Sponsors Link

Cara Memperbaiki Body Mobil yang Lecet yang Benar

Sponsors Link

Bagian mobil yang pertama dilihat orang adalah body mobil. Tentu semua pemilik mobil ingin mobilnya selalu mengkilap, bersih dan tanpa lecet. Tapi ada kejadian sial dan tak terduga yang mengotori atau menggores body mobil anda. Seperti kena kuku, tangan jahil. kena benda tajam atau apapun. Ada goresan kecil yang biasa didapatkan di kehidupan sehari-hari yang membuat kita mengira body mobil kita tidak pernah tergores. Ada juga goresan yang besar.

ads

Goresan-goresan ini tentunya mengurangi keindahan dan kebersihan mobil anda. Tentu akan jelek ketika dipandang. Jangan remehkan debu. Debu juga bisa mengakibatkan goresan yang tak kasat mata. Kondisi ini semakin buruk bagi anda para pemilik mobil tua. Karena mobil tua rentan goresan.

Ada beberapa penyebab kenapa body mobil yang lecet. Seperti terkena goresan tangan jahil, sempitnya lahan parkir, terserempet kendaraan lain ketika di jalanan, tergores ranting pohon, tergores lap yang kehalusannya kurang, tergores cakar kucing atau mobil yang berdiri di mobil dan beberapa goresan-goresan lain yang tak terduga.

Ada beberapa jenis lecet yang merusak mobil. Sebelum masuk ke cara memperbaiki body mobil yang lecet, sebaiknya anda melihat jenis goresannya. Lecet ringan atau lecet yang tidak merusak lapisan cat dasar disebabkan oleh beberapa hal seperti goresan karena manusia atau kucing. Lecet sedang atau goresan yang merusak lapisan cat dasar, contohnya disebabkan oleh tangan manusia yang jahil. Hingga goresan dalam seperti menembus lapisan cat dasar hingga menyentuh bagian dalam logam mobil. Berikut beberapa cara memperbaiki body mobil yang lecet sesuai dengan jenis goresannya agar body mobil anda indah dan cantik kembali. Sebelum mulai memperbaiki, ada baiknya anda tahu alat repair body mobil.

  • Cara Memperbaiki Body Mobil Lecet Ringan

Cara memperbaiki body mobil yang lecet tidak perlu banyak usaha jika goresannya tergolong ringan. Karena goresannya tidak sampai merusak lapisan cat dasar. Goresannya kecil dan halus. Tapi ada beberapa juga yang terasa kasar.

Ada beberapa tahap untuk menangani body mobil yang lecet ringan. Cukup cuci area goresan saja dengan lap yang permukaannya lembut. Agar tidak malah merusak permukaan mobil. Kemudian, gunakan kain berbahan chamois untuk mengerikan daerah yang terkena goresan. Jangan gunakan kain yang kotor dan kasar agar nanti tidak merusak permukaan mobil. Gunakan juga bahan anti lecet contohnya wax, scratch remover, compound dan spidol anti lecet. Untuk bahan rumahan gunakan lotion anti nyamuk.

Ratakan bahan anti lecet ke daerah yang lecet. Lakukan secara pelan dan menekan agar bahan bisa bekerja optimal dan bisa masuk ke sela paling kecil. Setelah selesai, gunakan air dan lap bersih untuk membersihkan sisa-sisa bahan compound. Sekali lagi, lakukan secara perlahan agar tidak menambah lecet lagi. Jika sudah dibersihkan tapi masih ada lecet, ulangi lagi proses hingga lecetnya hilang. Tahap akhirnya, gunakan cairan pengilap agar eksterior mobil terlihat seperti baru.

  • Cara Memperbaiki Body Mobil yang Lecet Sedang

Untuk memperbaiki body yang lecet sedang, caranya berbeda dengan lecet ringan. Jika sudah lecet sedang, goresannya sudah menyentuh lapisan cat dasar sehingga anda harus kerja lebih ekstra daripada lecet kecil.

Sponsors Link

Ada beberapa tahap untuk memperbaiki body mobil yang lecet sedang. Pertama, bersihkan lecet pada body mobil dengan air. Lakukan dengan perlahan karena sudah menggores cat luar. Kemudian bersihkan dengan grease remover di area lecet dan sekitarnya agar tidak ada sisa cat yang terkelupas. Serpihan cat ini mengganggu penghilangan lecet dan nanti lecet dikhawatirka bisa bertambah. Setelah itu, anda harus melakukan pengecatan ulang. Tentu belilah cat mobil yang warnanya sesuai dengan cat mobil. Tidak perlu memberi cat dasar. Langsung saja cat di luar area yang lecet.

Ada beberapa tips dalam mengecat body mobil. Seperti cara mengecat mobil sendiricara memperbaiki cat mobil dan cara mengkilapkan cat mobil

  • Cara Memperbaiki Body Mobil yang Lecet Parah

Kondisi lecet parah semoga tidak menimpa pada mobil kita. Untuk memperbaiki lecet ini, butuh biaya yang mahal dan proses yang lama. Tergantung seberapa besar lecet yang merusak body mobil anda. Wajar saja karena lecet ini melukai lapisan cat dasar. 

Sponsors Link

Ada beberapa tahap untuk memperbaiki body mobil yang lecet parah. Pertama anda harus membersihkan dengan cara diamplas agar area lecetnya rata. Pengamplasan ini butuh waktu lama. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian dempul. Tunggu dempul hingga kering lalu amplas lagi hingga rata. Lalu lanjut ke pengecatan. Pengecetan dimulai dari cat dasar. Setelah cat dasar selesai. Kemudian campurlah cat luar dengan thiner khusus dan semprotkan hingga lecet hilang.

Demikian informasi untuk memperbaiki body mobil yang lecet. Semoga setelah menerapkan informasi ini, body mobil anda yang lecet kembali indah dan seperti sedia kala. Ada cukup banyak tips dan trik yang perlu anda ketahui untuk mempercantik body mobil. Seperti cara memperbaiki body mobil penyok, cara menghilangkan jamur pada body mobilperawatan body mobilcara mengkilapkan mobil dengan kitcara menghilangkan noda air pada body mobil dan perbaikan body mobil keropos.

Sponsors Link
, , ,