Sponsors Link

Jalanan Sering Rusak, Yuk Simak 10 Penyebabnya

Sponsors Link

Sobat semua yang setiap harinya menggunakan kendaraan roda empat atau mobil untuk menunjang aktivitas kita setiap harinya tentu kondisi jalanan yang anda lalui setiap hari tersebut sangat mempengaruhi kenyamanan dan juga keselamatan anda dalam berkendara. 

ads

Oleh karena itulah pembangunan infrastruktur tersebut sangatlah berpengaruh dalam kelancaran, kenyamanan dan juga keselamatan kita dalam berkendara.

Logikanya adalah, pada saat kita melewati jalanan yang rusak setiap hari, entah itu  rusak karena berlobang, karena banjir atau berbagai jenis kerusakan yang lainnya, maka hal ini akan secara langsung  bisa menghambat kelancaran aktivitas kita yang pada akhirnya akan berpengaruh kepada produktivitas kita setiap harinya. Setuju dong sobat!

Oleh karena peranan kondisi jalanan yang baik tersebut sangat berpengaruh dalam banyak hal di aspek kehidupan dan aktivitas kita, oleh karenanyalah penting bagi kita untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab terjadinya kerusakan jalanan tersebut.

Sehingga kita bisa waspada siapa tau salah satunya adalah karena kebiasaan buruk kita. Jalanan sering rusak, yuk simak 10 penyebabnya yang akan penulis sajikan untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

1.Sifat Tanah ( Tekstur dan Struktur )

Adapun tekstur dan struktur tanah ini merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab  jalanan menjadi rusak. Pada saat tekstur tanah keras, maka akan lebih mudah dilakukan pembangunan jalanan tersebut.

Namun akan berbeda pada saat tekstur tanah tersebut lembek atau basah, oleh karena itulah dibutuhkan batu untuk mempermudah pengerjaannya. Oleh karena itulah sifat tanah dari jalanan tersebut akan mempengaruhi kerusakan jalanan tersebut. terlanjur melintas di jalanan sunyi wajib anda waspadai ya.

2. Faktor Kontruksi Jalan

Faktor kontruksi adalah salah satu  faktor yang sangat penting dan tak boleh  dianggap remeh. Hal ini dikarenakan kontruksi dari jalanan tersebutlah yang memiliki peranan penting secara keseluruhan dalam pembangunan jalan tersebut.

Kontruksi ini akan berbicara mengenai pembangunan jalan tersebut secara detail. Sebut saja seperti ukuran dan penghitungan dari bahan bahan bangunan yang digunakan. Jika kontruksinya saja salah atau tidak tepat, maka hal ini akan berdampak pada kerusakan jalan tersebut. tips melewati jalanan kampung yang sempit bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Faktor Penggunaan Bahan

Penggunaan bahan yang tidak sesai dengan standar juga merupakan hal yang tidak boleh disepelekan dalam pembangunan jalan. Sebut saja seperti pada saat anda harusnya menggunakan bahan yang memiliki kualitas yang tinggi, namun ternyata anda menggunakan bahan yang KW, maka tentunya hal ini akan berdampak menimbulkan kerusakan pada jalanan tersebut.

4. Faktor Cuaca

Adapun cahaya matahari juga merupakan salah satu faktor pendukung yang bisa membuat jalanan tersebut menjadi awet. Hal ini tentunya akan berbeda pada saat kondisi cuaca yang terus menerus hujan, maka hal  ini akan berdampak pada kerusakan jalan tersebut dengan cepat.

Hal ini disebabkan karena pada saat musim hujan, maka partikel tanah tidak akan  bisa melekat dengan sempurna oleh karena adanya air tanah didalamnya. Oleh karena itulah faktor cuaca juga menjadi salah satu penyebab rusaknya jalanan.

5. Faktor Sistem Drainase

Faktor drainase yang tidak benar juga bisa menjadi salah satu penyebab  rusaknya jalanan. Apabila sistem drainase sepanjang jalan tidak dikerjakan dengan sempurna sebagaimana yang seharusnya, maka akan menyebabkan jalanan akan tergenang setiap harinya terutama pada saat musim hujan. Oleh karena itulah sistem drainase ini sangatlah penting.

6. Faktor Pondasi yang Tak Sempurna

Pada saat  pembangunan jalan namun pondasinya tidak kuat, maka hal ini akan membuat jalanan tersebut menjadi distorsi. Distorsi atau perubahan bentuk pada perkerasan jalan aspal akan berdampak buruk nantinya yakni mengakibatkan jalan ambles yang berbahaya pada keselamatan pengendaraan anda.

7. Kerusakan Kecil yang Diabaikan

Sering kita melihat kondisi jalanan yang memiliki lubang lubang kecil yang tentunya  bisa membuat pengendaraan kita menjadi tidak nyaman. Nah sobat, kondisi jalanan yang berlobang kecil tersebut  pada saat tidak segera dilakukan perbaikan, maka lobang yang tadinya kecil akan berubah menjadi lobang yang besar yang tentunya akan menyebabkan kerusakan   yang semakin besar pula nantinya.

8. Adanya Stripping yang Tak Diperbaiki

Kerusakan seperti stripping maksudnya adalah pengelupasan lapisan permukaan  tanah yang dikarenakan kurangnya ikatan antara lapisan bawah  jalan dan juga lapisan permukaan yang terlampau tipis. Pada saat seperti ini terjadi, harusnya segera dilakukan perbaikan sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih fatal nantinya.

9. Pengerjaan yang Tak Standar

Segala sesuatu tentunya mempunyai standar yang sesuai dengan proses sebuah pekerjaan. Hal ini juga tentunya akan berlaku pada saat pembangunan jalan yang tidak menggunakan SOP yang layak, sehingga  hasilnya pun tidak akan maksimal alias cepat rusak.

10. Tonase Kendaraan

Tonase atau beban angkut yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab yang paling sering mengakibatkan terjadinya kerusakan jalanan. Oleh karena itulah penggunaan bahan yang tepat akan berpengaruh pada  kekuatan tonase dari jalanan tersebut.

Itulah sobat beberapa penyebab yang sering mengakibatkan terjadinya kerusakan pada jalanan tersebut. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa diulasan selanjutnya untuk anda. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil