Sponsors Link

16 Mobil SUV Paling Irit dan Bertenaga

Saat ini mobil SUV ( Sport Utility Vehicle) memang banyak digandrungi masyarakat. Tak hanya tampilannya yang tangguh namun juga fungsinya yang serbaguna. Jenis mobil ini dapat digunakan untuk kebutuhan perkotaan namun juga dapat digunakan dalam kondisi jalanan yang kurang baik sekalipun. Apalagi dengan seiring berjalannya waktu, banyak mobil-mobil SUV yang sudah dilengkapi berbagai fitur pilihan yang menarik dan nyaman digunakan. Nah kali ini akan dibahas mengenai mobil SUV paling irit yang ada di pasaran. (baca juga: Perbedaan Alphard dan Vellfire)

1. Renault Duster (20km/liter)

Mobil yang berada dalam kelas low SUV ini memiliki reputasi tinggi sebagai mobil SUV irit dan bertenaga. Bagaimana tidak? mobil yang dibekali dengan mesin diesel ini mampu mengirit bahan bakar dengan penggunaan 20 kilometer untuk 1 liter bahan bakar saja. Angka ini tentu saja melebihi dari kelas LCGS lainnya. Tak hanya irit, mobil impor dari India ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. (baca juga: Ciri Ciri Rem Mobil Masuk Angin)

2. Chevrolet Captiva SS (16,5 km/liter)

Mobil ini dilengkapi mesin diesel DHOC 2.4 liter yang mana memiliki kapasitas sebesar 2.384 cc yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 171 Ps dan torsi maksimum 225 Nm. Dilengkapi dengan transmisi 6 percepatan baik MT ataupun AT, mobil mewah ini juga dibekali teknologi Dual Continuous Variable Cam Phasing dan DBW yang dapat meningkatkan serta mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan. Tak hanya itu saja, mesin mobil ini juga mampu menghemat pemakaian bahan bakar menjadi 16,5 km untuk pemakaian 1 liter bahan bakar. (baca juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas)

3. Nissan X-Trail (15,7 km/liter)

Saat ini, X-Trail memang lebih menggunakan konsep City Cruiser yang memang dapat menjadi daya tarik tersendiri. Dengan 3 varian mesin, membuat nya makin dicintai konsumen di pasaran. Nissan X Trail terbaru memang dapat membuat gesekan pada sistem transmisi berkurang yang membuatnya lebih hemat bahan bakar. Untuk 1 liter bahan bakar saja dapat ditempuh pada perjalanan 15,7 kilometer. Belum lagi dengan berbagai fitur keselamatan dan keamanannya yang mumpuni membuat berkendara semakin nyaman. (baca juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur)

4. Ford Everest (15,7 km/liter)

Mobil SUV andalan terbaru dari Ford ini tersedia dalam 3 varian mesin yang berbeda, yaitu 2000 c + teknologi ECO Boost, mesin diesel 2200 cc, mesin berkapasitas 3200 cc Durator. Adanya teknologi ECO Boost ini diyakini mampu membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit namun tetap bertenaga. Hal ini terbukti dengan catatan pemakaian dari mobil ini yang hanya menggunakan 1 liter bahan bakar untuk jarak sejauh 15,7 kilometer. ( baca juga: Perbedaan Mobil SUV dan MPV)

5. Hyundai Santa Fe (15,51 km/liter)

Mobil produksi Hyundai ini dibekali dengan mesin berkapasitas 2.199 cc yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 198 Hp dan torsi mencapai 445 Nm. Meskipun angka torsi tersebut agak kecil dalam kelas SUV, namun ini lah yang membuat mobil ini mengkonsumsi bahan bakar yang cukup irit. Dengan penggunaan 1 liter bahan bakar saja dapat digunakan menempuh perjalanan sejauh 15,51 km luar kota. (baca juga: Cara Overhaul Mesin Mobil)

6. Mazda CX-5 (15 km/liter)

Berbekal mesin berkapasitas 2.500 cc yang dilengkapi teknologi Sky Activ yang dapat menghasilkan tenaga hingga 187 Hp dan torsi 250 Nm. Dengan adanya teknologi ini dapat membuat kerja mobil lebih optimal mulai dari sistem transmisi, bodi, sasi, hingga mesin sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Untuk 1 liter bahan bakar, mobil ini mampu menempuh hingga 15 km perjalanan.

7. BMW X1 (14,8 km/liter)

Mobil asal Jerman ini tidak mengandalkan mesin mobil agar dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit, namun lebih mengandalkan fitur fitur canggih yang ada pada mobil. Misalnya saja fitur ECO Pro Mode yang dapat membuat mengemudi menjadi lebih efisien dan mengurangi konsumsi bahan bakar hingga mencapai 15%. Selain itu juga terdapat fitur Auto Start-Stop yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar yang terbuang sia-sia dengan cara mematikan mesin sementara saat dalam kondisi tertentu, misalnya terhenti di lampu lalu lintas dan berbagi fitur lainnya. Sehingga hal ini membuat konsumsi bahan bakar hanya sekitar 14,8 km/liter.

8. Mazda CX3 (14 km/liter)

SUv compact ini juga bisa menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan mobil SUV irit dan bertenaga. Dalam catatan EPA, mobil ini dapat menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk menempuh perjalanan 12 km (jalanan luar  perkotaan) dan 14 km untuk perjalanan kota. Dengan body nya yang modis dan tangguh membuat anda akan sensasi berkendara menjadi menyenangkan. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ertiga)

9. Honda CRV (14 km/liter)

Mobil besutan Hinda ini dikenal dengan pemakaian bahan bakarnya yang cukup irit yang telah diuji EPA. Berdasarkan cararan yang ada, mobil ini mampu berjalan hingga 14 km pada jalanan  kota serta 11 km pada jalanan luar perkotaan hanya dengan 1 liter bahan bakar saja. Namun meskipun irit, peforma dari mesin ini begitu responsif karena didukung mesin  SHOC yang dapat menyemburkan tenaga hingga 150 Hp. (baca juga: Komponen Transmisi Manual Mobil)

10. Honda HR-V (14 km/liter)

Satu lagi mobil keluaran Honda yang dikenal dengan SUV irit dan bertenaga adala Honda HR-V. Mobil ini memiliki keunggulan pada tempat duduknya yang dapat dilipat ke bagian belakang untuk kargo. Meskipun fitur hiburan masih dirasa kurang, namun HR-V dapat menjadi pilihan mobil yang nyaman dan irit dikendarai. Dalam catatannya, mobil ini dapat menempuh perjalanan hingga 14 km (di dalam kota) dan 11 km ( di luar kota) hanya dengan 1 liter bahan bakar saja. (baca juga: Cara Menyetel Platina Mobil)

11. Buick Encore (14 km/liter)

SUV Subkompak ini memiliki desain eksterior dan interior yang memang cukup mumpuni. Meskipun tidak terlihat sporty, namun kabin mobil ini cukup lapang bahkan nyaman karena memikiki sistem pengurangan kebisingan yang cukup baik. Mobil ini mampu berjalan hingga 14 kilometer (dalam kota) dan 11 kilometer (luar kota) untuk konsumsi 1 liter bahan bakar saja. (baca juga: Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil)

12. Nissan Juke (13 km/liter)

Mobil ini dikenal dengan desainnya yang radikal dengan sisi konsumsi bahan bakar nya yang cukup riit. Mobil bergaya sporty ini juga memiliki akselerasi yang baik dan kinerja konsumsi sekitar 28/32 mpg atau setara dengan penggunaan 1 liter bahan bakar untuk perjalanan 13 kilometer di dalam kota serta 11 kilometer untuk perjalanan luar kota. (baca juga: Cara Membersihkan Jok Mobil)

13. Daihatsu New Terios (12,8 km/liter)

Mobil SUV ini memiliki tampilan yang cukup premium dengan menghadirkan 2 pilihan sistem transmisi, yaitu manual dan otomatis. Dengan mesin DHOC berkapasitas 1495 cc, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 109 Ps dalam putaran 6000 rpm. Namun meskipun begitu, Daihatsu New Terios diyakini 6% lebih irit dibandingkan sebelumnya karena adanya teknologi terbaru Electrci Power Steering yang membuatnya dapat melaju hungga 12,8 kilometer dengan 1 liter bahan bakar. (baca juga: Cara Membersihkan Injektor Mobil)

14. Toyota Fortuner (11 km/liter)

Mobil SUV produksi Toyota ini dibekali dengan 2 varian mesin yaitu mesin bensin 2,7 liter Dual VVT-i dan mesin diesel 2.4 liter New Super GD Engine VNT Turbo. Mesin mobil Toyota Fortuner ini tidak hanya dapat mengeluarkan tenaga yang besar saja, namun juga dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Rata-rata pemakaian bahan bakar hanya 1 liter untuk penggunaan perjalanan sejauh 11 km. (baca juga: Perbedaan Mobil Matic dan Manual)

15. Hyundai Tucson (10,9 km/liter)

Mobil SUV irit lainnya adalah Hyundai Tucson. Mobil SUV keluaran Hyundai ini dibekali dengan mesin NU 2.0 MPI berkapasitas 1.9999 cc yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 158 Ps. Meskipun peforma mesin cukup besar, namun konsumsi bahan bakar mobil ini cukup efisien. Dengan 1 liter bahan bakar saja, mobil ini mampu menempuh perjalanan 10,9 kilometer pada perjalanan di dalam kota dan 8,8 kilometer untuk perjalanan luar kota. (baca juga: Penyebab Lampu Mobil Berembun)

16. Mitsubishi Pajero Sport (9,1 km/liter)

Mobil yang dibekali mesin berkapasitas 2.477 cc 4 silinder ini dilengkapi dengan teknologi Common Rail Direct Injection Diesel yang mana membuatnya mampu menghasilan tenaga mencapai 178 dk dan toris 350 Nm. Mobil besar ini cukup tangguh dengan menggunakan sistem transmisi 5 percepatan. Tak hanya tangguh dan bertenaga saja, mobil SUV ini juga irit bahan bakar. Dalam penggunaan 1 km saja, mampu menempuh hingga 9.1 km. (baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil)

Nah itu tadi beberapa daftar mobil SUV irit dan bertenaga yang dapat anda jadikan pilihan sebagai mobil idaman anda. Tentu saja anda juga perlu menyesuaikannya dengan kantong anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

baca juga:

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil