaran mobil. Hal ini dikarenakan silinder yang rusak tentu bisa menyebabkan posisi ring piton juga akan mengalami perubahan sehingga menyebabkan oli masuk ke dalam ruang bakar. Sehingga membuat mobil mengeluarkan asap terus menerus ketika dipanaskan di pagi hari. (baca juga: Spesifikasi Isuzu Panther Hi Grade)

6. Pompa Bahan Bakar Mengalami Keausan

Hal ini biasanya seirng terjadi pada mobil yang menggunakan jenis pompa bakar yang manual (non elektronik). Sehingga ketika membrannya mengalami sobek, maka oli dapat masuk dan bercampu menjadi satu ke dalam bensin di dalam pompa bensin. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ertiga)

7. Block Mesin Mengalami Keretakan

Jika terjadi keretakan pada blok mesin kendaraan, maka hal ini akan menyebabkan air dapat masuk ke dalam ruang bakar melalui bagian yang mengalami keretakan tersebut. Air yang masuk ke dalam ruang bakar tersebut maka tentu saja menyebabkan asap mobil terus menerus keluar. (baca juga: Cara Mengkilapkan Mobil Dengan Kit)

8. Mobil Yang Sudah Berumur

Gejala asap yang keluar terus menerus dari mobil saat dipanaskan juga sering terjadi pada mobil yang memang sudah berumur. Gejala asap putih yang muncul terus menerus biasanya muncul pada mobil-mobil yang usianya lebih dari 7 tahun. Semakin tua usia mobil tersebut maka membuat semakin banyak bagian dalam mesin yang memang harus diperbaiki. (baca juga: Jenis Jenis Kopling Mobil)

Cara Mengatasi Kerusakan

Jika kerusakan-kerusakan tersebu terjadi pada mobil anda, maka hal yang bisa anda lakukan adalah dengan segera mengkonsultasikan ke pihak bengkel terdekat. Bahkan jika perlu bawa mobil anda ke bengkel-bengkel resmi yang memiliki peralatan yang canggih dan lengkap. Setelah itu, konsultasikan kepadapihak bengkel mobil untuk memeriksa apakah asap putih yang muncul terus menerus tersebut adalah hal yang membahayakan atau tidak. Nantinya pihak bengkel akan memberikan  perbaikan menurut analisis yang ada, seperti:

  • Turun mesin (baca juga: Ciri Ciri Mobil Harus Spooring)
  • Penyetelan kembali pada bagian sistem pengapian dan klep
  • Dan masih banyak lainnya. (tergantung  dari kerusakan yang terjadi)

Hal paling buruk yang dapat terjadi adalah anda harus mengalami turun mesin untuk melakukan penggantian pada seal klep maupun ring piston. Apalabila ring piston mengalami keausan, maka sudah sebaiknya jika anda melakukan penggantian pada bagian piston. Namun jika asap putih yang dikeluarkan masih belum terlalu tebal, cepat hilang, dan busi tidak mudah mati maka pihak bengkel hanya menyarankan untuk membiarkan saja selama tenaga dan peforma mobil masih dirasa cukup baik. (baca juga: Cara Membersihkan Injektor Mobil)

Nah itu tadi beberapa penyebab mobil mengeluarkan asap terus menerus ketika dipanaskan. Meskipun terkadang hal yang normal saja terjadi, namun tetap dibutuhkan pemeriksaan untuk menindaklanjuti jika memang terjadi kerusakan. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 02nd, October 2017 / 06:34 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis