Sponsors Link

Lebih Murah, Tapi Ada Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak

Sponsors Link

Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini, maka mengharuskan kita untuk ikut melakoni kemajuan teknologi tersebut. Segala sesuatu membutuhkan kemandirian tanpa harus mengandalkan orang lain.

ads

Hal yang bisa kita lihat untuk membuktikan pernyataan tersebut adalah sekarang ini para pengemudi mobil yang umumnya terdahulu paling banyak di dominasi oleh kaum pria, namun kini sudah banyak di gemari oleh kaum hawa. Dan perkembangan dari teknologi tersebut erat sekali hubungannya dengan gaya hidup yang tentunya akan semakin modern.

Berbicara mengenai mengemudi atau menyetir mobil tersebut sobat, kini tak perlu repot repot untuk ke tempat kursus, seperti yang pada umumnya dilakukan oleh mereka yang hendak belajar mengemudikan mobil.

Namun, kini seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup tersebut, maka kini sudah banyak yang belajar mengemudi dengan cara otodidak. Mengemudi dengan cara otodidak tersebut memang lebih murah, namun ada potensi bahaya yang bisa mengintai anda. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda. bisa menyetir tapi belum tahu kinerja setir bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Lebih Murah, Tapi Ada Potensi Bahaya  Belajar Mengemudi Otodidak

Belajar mengemudi memang  hal yang sangat kita butuhkan bagi yang belum bisa menyetir namun ada keinginan untuk menyetir tentunya. Dan menyetir dengan cara otodidak adalah salah satu pilihan untuk anda. Namun sebelum memutuskan untuk mengambil cara mengemudi otodidak tersebut, baiknya anda ketahui  potensi bahayanya untuk anda, antara lain :

  • Berpotensi Merusak Mobil Pribadi Anda

Pada saat anda memutuskan untuk belajar mengemudi dengan cara otodidak,  maka hal yang pertama yang harus anda pahami adalah resikonya mobil pribadi anda akan berpotensi mengalami kerusakan pada saat belajar otodidak tersebut.

Hal ini dikarenakan pada saat anda masih dalam tahap belajar akan sangat tinggi kemungkinannya mengalami kecelakaan atau musibah kecil karena anda masih dalam tahap belajar. Sebut saja seperti baret atau tergores pada mobil anda. Selain itu, akan ada potensi anda merusak mobil orang lain tentunya. hal yang harus dihindari saat mengemudikan mobil otomatis bis anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Kebiasaan Mengemudi

Kebiasaan mengemudi yang akan diajarkan oleh rekan atau pembimbing anda tentunya adalah kebiasaan pada saat ia mengemudi setiap harinya. Padahal bisa saja kebiasaan yang diajarkan tersebut tidak sesuai dengan aturan atau standar.

Jika memang  teknik yang diajarkan tersebut adalah teknik yang benar tidak akan menjadi masalah, namun yang akan menjadi masalah adalah pada saat teknik mengemudi yang diajarkan tersebut adalah salah. Dan ini akan berbahaya bagi anda jika anda  benar benar mempraktekkannya saat anda sedang mengemudi nantinya.

  • Pembimbingnya Belum Tentu Kompeten

Pada saat anda  belajar mengemudi di tempat kursus, maka tentunya anda akan  dibimbing oleh instruktur yang sudah berpengalaman di bidanganya. 

Pada umumnya pembimbing di tempat kursus tersebut sudah mengerti bagaimana cara mentransfer ilmu atau teknik menyetir yang baik dan benar pada peserta latihan mengemudi tersebut.

Hal ini tentunya akan berbeda pada mereka yang belajar menyetir dengan otodidak, mungkin memang pembimbing anda pintar dan memiliki skil dalam menyetir, namun belum tentu ia bisa mentransfer ilmunya kepada anda dengan cara atau teknik yang benar. Oleh karena itu sobat, hal  ini juga bisa menjadi salah satu potensi bahaya bagi anda yang belajar mengemudi secara otodidak tersebut.

Sponsors Link

  • Pengetahuan yang Terbatas

Sering kita berpikir, jika seseorang yang sudah bisa menyetir mobil, maka ia sudah paham akan pengetahuan secara luas mengenai menyetir tersebut.

Namun satu hal yang harus anda pahami sobat, bisa menyetir bukan berarti paham akan pengetahuan tentang menyetir tersebut secara keseluruhan.

Akan sangat berbeda dengan pembimbing di tempat kursus yang tentunya sudah paham dan menguasai semua teknik dan pengetahuan dalam menyetir tersebut.

Sehingga anda akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan skill tentunya yang bisa anda terapkan saat akan benar benar menyetir sendiri tanpa pembimbing.

  • Design Mobil Tidak Standar

Pada umumnya, mobil mobil yang akan digunakan untuk kursus menyetir di tempat tempt kursus, maka mobilnya sudah didesign sedemikian rupa untuk latihan menyetir.

Nah sobat, sementara pada saat anda belajar secara otodidak, tentunya hal ini tidak akan anda temukan. Bagaimana kondisi mobil yang memang aslinya, maka begitulah mobil yang akan anda gunakan saat belajar secara otodidak tersebut.

Hal ini tentunya akan berpotensi menimbulkan kecelakaan pada anda dan juga pembimbing anda. Sebut saja pada saat anda sedang panik, dan pembimbing anda juga tidak cekatan untuk mengendalikan keadaan , maka hal ini ini bisa jadi boomerang bagi ada, yakni menimbulkan kecelakaan di jalan raya.

Memang belajar mengemudi secara otodidak tersebut tergolong murah karena bisa saja kita belajar pada saudara, rekan atau kerabat yang lainnya sehingga tak perlu bayar mahal seperti di tempat kursus. Namun sebelum memutuskan belajar menyetir secara otodidak tersebut, baiknya pertimbangkan kembali hal hal atau potensi bahaya di atas.

Sponsors Link

Sekian  ulasan yang bisa  penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya, tentunya dengan pembahasan yang menarik lainnya. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil