Sponsors Link

Oli Pelumas Wajib SNI, Efektif Hentikan Peredaran Oli Ilegal

Sponsors Link

Salah satu hal yang sangat penting fungsi dan peranannya dalam kendaraan kita secara keselurahan adalah keberadaan oli. Oli merupakan salah satu instrument yang harus ada dalam mesin kendaraan kita agar mesin tersebut bisa menjalankan fungsinya semaksimal mungkin.

ads

Bisa dipastikan jika mesin mobil anda ada masalah pada olinya, maka  hal tersebut akan memberikan dampak buruk pada mesin kendaraan anda secara keseluruhan. Dan untuk ulasan selengkapnya, berikut ini penulis akan menyajikan ulasan selengkapnya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Saja Fungsi Oli Pada Mesin Kendaraan Anda ?

  • Oli Berfungsi Sebagai Pelumas

Adapun fungsi oli tersebut sebagai pelumas adalah untuk memudahkan komponen komponen mesin kendaraan anda bisa bergerak dengan semestinya. Atau dengan kata lain, oli tersebut berperan untuk membuat semua komponen mesin anda licin.

  • Oli Berfungsi Sebagai Pelindung Karat

Meski memang terbuat dari bahan  besi atau  baja pilihan, maka tak lantas semua komponen mesin kendaraan anda akan terbebas  dari adanya karat. Oleh karena itulah oli ini  akan berperan untuk mengatasi hal tersebut.

  • Oli Berfungsi Sebagia Pendingin Mesin

Peran oli yang lainnya adalah sebagai pendingin mesin dalam kendaraan anda. Panas yang dibawa oleh komponen yang ada di dalam mesin kendaraan anda, akan dibawa oleh oli ini ke dinding mesin sehingga bisa disalurkan keluar dengan cara konduksi, sehingga mesin mobil anda akan tetap  dingin yang tentunya berpengaruh terhadap performa kendaraan  tersebut secara keseluruhan.

Itulah sobat beberapa peranan atau fungsi oli tersebut dalam kendaraan anda, sehingga keberadaan oli tersebut sangatlah penting dalam kendaraan anda agar performanya tetap stabil. penggantian oli rutin wajib dilakukan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Berbicara mengenai oli tersebut, tentunya seringkali kita menemukan adanya oli illegal yang bukan hanya bisa merusak mesin kendaraan kita, namun hal ini juga bisa menjadi tindak penipuan. Oleh karena itulah oli pelumas wajib SNI, efektif hentikan peredaran oli ilegal tersebut. Mengapa demikian? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

2. Oli Pelumas Wajib SNI, Efektif Hentikan Peredaran Oli Ilegal

Pemerintah resmi mengatur peredaran oli pelumas  yang dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Perindustrian RI No 25 Tahun 2018, yang mana didalamnya berisikan bahwasanya oli yang beredar di pasaran harus sesuai dengan “ Standar Nasional Indonesia “ atau SNI  dan hal ini harus dilakukan secara wajib. Dan aturan yang tertuang dalam PERMEN tersebut sudah resmi akan direlease mulai  tanggal 10 September 2019 mendatang.

Hal ini dilakukan tentunya bukan tidak beralasan, banyaknya jenis oli  illegal yang beredar di pasaran yang mengharuskan aturan oli tersebut harus menggunakan SNI.

Hal ini juga tentunya bertujuan untuk melindungi konsumen dari oli pelumas yang tidak berkualitas alias ilegal yang bisa merugikan anda terutama komponen mesin mobil anda. Lantas apakah oli pelumas wajib SNI tersebut efektif hentikan pererdaran oli illegal?

3. Memang Tak Sekaligus Berhenti, Namun Bisa Secara Pelahan

Adanya aturan yang mengharuskan oli tersebut harus menggunakan SNI memang dinilai tidak langsung secara otomatis langsung menghentikan peredaran oli illegal atau non SNI tersebut.

Namun meski demikan, hal ini dinilai bisa menjadi salah satu cara untuk menghentikannya. Memang tak secara instan, namun bisa dilakukan secara perlahan.

Logikanya adalah pada saat seorang distributor dari oli tersebut hendak memasarkan produknya ke suatu toko otomotif, namun ketika tidak diterima oleh karena tidak adanya SNI dari prodak tersebut, maka tentunya peredarannya bisa berkurang dan lama kelamaan akan berhenti.

Adanya regulasi seperti ini tentunya merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah akan hal dari konsumen yang menggunakan oli tersebut. Oleh karena itulah diperlukan peranan dari semua pihak untuk mewujudkan hal tersebut.

4. Dibutuhkan Peran Masyarakat

Sering kali oli yang non SNI atau oli yang ilegal tersebut memiliki harga yang lebih murah dari pada oli yang SNI tentunya. Harga yang lebih murah tersebut sering kali dijadikan sebagai peluang untuk memasarkan prodak  yang illegal tersebut lebih banyak lagi.

Oleh  karena  itulah sobat, bagi anda yang memang ingin membeli oli tersebut pastikan lihat terlebih dahulu kemasan  dari oli tersebut dan pastikan ada logo SNI nya. 

Hal ini merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk  pencegahan beredarnya oli yang ilegal tersebut dari pasaran,  karena saat oli yang ilegal tidak ada yang berminat untuk membelinya tentunya peredarannya akan berkurang.

Bukan hanya sebatas menghindari oli tersebut dari peredaran, namun hal ini juga penting agar menjaga performa mesin kendaraan anda secara keseluruhan, karena seperti yang sudah penulis utarakan pada ulasan diatas, oli ini sangat erat sekali hubungannya dengan performa mesin kendaraan anda. Kualitas oli yang anda gunakan akan menentukan kualitas performa mesin kendaraan anda.

Sponsors Link

Oleh karena perana dan fungsi oli tersebut sangatlah berperan penting dalam kendaraan anda, maka sebagai pengguna mobil wajib melakukan pengecekan dan penggantian oli anda. Selain itu, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah pastikan anda gunakan oli SNI. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil