Sponsors Link

Karakter Mobil Standar Oversteer, Apa Alasannya?

Di dalam dunia otomotif tentunya bermanuver dan juga memiliki kemampuan serta skil yang luas tentang menyetir adalah salah satu hal yang harus kita pahami, terutama bagi mereka yang suka akan tantangan atau olahraga dalam dunia otomotif.

Sebut saja seperti overster dan understeer dua hal ini tentunya adalah dua hal  yang tidak bisa dipisahkan dan kita harus bisa melakuannya. Kedua  hal ini tentunya memiliki hubungan yang tak jauh berbeda dari satu dengan yang lainnya atau bisa dikatakan oversteer dan Understeer tersebut adalah karakter mobil ketika diajak meliuk di jalanan yang berbau tikungan.

Sementara itu sobat menikung dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan diri tentunya terutama di tikungan tajam, selain membahayakan diri juga akan membahayakan pengendara yang lainnya.

Meski oversteer dan understeer adalah dua hal yang hampi memiliki kesamaan karakter, namun yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah mengenai oversteer tersebut.

Dan untuk ulasan yang selanjutnya, berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Oversteer Dalam Dunia Otomotif Tersebut?

Adapun yang dimaskud dengan oversteer tersebut merupakan salah satu kondisi dimana ketika bagian ban belakang pada mobil anda kehilangan daya cengkramnya, dan hal ini akan menyebabkan bagian belakang mobil alan tergelincir yang pada akhirnya akan membuat mobil itu menjad kehilangan kendali.

Pada saat terjadi hal seperti ini, maka acap kali terjadi kecelakaan lalu lintas yang bisa membahayakan anda sebagai pengemudi dan juga pengendara atau pengguna jalan yang lainnya.

Oleh karena itu, pastikan anda memahami langkah apa yang akan anda lakukan saat aka nada potensi eversteer tersebut terjadi pada mobil anda.

Pada umumnya, oversteer ini seringkali terjadi pada saat menikung tajam dengan kecepatan yang tinggi dan kondisi ini lebih sering dialami oleh mobil yang memiliki penggerak roda belakang.

Apalagi jika kondisi ban belakang pada mobil tersebut sudah aus dan juga botak, maka peluang mobil mengalami overstreet akan semakin besar.

Untuk itu sobat, sebelum hal ini terjadi selain faktor kewaspadaan pada saat berkendara yang harus anda jaga, maka faktor piranti dalam mobil anda juga penting untuk anda perhatikan. penyebab power stering mobil terasa berat bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Karakter Mobil Standar Oversteer, Apa Alasannya

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika saat ini pabrikan mobil sudah merancang standar dalam mobil menggunakan standar oversteer. Hal ini dilihat sebagai salah satu upaya dalam menanggulangi atau mengurangi angka kecelakaan yang terjadi akibat adanya insiden oversteer yang terjadi pada banyak mobil. 

Secara umum, oversteer tersebut seringkali terjadi pada saat mobil anda kehilangan keseimbangan dan terpelincir, sehingga terjadilah oversteer tersebut. Oleh karena itulah alasan karakter mobil yang menggunakan standar oversteer tersebut adalah oleh karena alasan keselamatan atau safety.

Pada saat berada di tikungan, maka umumnya radius putar yang akan terjadi pada mobil anda akan sangat besar dari pada ketika berada di jalanan biasa Hal ini akan membuat mobil anda menjadi melintir tentunya.

Anda merasa baru berbelok sedikit, padahal kenyataanya sudah banyak sehingga akan membuat anda kehilangan kendali akan mobil tersebut.  bisa menyetir tapi belum tahu kinerja setir bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Oleh karena itu sobat, selain anda menggunakan standar oversteer tersebut, anda juga harus mengerti atau memahami cara menikung yang benar. Berikut ulasannya untuk anda.

3. Cara Menikung dengan Baik dan Benar

Pada saat anda akan menikung, maka hal yang utama yang harus anda lakukan adalah anda harus mengurangi kecepatan pengendaraan mobil anda. 

Dari kecepatan tinggi anda bisa tau dan bisa merasakan bahwasanya pada saat anda berbelok sedikit saja, namun ternyata belokan anda sudah jauh. Hal ini tidak akan anda bisa rasakan saat anda mengemudikan mobil anda dalam kecepatan yang tinggi. 

Anda tidak akan bisa melakukan belok dala kecepatan tinggi dan juga sekaligus menguragi belokan tersebut, hal ini justru malah bermasalah nantinya dalam pengendaraan anda secara keseluruhan. 

Namun anda harus melakukan pengereman terlebih dahulu barulah anda bisa mengurangi  kecepatan dalam berbelok tersebut. Hal inilah yang sering membuat ban menjadi melintir yang mengakibatkan terjadinya oversteer tersebut.

Selain itu, hal yang juga tidak boleh anda sepelekan adalah kondisi dari ban mobil anda. Kondisi ban mobil yang sudah aus, botak, tipis atau yang hilang kembangannya, adalah satu hal yang juga bisa menyebabkan terjadinya oversteer tersebut dengan  gampang, dimana ban tersebut akan berkurang daya cengkramnya terhadap permukaan jalan.

Oleh sebab itulah tidak diperkenankan anda menggunakan ban mobil yang suda tak layak pakai seperti yang sudah penulis sajikan diatas, hal ini tentunya untuk mendukung proses berkendara anda agar lebih safety.

Demikian sobat  ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini mengenai oversteer tersebut. Terima kasih kepada anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini.

Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampai jumpa di ulasan selajutnya untuk anda. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil