Sponsors Link

Cara Mengatasi Kelemahan Saklar AC Mobil Honda CRV Gen 2

Sponsors Link

Pendingin ruangan atau yang sering kita sebut sebagai AC ( Air Condicioner ) merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraa kita. Tentunya sobat semua mengerti akan hal ini ya. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada saat cuaca atau suhu di luar panas maka hal tersebut akan berpengaruh secara langsung terhadap kondisi suhu dalam kabin mobil kita.

ads

Anda bisa banyangkan ya sobat, pada saat anda berkendara namun komponen ac mobil anda mati, tentunya hal ini membuat anda menjadi tidak nyaman. Dan bukan hanya itu saja, apabila suhu atau udara dalam mobil anda panas tentunya daya konsentrasi anda dalam menyertir pun akan berkurang.

Dan yang lebih berbahaya lagi sobat, suhu udara yang panas tersebut akan mempercepat kerusakan beberapa komponen dalam mobil anda. Oleh karena itulah AC ini sangat penting untuk kenyamanan kita secara keseluruhan. Masalah AC pada mobil ini cenderung banyak terjadi sobat, sebut saja seperti kelemahan saklar yang terdapat pada AC tersebut.

Kadang kala kita sudah memutar pada suhu yang dingin namun meksi demikian seolah tak terasa suhu AC tersebut dalam kabin mobil kita. Sementara itu sobat, disisi yang lain terkadang kita hanya memutar sedikit  tombol AC tersebut, namun sudah berasa dingin sekali hingga suhu dalam kabin mobil kita sudah terasa sejuknya.

Hal seperti ini tentunya sering sekali terjadi. Salah satu contohnya adalah sering terjadi pada mobil Honda CRV Gen 2, yang taka jarang pemiliknya merasa tidak nyaman akan kondisi tersebut. Lantas bagaimana sobat cara mengatasi kelemahan saklar AC mobil honda CRV Gen 2 tersebut? Yuk  langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot!

1. Memperbaiki Plat Dalam Saklar AC Mobil Tersebut

Cara yang pertama adalah dengan memperbaiki plat yang terdapat dalam saklar AC mobil tersebut. Pada umumnya  kelemahan yang terjadi pada saklar AC mobil honda CRV Gen 2 tersebtu dikarekan plat dalam saklar AC nya sudah menipis. Solusinya anda  bisa menyemprotkan cairan anti karat seperti WD40 pada saklar bagian dalamnya. Namun sebelumnya anda harus membongkar terlebih dahulu saklar tersebut.

Setelah anda bongkar, kini semperotkan cairan WD40 tersebut secara perlahan, sambil putar ke kiri dan kekanan saklar tersebut. Setelah itu pasang kembali dan gunakan saklar AC tersebut sebagai mana seharusnya. Cara ini termasuk salah satu cara yang paling efektif untuk anda lakukan.

2. Perbaiki Resitor AC Mobil Tersebut

Cara yang kedua adalah dengan memperbaiki resistor AC mobil  honda CRV Gen 2 tersebut. Pada saat resistor ini terdapat masalah, sebut saja seperti resistor yang melemah, maka tentunya saklar AC mobil anda juga akan terkena masalah.

Bila resistor dalam saklar AC mobil anda rusak, sudah barang tentu harus anda perbaiki terlebih dahulu agar saklar AC tersebut bisa berfungsi normal kembali. Umumnya resistor tersebut rusak disebabkan oleh berbagai faktor, bisa saja karena pemakaian AC yang suhunya terlalu full dan juga bisa saja disebabkan karena faktor “ life time “.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, segala sesuatu pastinya memiliki masa jangka waktu yang sering kita sebut dengan “ life time “. Itulah salah satu faktor penyebab saklar AC mobil honda CRV Gen 2 anda menjadi lemah. Lakukan perbaikan terlebih dahulu pada resistor tersebut sehingga saklar mobil anda bisa berfungsi sebagai mana biasanya.

Sponsors Link

3. Perbaiki Sensor Transistor AC Mobil Tersebut

Cara yang ketiga adalah dengan memperbaiki sensor transistor AC mobil honda CRV Gen 2  tersebut. Sensor transistor pada saklar AC mobil anda juga menjadi salah satu penyebab membuat saklar AC mobil anda menjadi melemah.

Hal ini jelas saja berhubungan, karena transistor pada saklar yang terdapat pada PCB tersebut akan mempengaruhi arus listrik yang ada dan yang masuk pada saklar AC mobil anda tersebut. Oleh karena itu sobat, pada saat saklah AC mobil honda CrV Gen  anda melemah, jangan langsung menggantinya. Namun lakukan terlebih dahulu pengecekan pada komponen sensor resistornya, perbaiki dan gunakanlah  saklar AC tersebut seperti biasanya.

4. Terdapat Banyak Kotoran Pada Saklar AC Tersebut

Cara yang keempat adalah dengan memperhatikan apakah ada terdapat kotoran pada saklar dan komponen saklar AC mobil anda. Setiap benda tentunya membutuhkan perawatan. Begitupun dengan saklar AC mobil anda sobat. Meski memang saklar AC tersebut tidak terlihat, namun ada potensi berbagai kotoran masuk ke dalamnya. Untuk itu, bongkarlah terlebih dahulu saklar AC tersebut. cara cuci ac mobil juga bisa menjadi salah satu solusi.

Sponsors Link

Lakukan pembersihan secara menyeluruh. Kemudan tutup dan pastikan anda menutupnya kembali sesuai dengan kondisi yang sebelumnya. Adanya kotoran atau debu yang terdapat pada saklar AC tersebut tentu saja bisa membuatnya menjadi melemah.

Nah sobat semua, itulah ulasan mengenai cara mengatasi kelemahan saklar AC mobil honda CRV Gen 2 yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick