Sponsors Link

Komponen Shockbreaker Belakang Mobil : Penjelasan, Fungsi dan Cara Merawatnya

Sponsors Link

Hello guys pecinta otomotif semua, kemabli lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang tentunya juga setia menemani sobat semua menghabisan waktu luang anda bersama keluarga tercinta. Akan sangat berarti dan produktif tentunya ya sobat apabila kita bisa memanfaatkan waktu lunag dengan berbagai hal positif dan bermanfaat, dan salah satunya adalah dengan membaca. Karena dengan membaca kita bisa melihat dunia lebih luas lagi . Setuju ya sobat.

ads

Oke sobat semua yang terkasih, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis masih akan membahas mengenai otomotif. Nah sobat semua pecnta otomotif , yuk merapat. Adapun materi yang akan kita bahas dalam postingan kali ini adalah mengenai komponen shockbreaker belakang mobil.

Bagi anda semua pemilik mobil tentunya komponen yang satu ini bukanlah suatu komponen yang baru lagi ya sobat. Tetapi apakah sobat semua menegrti apa fungsi dari komponen shockbreker belaknag mobil tersebut. Nah sobat, yuk merapat karena pada postigan kali ini penulis akan menjelaskannya secara detail untuk anda. Check It Out !

Adapun shockbreaker belakang mobil ini merupakan salah satu komponen suspensi dalam mobil. Sistem suspense ini berfungsi untuk menyerap berbagai kejutan selama melakukan perjalanan dan tentunya ketika mobil anda bergerak. Shockbreaker ini sendiri merupakan komponen berbentuk tabung yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang diciptakan oleh spring agar tidak terjadi efek rolling.

Atau dengan kata lain, pada saat mobil melewati tumbukan dijalanan , maka per akan tertekan keatas. Dengan adanya hal seperti ini akan terjadi lemparan bodi ke atas, dan pada saat bodi turun, karena pegas ini bersifat elastis  maka bodi akan merangsak ke bawah. Kejadian ini disebut denagn pitching. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penulis akan jelaskan berbagai komponen shockbreaker belakang mobil. Berikut ini ulasannya untuk anda.

Komponen Shockbreaker Belakang Mobil

Adapun beberapa komponen dari shockbreaker belakang mobil antara lain adalah sebagai berikut .

1. Tabung Shockbreaker Mobil

Komponen shockbreaker belakang mobil yang pertama adalah tabung shockbreaker mobil. Adapun komponen yang satu ini adalah komponen yang berfungsi seabgai tempat bergeraknya piston sekaligus  sebagai tempat atau ruang fluida di tempatkan.

2. Piston

Komponen shockbreaker belakang mobil yang kedua adalah piston. Seperti sistem hidrolik rem, bentuk piston akan menyesuaikan bentuk tabung. Dengan dilengkapi seal agar pergerakannya tidak menimbulkan kebocoran fluida apda kedua ruang. Piston ini dilengkapi dengan piston rod, yang memanjang dari piston hingga ujung shockbreaker. Ujung inilah yang nanti akan dihubungkan dengan bagian roda kendaraaan.

3. Orifice

Komponen shockbreaker belakang mobil yang ketiga adalah orifice. Komponen yang satu ini merupakan saluran kecil yang terdapat pada piston. Biasanya, saluran orifice dilengkapi dengan sebuah katup. Hal ini berfungsi agar pergerakan fluida dengan satu arah.

Sponsors Link

Besar kecil saluran orifice ini akan menentukan tipe suspensi, apakah keras atau lembut. Pada umumnya, kalua orifice ini agak besar, hal tersebut menandakan suspensi yang lembut. Sebaliknya, orifice yang kecil menandakan shockbreaker tipe hard yang cocok untuk racing.

4. Seal Shockbreaker

Komponen shockbreaker belakang mobil yang keempat adalah seal shockbreaker . Komponen yang satu ini berhubungan dengan fluida, maka akan  ditemui banyak seal apda sistem ini. Selain seal dalam piston, juga terdapat seal apda ujung tabung shockbreaker tersebut.

Nah sobat semua, komponen yang satu ini tergolong salah satu komponen yang sangat pentig keberadaanya dalam komponen shockbreaker belaknag mobil tersebut. Adapun fungsi dari seal shockbreaker ini adalah sebagai piranti yang bertugas untuk mencegah fluida bocor.

Namun meski demikian sobat, tidak menjadi suatu jaminan bahwasanya seal ini tidak akan mengalami kebocoran. Ada kalanya seal ini mengalami kebocoran sehingga kita akan emnemikan bocoran oli yang keluar dari dalam shockbreaker tersebut. Untuk itu, sebaiknya kita harus melakukan pengeceakn secara rutin ya sobat, agar terhindar dari kebocoran atau kerusakan yang lainnya.

Sponsors Link

Cara Perawatan Komponen Shockbreaker Belaknag Mobil

Adapun cara perawatan komponen  shockbreaker belakang mobil antara lain adalah sebagai berikut :

  • Karena termasuk komponen suspensi yang memiliki fungsi sangat penting dalam mobil, maka sebaiknya anda ketika mengendarai mobil anda dan menemukan atau melewati gundukan di jalanan, maka sebaiknya anda berkendalah atau lalaui lah dengan perlahan agar shockbreaker mobil anda tidak mengalami kerusakan.
  • Lakukan pengecekan secara rutin pada semua komponen shockbreaker belakang mobil anda. Hal ini bermanfaat agar anda bisa mengetahui sejak dini apakah ada kerusakan yang terjadi sejak dini pada semua komponen shockbreaker belaknag mobil anda. Hal ini harus anda lakukan ya sobat agar komponen shockbreaker belakang mobil anda awet.

Oke sobat semua yang terkasih, sekian informasi mengenai komponen shockbreaker belakang mobil yang bisa penulis sampaikan buat sobat semua. Terima kasih buat anda yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, penulis berharap postingan kali ini dapat memberkan manfaat buat sobat semua dan juga bisa menjadi refrensi ya sobat. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya ya sobat. Salam hangat selalu dari penulis untuk sobat semua, salam otomotif selalu ya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil