Sponsors Link

Dampak Mengganti Ban Mobil yang Terlalu Besar dari Standartnya

Sponsors Link

Ban merupakan salah satu bagian atau komponen mobil yang sangat utama, karena ban merupakan media utama utama sebagai perantara antara kaki kaki mobil dengan permukaan jalan. Bayangkan saja jika sebuah mobil tidak menggunakan ban, tentu saja hal ini tidak akan mungkin bisa membuat mobil berjalan dengan sempurna, misalnya ketika terjadi sobek maka harus segera dilakukan cara memperbaiki ban mobil yang sobek.

ads

Ban ini adalah salah satu komponen obil yang terbuat dari karet dan yang dirancang ataudigabungkan dengan kawat baja dan jenis partikel lainnya sehingga membentuk sedemikian rupa. Ban yang sudah tipis atau sudah rusak tentu saja harus segera untuk diganti supaya tidak membahayakan pengendara yakni diganti dengan manfaat nitrogen untuk ban mobil.

Akan tetapi, perhatikan ukuran dan cara mengganti ban mobil anda. Tentuakan ada bahaya tersendiri jika mengganti ban mobil dengan ukuran yang berbeda dari ukuran standartnya harus anda perhatikan dan waspadai. Yang menjadi patokan ketika akan melakukan pergantian ukuran ban adalah dengan melihat karakter seperti angka dan huruf yang ada pada bagian dinding ban tersebut dan tentunya wajib dilakukan cara merawat ban serep sebagai pengganti.

Di dinding ban tersebut tertera ukuran ban, merk ban, tipe ban yang anda pakai. Meskipun hal ini sangat disukai oleh para pecinta modifikasi mobil dan biasanya mereka mengubah ukuran ban mejadi berbeda dari ukuran yang telah ditetapkan oleh pabrik dan sudah ditentukan yang terbaik misalnya jenis ban mobil yang cocok untuk musim hujan.

Hal ini juga bisa menimbulkan bahaya bagi keselamatan diri anda sediri dan keluarga. Menurut para ahli, perubahan ukuran bam mobil tentu saja memiliki konsekuensi atau efek tertentu yang ditimbulkan. Oleh karena itu, pemilik kendaraan tidak mengganti profil ban dengan ukuran standart bawaan pabrik kendaraan mereka. Adapun beberapa dampak dari perubahan yang dilakukan pada ukuran ban kendaraan antara lain adalah :

1. Boros Bahan Bakar

Pemakaina atau peenggantian ban dengan telapak ban yang lebih lebar dari ukuran standartnya hal ini akan membuat daya gesek antara permukaan telapak ban dengan permukaan jalan akan menjadi semakin lebih bertambah. Karena gesekan yang besar itu akan membuat mesin bekerja atau mempunyai  beban yang lebih berat dan besar untuk menjalankan atau menggerakan ban.

Hal ini akan mengakibatkan pemborosan terhadap bahan bakar mobil anda, yang disebabkan oleh pergantian ukuran ban lebih besar dari ukuran standartnya. Yang membuat daya gesek antara permukaan telapak ban dengan permukaan jalan menjadi semakin lebih besar atau bertambah.

2. Radius Putaran Minimum

Pemakaian telapak ban yang terlalu lebar atau besar melebihi ukuran standart yang diberikan oleh produsen mobil tersebut. Jika tidak disertai dengan pengurangan di jarak pijak bisa menambah lebar atau besar keseluruhan posisi pada telapak ban. Oleh sebab itu, akan membuat radius putar mobil akan menjadi bertambah. Hal ini akan membutuhkan atau memerlukan jarak yang lebih luas lagi keika mobil akan berbelok tajam atau ketika anda akan melakukan u-turn.

Dengan bahaya mengganti ban berukuran lebih besar  dari standartnya pabrikan yang seperti itu, sebaiknya anda mengganti ban dengan ukuran yang standart yang telah ditetapkan dan diperhitungkan oleh produsen mobil tersebut. Karena jika anda masih bersikeras menggunakan ban besar akan membuat anda kewalahan sendiri saat mengendalikan mobil dimedan u-turn.

3. Akselerasi atau Sinkronisasi Mobil Berkurang

Ketika anda memasang atau memakai ban yang ukurannya lebih besar dari ukuran yang telah ditetapkan oleh produsen mobil tersebut bisa menyebab akselerasi berkurang. Maksudnya, hal ini bisa membuat tarikan mobil anda lebih berat.

Hal itu dikarenakan oleh gesekan yang ditimbulkan bertambah besar antara permukaan telapak ban dan permukaan jalan. Oleh karena itu jangan mengganti ban denganukuran yang telah ditentukan oleh produsen mobil tersebut. Tetapi, pakailah atau ganti ban mobil anda menggunakan ban mobil dengan ukuran yang telah ditetapkan oleh pabrik.

4. Pengereman

Penggunaan telapak ban yang lebih lebar hal ini juga akan menimbulkan daya gesek antara permukaan telapak  ban dengan permukaan jalan akan menjadi semakin bertambah besar, dan bisa mengurangi daya akselerasi berkurang. Namun,

Sponsors Link

dibalik semua kekurangan yang diberikan oleh penggunaan ban dengan ukuran yang lebih besar hal ini mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu daya sisem pengereman akan lebih besar dan baik. Karena adanya gesekan yang besar antara permukaan ban dan permukaan jalan.

Karena akan membuat tarikan lebih gesit dan enteng, selain itu juga bisa membuat atau menimbulkan gesekan antara ban dan spakbor, karena ukuran ban diganti oleh ukuran yang lebih besar dari ukuran standartnya. Dan peggunaan ban yang berukuran besar akan mengurangi daya tarik tersendiri bagi mobil anda.

Sponsors Link

Dan anda perlu memperhitunhkan secara matang matang sebelum mengganti ukuran ban menjadi lebih besar dari ukuran standartnya. Konsultasikan pada bengkel modifikasi langganan anda terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan. Agar tidak mengurangi kenyamanan berkendara anda. Karena ha tersebut juga bisa membahayakan keselamatan berkendara bagi diri anda dan keluarga.

Demikian artikel yang kita bahas kali ini mengenai penggantian ban mobil lebih besar dari ukuran standartnnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih karena telah menyempatkan waktu untuk membaca. Dan jangan lupa perhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain sebelum melakukan modifikasi yang dapat membahayakan keselamatan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis