Sponsors Link

Cara Memperbaiki Ban Mobil Yang Sobek dengan Cepat

Sponsors Link

Salah satu dari banyak sebab kecelakaan di jalan adalah akibat dari pecah atau sobeknya ban mobil. Ban mobil yang pecah membuat proses kemudi tidak stabil sehingga arah dan lajunya pun menjadi susah untuk diarahkan. Alasan ban mobil pecak atau sobek, tentu ada beberapa penyebabnya. Contohnya karena kelalaian pemilik ban padahal sudah waktunya ganti, ban yang tidak sesuai dengan mobil atau dengan velg ban, tekanan ban yang tidak akurat, beban yang dibawa mobil yang terlalu berat, meremehkan tambalan sementara, ukiran ban yang jarang dibersihkan, sering melalui jalan yang berlubang dan ada paku yang menusuk ban tapi dibiarkan begitu saja.

ads

Kadang juga berdampak ke keseimbangan mobil. Ciri-ciri mobil harus spooring adalah tanda mobil mulai tidak seimbang. Segera lakukanlah karena manfaat balancing mobil cukup banyak untuk kestabilan berkendara. Lakukan juga tips merawat ban mobil. Agar ban lebih tahan lama lagi, gunakan jenis ban mobil yang cocok untuk musim hujan dan aplikasikan manfaat nitrogen untuk ban mobil.

Banyak pemilik mobil tidak memahami kondisi ban mobil yang sudah sobek meskipun sobekannya sedikit. Jangan remehkan kondisi ini karena berbahaya jika diteruskan. Bisa-bisa sobekan ban mobil semakin melebar. Anda perlu tahu tanda-tanda ban mobil kempes. Akibat terburuknya, mobil menjadi tidak stabil sehingga timbullah kecelakaan. Setelah mengetahui potensi bahaya ini, tentu anda harus lebih memperhatikan kondisi ban mobil karena berhubungan dengan keselamatan berkendara. Periksalah kondisi ban mobil secara berkala demi keselamatan anda. Jika anda melihat tanda-tanda sobeknya ban mobil, maka anda harus memperbaikinya. Berikut cara memperbaiki ban mobil yang sobek.

  • Cara Memperbaiki Ban Mobil Yang Sobek di Bagian Dinding

Untuk memperbaiki ban mobil yang sobeknya di bagian dinding bisa digunakan metode teknik penambalan modern. Teknik menambal ini bertujuan untuk melapisi bagian dalam dengan lembaran. Ada beberapa jenis lembaran untuk menambal, seperti berbentuk melingkar atau empat persegi panjang.

Cara menambalnya sedikit berbeda. Untuk yang empat persegi panjang, sebelum menambal, gerindalah bagian dalam agar permukaannya terkelupas. Sehingga karet penambal bisa menempel lebih mudah setelah ditekan dengan batang besi. Sedangkan untuk yang bentuknya lingkaran (berbentuk mirip alat sekir klep motor atau karet yang cukup panjang), permukaannya harus digerinda terlebih dahulu agar kasar kemudian diberi lem sebelum masuk ke proses penambalan. Kemudian masukkan ujung runcingnya hingga menembus ke luar hingga karet lebar menempel dengan pas. Setelah menempel, potonglah bagian yang runcing tadi.

Untuk ban mobil yang sobeknya lebar, anda perlu beberapa penanganan lebih. Contohnya sobekan yang panjangnya tiga centi dan lebarnya dua centi. Pertama, gerindalah hingga permukaan ban kasar. Kemudian beri lem di area yang digerinda lalu tutuplah dengan lapisan penambal. Gunakan mesin thermopress untuk memanaskannya. Panaskan dengan suhu seratus enam puluh derajat selama seratus dua puluh menit. Setelah lewat dua jam, gunakan lem lagi lalu beri lapisan pembungkus radial. Ada benang yang terdapat di lapisan terakhir ini yang berguna untuk mengganti benang yang putus.

Sponsors Link

  • Cara Memperbaiki Tapak Ban Luar Yang Sobek

Ban luar yang sobeknya tidak terlalu lebar, misal antara dua centi hingga empat centi, masih ada harapan untuk memperbaikinya. Cara memperbaiki ban luar yang sobek kecil yaitu dengan mengelemnya dengan sealer kemudian rapatkanlah. Lakukan teknik tambal ban tip top dengan penambahan karet di bagian dalam ban. Agar dinding yang sobek lebih kuat supaya ban tubeless atau ban luar bisa berguna lagi.

Setelah menerapkan cara memperbaiki ban mobil yang sobek, lebih baik lakukan penguatan pada ban luar. Caranya yaitu pasang ban dalam untuk mendukung. Cara ini berlaku pada ban luar yang masih tebal. Tapi kalau sudah tipis sebaiknya beli yang baru. Bagi anda yang belum mengetahui ban tubeless, anda perlu tahu kelebihan ban tubeless pada mobil.

  • Cara Memperbaiki Ban Luar Yang Sobek Bagian Samping

Kadang kala, ban luar juga bisa sobek di bagian samping. Cara memperbaiki ban mobil yang sobek di bagian ini menggunakan teknik jahit. Pertama, lepaskan ban dari velg. Untuk melepaskan ban, buang anginnya terlebih dahulu lalu keluarkan ban dari velg. Kedua, jahitlah dengan benang sepatu. Agar tidak terkena ban dalam, tutuplah bekas jahitan dengan ban dalam bekas yang tidak terpakai.

Sponsors Link

Potong ban dalam bekasnya dengan tiga ukuran yang berbeda dan susunlah menjadi tiga lapis. Potongan yang paling besar berada di bawah. Kasih lem pada posisi jahitan di bagian dalam, lalu lekatkan susunan potongan ban di atasnya agar bekas jahitannya tertutup. Beri lem hingga semuanya benar-benar merekat. Tahap terakhir, masukkan kembali ban luar ke velg lalu beri angin secukupnya. Cara ini juga bisa diaplikasikan ke sepeda motor.

Demikian informasi tentang cara memperbaiki ban mobil yang sobek. Lakukan ini agar kondisi ban mobil anda yang sobek bisa sehat kembali seperti sedia kala. Sehingga kestabilan mengemudi dan keselamatan berkendara anda terjamin. Semoga informasi tentang cara memperbaiki ban mobil sobek menambah wawasan anda tentang otomotif khususnya menangani ban sobek. Anda perlu baca juga bagaimana cara memperbaiki ban mobil benjol dengan cepatbunyi geluduk di ban belakang dan cara mengatasi ban ayla yang berbunyi terus.

Sponsors Link
, , ,