Sponsors Link

7 Tips Perawatan Mobil yang Benar dan Terlengkap

Sponsors Link

Tips perawatan mobil bisa ditentukan oleh setiap orang yang mempunyai pengalaman merawat mobil pribadinya. Sebenarnya dalam perawatan hal perawatan tidak memerlukan keahlian khusus untuk melakukannya. Yang terpenting pahami mana yang termasuk kebiasaan – kebiasaan baik dan mana yang buruk. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai cara merawat cat mobil putih.

ads

Tips Perawatan Mobil

Perhatikan dan selalu peka terhadap kondisi mobil sama halnya anda ikut andil dan berperan aktif dalam perawatan mobil anda sendiri. Sebagai pemilik yang bijak, pasti anda tidak ingin melihat mobil anda dalam kondisi buruk.

Kondisi buruk sama saja berpeluang untuk mengalami kerusakan. Kerusakan berhubungan dengan perbaikan dan tentu saja akan memakan biaya. Apakah anda ingin mengeluarkan biaya cukup besar untuk memperbaiki mobil anda yang sebenarnya bisa diminimalisir dengan melakukan sedikit perawatan mandiri secara rutin.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai tips perawatan mobil yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

1. Menjaga Kebersihan Mobil Bagian Outdoor dan Indoornya

Perawatan berbagai macam barang mulai dari yang kecil sampai yang besar pada dasarnya sama saja. Wajib memperhatikan kebersihan dari barang yang anda punyai tersebut jika ingin awet dan tahan lama. Kebersihan memang komponen utama yang wajib diutamakan dan didahulukan.

Bagi anda yang menginginkan mobil pribadi bisa bertahan dalam waktu yang lama, saya sarankan sebaiknya selalu memperhatikan kondisi kebersihannya. Baik itu kebersihan pada area dalam (indoor) atau pun kebersihan area luarnya (outdoor).

Lakukan pembersihan secara rutin. Biasakan untuk membersihkan setelah digunakan. Fungsinya untuk mengurangi sedikit kotoran yang mungkin ada. Untuk pembersihan total (mencuci) anda bisa melakukannya saat ada waktu luang seperti halnya weekend. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai perawatan mobil manual.

2. Hindari Menjemur Secara Langsung

Usahakan tidak parkir di tempat – tempat yang terbuka. Carilah tempat yang teduh jika anda sedang beraktivitas di luaran. Jika terpaksa tidak ada tempat teduh lagi untuk parkir karena lahan yang terbatas seperti halnya daerah perkotaan, anda bisa menutupinya dengan penutup khusus mobil yang mengandung anti UV.

Sponsors Link

Terlalu banyak menjemur dan berinteraksi langsung dengan sinar matahari terlalu lama dengan jangka waktu yang lama bisa menjadi penyebab utama cat mobil mudah pudar atau pun terlihat kusam. Selain itu bagian – bagian lain sepert halnya ban juga cepat rusak. Pada umumnya ban yang sering dijemur akan terlihat retakan – retakan pada bagian tepinya. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai cara merawat mesin mobil tua.

3. Gunakan Bahan Mencuci Yang Tepat

Tips perawatan mobil selanjutnya adalah pemilihan bahan pencuci yang tepat. Saat anda mencuci mobil sendiri di rumah, maka anda bisa menggunakan sabun atau pun sampo khusus untuk mencuci mobil. Jangan menggunakan sabun atau pun sampo secara sembarangan yang nantinya akan merusak cat mobil anda.

Banyak yang tidak memperhatikan hal – hal yang sepele seperti ini. Bahkan banyak juga yang memakai sabun pencuci piring untuk mencuci mobil. Sungguh ironis, namun kenyataannya tidak bisa dipungkiri. Yang dilihat hasil akhirnya saja tanpa memperhatikan efek jangka panjang apa yang akan terjadi jika menggunakan sabun tidak sesuai dengan fungsinya. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai perawatan body mobil.

4. Lakukan Service Secara Berkala

Namanya kendaraan pasti perlu untuk di service sama halnya dengan manusia perlu untuk berobat ke dokter. Pengecekan secara menyeluruh saat service sangat baik untuk dilakukan agar mengetahui seberapa jauh kendala yang ada pada mobil anda.

ads

Jika tidak ada masalah berarti perawatan yang anda lakukan sehari – hari tidak sia – sia. Namun jika ditemukan terdapat masalah, bisa segera dilakukan penanganan lebih lanjut. Seperti halnya waktu untuk ganti oli, pemberian air aki dan lain sebagainya bisa terkontrol. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai perawatan interior mobil.

5. Hindari Penggunaan Mobil Dengan Cara Kasar

Stop and go atau dikenal dengan tancap gas mendadak mengerem akan membuat komponen – komponen mobil menjadi terguncang. Hal tersebut akan membuatnya lebih cepat kendur atau pun rusak karena benturan kecil dan bahkan benturan keras.

Kejadian – kejadian seperti ini yang tidak anda sadari seringkali menyumbang kerusakan parah pada mobil anda. Kurangi kebiasaan buruk stop and go. Meskipun anda stres di jalan karena kemacetan yang sulit untuk dihindari, jangan lampiaskan kekesalan anda dengan berbuat kasar pada mobil sendiri. Anda bisa juga mempelajari hal lainnya mengenai perawatan ac mobil.

6. Selalu Memanaskan Mesin Mobil Secara Rutin

Melakukan pemanasan terhadap mesin mobil sangat dibutuhkan untuk menjaga peforma mesin agar tetap baik. Sebelum mengendarai mobil sebaiknya lakukan pemanasan mesin terlebih dahulu lima sampai sepuluh menit terlebih dahulu.

Sama halnya saat mobil anda jarang digunakan, biasakan untuk melakukan pemanasan setiap pagi harinya rutin setiap harinya. Jika mesin dalam kondisi dingin terlalu lama akan membuat mesin menjadi cepat rusak. Bisa anda ambil contoh pada pisau, apabila pisau tidak digunakan terlalu lama maka akan tumpul. Kemudian pada otak, apabila dibiasakan untuk malas berpikir, maka akan sulit untuk berkembang.

7. Lakukan Pengecekan Ban Mobil Secara Berkala

Ban mobil merupakan salah satu komponen utama yang bisa menunjang mobil bisa berjalan dengan baik. Jika ban dalam kondisi kurang angin, akan menyebabkan laju mobil menjadi kurang bertenaga dan bisa memicu kerusakan pada velg mobil.

Sponsors Link

Sedangkan apabila ban dalam kondisi terlalu banyak angin akan membuatnya lebih sensitif untuk memantul saat terkena sedikit guncangan. Kedua hal tersebut tentu saja sama – sama menciptakan rasa tidak nyaman pada saat berkendara.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai tips perawatan mobil yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips perawatan mobil. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan