Sponsors Link

Penyebab Shocbreaker Mobil Berbunyi Secara Terus Menerus

Sponsors Link

Shockbreaker atau yang sering disebut dengan suspensi ini adalah merupakan bagian atau komponen pendukung mobil yang berfungsi sebagai peredan kejut yang terjadi akibat medan jalan tidak rata dan untuk mengatur gigitan ban dan mengatur beban mobil pada aspal misalnya komponen shockbreaker depan mobil. Selain itu komponen ini memiliki fungsi utama yaitu untuk mendukung kenyamanan kita ketika berkendara.

ads

Sistem suspensi yang sudah mengalami kerusakan maka akan terasa tidak nyaman saat digunakan untuk perjalanan dan kerusakan ini dapat terlihat ketika mobil sedang berjalan. Terlebih lagi jika bantingan mobil sudah tidak terlalu keras, atau bagian handling sudah berubah dan terdapat suara jedak jeduk dari bagian kaki kaki mobil anda, sebab itu pilih shockbreaker mobil paling empuk dan nyaman.

Adapun usia dari suspensi ini tidak bisa dipatok  seberapa lama, namun bagian suspensi ini akan cepat rusak tergantung dari segi atau acar pemakaian mobil tersebut. Selain itu, shockbreaker akan cepat rusak jika mobil sering digunakan mengangkut beban berat, sering digunakan pada jalan yang rusak dengan kecepatan tinggi dan penggunaan shockbreaker yang tidak sesuai dengan kegunaannya sehingga menyebabkan ciri ciri shockbreaker rusak.

Contohnya shockbreaker mobil bawaan pabrik dipakai untuk medan offroad. Suara jedak jeduk yang terjadi pada bagian suspensi mobil biasanya disebabkan karena oli untuk shockbreaker kurang atau olinya sudah encer karena siiring berjalannya waktu dan pemakaian yang ekstrim sehingga bermasalah pada komponen shock breaker belakang mobil. Berikut ini adalah beberapa hal atau penjelasan mengenai penyebab shockbreaker berbunyi secara ters menerus dan cara pengecekan serta tips untuk memperbaikinya.

1. Cek Bagian Shockbreaker

Kinerja shockbreaker akan terasa lemah dan kurang maksimal setelah mobil anda digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Berkurangnya kinerja shockbreaker hal ini bisa juga mempengaruhi keseimbangan mobil anda dan juga akan membuat mobil anda terasa lombung saat dikendarai.

Selain anda harus mengecek bagian shockbreaker mobil, anda juga bisa untuk mengecek bagian kaki kaki mobil anda untuk memastikan dari mana sumber bunyi jedak jeduk itu terjadi. Untuk mengeceknya, anda bisa menggunakan cara dengan mengendarai mobil engan kecepatan sedang dijalan lurus dan rata, jika anda merasakan mobil limbung dan tidak seimbang, itu bisa terdapat masalah di bagian suspensi shockbreaker mobil anda.

2. Perhatikan Bushing Arm pada Mobil

Bushing arm ini merupakan komponen dari shockbreaker yang terdiri dari selongsong besi yang disokong karet. Fungsi utama dari arm bushing sendiri ini adalah sebagai titik tumpu antara lengan pencengkeramnya dengan bagian roda. Bushing arm bertugas sebagai peredam getaran di bagian sambungan antara komponen suspensi mobil dari logam tersebut.

Suara berisik atau jedak jeduk yang timbul ini bisa diseabkan oleh kerusakan pada bagian bushing arm tersebut. Selain akan menimbulkan suara jedak jeduk yang dapat mengganggu, kerusakan pada bushing arm juga bisa mengurangi kenyamanan ketika anda mengendari  mobil tersebut,. Lebih dari itu, mobil juga tidak bisa stabil karena permasalhan yang ada pada bushing arm tersebut.

Untuk mengetahui suara jedak jeduk tersebut di bagian ini, anda bisa mengeceknya dengan mengandarai mobil tersebut. Jika terdengar suara berisik dan laju melenceng ke kiri atau ke bagian kanan, hal ini sudah bisa dipastikan bahwa suara berisik dan kerusakan tersebut bersumber dari bagian bushing arm.

3. Periksa Bagian Bushing Stabiliser

Bagian ini merupakan salah satu komponen mobil yang bekerja sebagai penyeimbang suspensi kanan dan kiri. Jika mobil anda sedang berjalan atau sedang dikendarai dan mengeluarkan bunyi atau suatu suara jedak jeduk dan mendecit ketika anda melakukan pengereman, sebaiknya anda periksa komponen bushing stabiliser untuk memastikannya.

Sponsors Link

Kerusakan dan bunyi yang timbul di bagian kaki kaki mobil juga bisa desebabkan oleh bushing stabiliser yang bermasalah. Cara mengecek kerusakan tersebut sejak dini adalah dengan cara mengendarai mobil di jalan yang lurus dengan kecepatan yang sedang lalu anda melakukan pengereman, jika terdengar bunyi jedak jeduk atau berisik dan mendecit maka sudah bisa dipastikan kerusakan terjadi pada bagian bushing stabiliser.

4. Periksa Ban Mobil

Ban mobil akan terkikis setelah mobil anda digunakan untuk melakukan perjalanan yang jauh seperti mudik dari kota ke desa, bahkan bisa juga ini merupakan faktor dari berjalannya waktu. Meskipun level dari terkikisnya ban mobl tersebut tidak jelas terlihat, namun efek yang dapat ditimbulkan adalah dapat mempengaruhi laju mobil. Yang bisa dirasakan ketika ban mobil terkikis adalah tidak seimbangnya mobil ketika sedang melaju atau setir mobil tidak bisa stabil ketika sedang melaju dan hal itulah yang menyebabkan lebih banyak terkikis.

Sponsors Link

Selain itu hal ini bisa menyebabkan ban mobil anda mengalami keausan yang ekstrim atau ban mobil akan minta ganti sebelum waktunya dan juga bisa menimbulkan suara gemuruh jedak jeduk. Untuk mengeceknya, anda bisa melakukan rotasi pada ban mobil anda dan anda juga bisa rasakn saat anda menggunakan mobil untuk berjalan akan terasa tidak stabil. Hal yang dapat anda lakukan jika terjadi hal semacam ini adalah mengganti ban tersebut dan memeriksakan sistem keseimbangan mobil agar tidak terjadi lagi hal yang serupa.

Demikan tadi ini adalah merupakan penyebab dari shockbreaker berbunyi secara terus menerus. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan kita semua. Segeralah periksakan keadaan mobil anda jika terdeteksi kerusakan sejak dini. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Teknis