Sponsors Link

5 Manfaat Balancing Mobil yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Perawatan mobil merupakan kewajiban yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara. Apapun jenis jenis mobilnya, perawatan mutlak diperlukan. Karena mobil seiring dengan waktu pemakaian, nilai gunanya akan semakin berkurang. Namun perlu diperhatikan juga bahwa satu jenis mobil tertentu bisa beda perawatan dengan jenis mobil lainnya. Misalnya cara perawatan mobil manual berbeda dengan  cara perawatan mobil matic.

ads

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan perawatan pada mobil. Mulai dari perawatan body mobil, perawatan mesin diesel, perawatan rem hingga balancing mobil. Berbeda dengan perawatan mobil lainnya, balancing perlu dilakukan paling tidak setiap 20.000 kilometer sekali. Hal ini dikarenakan pada kilometer ini, mobil telah melewati jalanan yang beragam hingga membuat bannya tidak rata. Balancing mobil sendiri adalah proses penyeimbangan pada titik atas bawah serta kiri kanan ban mobil. Caranya yaitu dengan menambahkan timah pada bagian yang kurang, agar bobotnya dapat seimbang.

Terdapat beberapa kondisi kendaraan yang menandai perlunya melakukan proses balancing pada mobil Anda. Berdasarkan ulasan dari www.gooto.com, kondisi-kondisi tersebut yaitu:

  1. Getaran di lingkar kemudi
  2. Laju mobil mengarah ke kiri atau ke kanan
  3. Kemudi atau setir terasa berat
  4. Mobil terasa miring dan ban seolah sempit

Manfaat Balancing Mobil

Balancing mobil tidak hanya bermanfaat untuk menyeimbangkan ban-ban kendaraan. Lebih dari itu, dilansir dari westautomotivegroup.com, Manfaat Balancing Mobil dapat mencangkup manfaat ekonomis dan manfaat lainnya, yakni:

1. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Ketika bagian-bagian mobil tidak tertata dengan baik, ban-ban mobil tidak dapat bekerja seperti seharusnya. Karena hal ini, mesin kendaraan akan bekerja lebih keras agar mobil dapat maju ke depan. Dampaknya, pemakaian bahan bakar akan lebih meningkat dibanding dengan keadaan sebelumnya.

2. Mengurangi Biaya Perbaikan Mobil

Bagian-bagian mobil yang tidak rata dapat menyebabkan mobil Anda rusak sebelum waktunya. Setiap kali mobil melindas lubang di jalan, setir mobil dan sistem suspensi akan terkena dampaknya. Jika ban tidak sanggup untuk mengurangi dampak kerusakan yang ditimbulkan jalan berlubang ini, bagian-bagian tertentu pada mobil akan mengalami benturan yang lebih keras dari yang seharusnya mereka dapat. Jika bagian tersebut benar-benar rusak, maka Anda akan berhadapan dengan biaya perbaikan mobil yang terlampau mahal.

3. Berkendara Menjadi Lebih Mulus

Ketika ban mobil atau bagian mobil lainnya tidak tertata dengan baik, biasanya Anda akan menyadari kalau mobil perlahan akan bergeser ke kanan maupun ke kiri, meskipun setir mobil sepenuhnya lurus. Terus menyesuaikan setir dengan pergeseran mobil tentunya sangat melelahkan, tidak efisien, mengganggu dan berbahaya.

4. Meningkatkan Keselamatan dalam Berkendara

Merawat kendaraan Anda secara benar dapat membantunya untuk berfungsi dengan baik. Perawatan juga dapat menghindarkan Anda dari masalah-masalah mobil yang dapat membuat kendaraan Anda terdampar di pinggir jalan. Maka dari itu, segera lakukan balancing sebelum semuanya terlambat.

Sponsors Link

5. Memperpanjang Umur Ban Kendaraan

Manfaat lain dari balancing dapat dirasakan oleh ban kendaraan Anda. Ban adalah salah satu bagian mobil yang penting dan mahal. Ban menjadi lebih cepat rusak jika balancing mobil tidak dilakukan secara rutin. Jika mobil rutin menjalani balancing, maka bannya akan awet dan pengemudi tidak perlu repot-repot mengganti bannya, kecuali jika benar-benar rusak.

Itulah Manfaat Balancing Mobil yang mungkin belum banyak diketahui oleh para pengemudi mobil. Balancing memang proses perawatan mobil yang penting untuk dilakukan. Alasannnya adalah karena mobil yang sudah lama digunakan kemungkinan besar memiliki kondisi ban yang tidak rata. Jika sudah begini, jalannya mobil menjadi tidak karuan juga dan akhirnya mesin mobil terpaksa bekerja lebih keras untuk menjalankan mobil. Jika ini terjadi, kemungkinan bagian-bagian lain dari mobil juga akan mengalami kerusakan dan akhirnya akan membahayakan si pengemudi itu sendiri.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil