Sponsors Link

5 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Beserta Penjelasannya

Cara klaim asuransi mobil lecet bisa dilakukan dengan mudah mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak asuransi atau pihak pengcover dana mobil anda sejak awal pembelian. Apa salahnya mencoba mengajukan claim terhadap kondisi mobil anda yang lecet ke pihak asuransi.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Asuransi memang menjadi solusi yang tepat untuk klaim perbaikan terhadap kerusakan mobil anda mulai dari kerusakan kecil sampai kerusakan besar. Kemudian sangat membantu anda dalam menghemat pengeluaran saat keadaan mendesak.

Meskipun demikian untuk proses pengajuan klaim juga tidak bisa sembarangan. Pihak asuransi akan mempelajarinya terlebih dahulu apa penyebabnya dan bagaimana kronologisnya. Karena setiap kerusakan bisa di klaim sesuai dengan prosedur, persyaratan dan ketentuan berlaku yang sudah ditetapkan oleh pihak asuransi.

Jadi anda harus mengikutinya dengan baik dan menerima konsekuensi yang sudah menjadi keputusan pihak asuransi. Nah untuk meminimalisir klaim asuransi karena anda tidak mau ribet, maka anda wajib tau tips perawatan mobil dan bisa lebih hati – hati saat mengendari mobil.

Pada artikel kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai cara klaim asuransi mobil lecet yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi, yuk kita simak penjelasannya bersama – sama sebagai berikut.

1. Menghubungi Pihak Asuransi Terkait

Sebelum melakukan pengajuan asuransi atas kerusakan mobil yang anda alami tentu saja harus menghubungi pihak asuransi yang nantinya akan mengcover semua kerugian yang anda dapatkan. Proses pelaporan claim biasanya dilakukan maksimal 3 x 24 jam setelah kejadian.

Anda bisa menghubungi pihak asuransi memalui telpon, sms, atau pun email. Namun jika anda mempunyai waktu luang dan jarak tempuh ke kantor asuransi tidak terlalu jauh, saya sarankan untuk datang langsung. Agar mendapatkan respon lebih cepat dan tentunya lebih lanjut.

Dalam hal ini tidak semua orang menginginkan untuk menghubungi pihak asuransi. Justru mereka lebih senang memperbaiki sendiri karena tidak ribet. Untuk itu anda perlu tau paint protection terbaik agar anda bisa melindungi cat mobil anda dari berbagi masalah di jalan raya.

2. Memberikan atau Melampirkan Bukti Foto

Menyertakan bukti asli foto mobil yang mengalami kerusakan merupakan salah satu syarat sebelum mengajukan klaim. Karena fotolah yang akan menjadi acuan pihak asuransi agar bisa segera memproses dan yakin pada klaim yang anda ajukan.

Laporan saja dianggap tidak cukup kuat untuk melakukan claim asuransi mobil. Pihak asuransi pastinya tidak akan mudah percaya dan sembarangan menerima claim. Usahakan untuk melengkapi bukti foto sedetail dan sejelas mungkin.

Jangan sampai anda hanya mengada – ada klaim yang sudah anda ajukan. Hal tersebut akan merugikan anda di masa yang akan dating. Jika akan mengajukan klaim kembali, anda akan sedikit mengalami kesulitan karena record atau reputasi jelek yang pernah anda lakukan sebelumnya.

3. Mengisi Form Untuk Pengajuan Klaim

Cara klaim asuransi mobil lecet berikutnya adalah mengisi form pengajuan klaim. Anda akan diberikan form aplikasi dari pihak asuransi untuk diisi dan sekaligus menjelaskan apa yang sedang anda laporkan. Usahakan untuk mengisi selengkap – lengkapnya, jangan sampai terlewatkan sedikitpun.

Semakin lengkap akan semakin baik, karena penjelasan anda di dalam form klaim tersebut nantinya akan dijadikan acuan untuk lampiran proses pembiayaan. Selain itu pada saat melakukan pertimbangan, pasti pihak asuransi akan menikutsertakan form untuk dijadikan salah satu bahan pertimbangannya tersebut.

4. Memberikan Informasi dan Kronologi Kejadian Dengan Jelas

Saat anda diberikan berbagai pertanyaan oleh pihak asuransi usahakan untuk menjelaskan dan memaparkan sedetail mungkin. Jangan sampai memberikan keterangan yang menimbulkan pertanyaan selanjutnya. Sekali menjelaskan langsung bisa diterima.

Kemudian hindari memberikan penjelasan yang tidak masuk akal (ragu – ragu). Jawaban yang ragu – ragu dan kebingungan akan bisa dengan jelas dibaca oleh lawan bicara anda. Oleh karena itu jawablah setiap pertanyaan dengan rasa percaya diri yang tinggi dan kemantapan hati.

Rasa percaya diri yang anda tunjukkan secara tidak langsung akan membantu meyakinkan pihak asuransi. Namun bagi anda yang tidak mau ribet, cukup mencari solusi lainnya dengan memperbaikinya sendiri. Pada dasarnya tidak berbeda jauh antara cara menghilangkan goresan kaca mobil dengan cara menghilangkan lecet.

5. Persiapan Dokumen yang Dibutuhkan

Lampiran – lampiran dokumen pendukung juga wajib anda sertakan guna menunjang semua proses yang ada. Dokumen – dokumen tersebut meliputi dokumen kecelakaan dan dokumen tanggung jawab dari pihak ketiga.

Usahakan untuk melengkapi keduanya agar segera diproses dan anda tidak perlu bolak – balik untuk melengkapi dokumen yang belum ada. Berikut ini penjelasan mengenai dokumen yang wajib anda lengkapi, antara lain :

  • Dokumen Kecelakaan

Dokumen kecelakaan meliputi formulir klaim yang sudah diisi lengkap. Pengajuan klaim baru bisa diproses oleh perusahaan asuransi, apabila anda sebagai pemegang polis sudah benar – benar melakukan pengisian terhadap formulir klaim secara lengkap.

Kemudian wajib menyertakan foto copy polis asuransi mobil. Polis asuransi mobil merupakan dokumen yang digunakan untuk membuktikan keikutsertaan atau pun kenagggotaan anda sebagai nasabah dari perusahaan asuransi tersebut. Selain itu, digunakan untuk melakukan pengecekan pembayaran premi sudah sesuai dengan perjanjian yang disepakati atau belum.

Selanjutnya foto copy surat izin mengemudi (SIM). SIM digunakan untuk memastikan bahwa pengemudi sudah mendapatkan izin dari pihak kepolisian dan diperbolehkan untuk mengendarai mobil. Ada lagi foto copy STNK yang digunakan untuk membuktikan bahwa kendaraan benar – benar milik anda sebagai pembuat claim.

Yang terakhir surat keterangan yang diberikan oleh pihak kepolisian yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memberikan ganti rugi sesuai dengan klaim atau tidak dari perusahaan asuransi.

  • Dokumen Tanggung Jawab Dari Pihak Ketiga (Jika Ada Pihak Ketiga) 

Dokumen ini nantinya digunakan sebagai tuntutan untuk memperoleh ganti rugi dari pihak ketiga. Selain itu juga bisa digunakan sebagai jaminan bahwa pemegang polis memang benar adanya yang menjadi penyebab kerusakan pada mobil pihak ketiga.

Kemudian dokumen pelengkapnya seperti surat pernyataan bahwa tidak mempunyai asuransi. Pengalaman yang pernah ada pada beberapa perusahaan asuransi tidak akan mengeluarkan biaya sebagai ganti rugi apabila pihak ketiga sudah mempunyai asuransi mobil.

Nah, berarti keberadaan dokumen ini memang sangat penting untuk dijadikan sebagai salah satu syarat utama. Dokumen lain yang tidak kalah penting adalah foto copy SIM, STNK, KTP, dan juga surat keterangan yang diterbitkan oleh pihak kepolisian. Untuk mendapatkan pengetahuan baru anda bisa mempelajari cara mengecat mobil sendiri sebagai tindakan pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan lecet.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara klaim asuransi mobil lecet di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dan menambah wawasan bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali yang membahas mengenai cara klaim asuransi mobil lecet. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick