Sponsors Link

5 Jenis Ban Mobil yang Cocok Untuk Musim Hujan Paling Tepat

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada saat musim penghujan tiba tentunya kondisi jalanan sudah pasti lebih licin karena guyuran air hujan, dan biasanya rawan terjadi kecelakaan. Selain itu yang perlu diwaspadai adaalh jalanan yang digenangi oleh air yang biasanya mentupi jalanan yang berlobang yang senantiasa mengharuskan anda untuk selalu waspada pada setiap kemungkinan yang terjadi.

ads

Selain faktor dari diri kita yang perlu kita tingkatkan kewaspadaanya, tentuya juga armada yang kita gunakan untuk melakukan aktivatitas kita tidak boleh luput dari perhatian ya sobat misalnya saja mobil yang kita gunakan tetap harus diperhatikan kesiapannya untuk menghadapi musim hujan tersebut.

Nah sobat semua, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tips bagi anda pengguna mobil tentang jenis ban mobil yang cocok untuk musim hujan. Berikut ulasannya bagi anda.

1. Ban Standart

Jenis ban mobil yang cocok untuk musim hujan yang pertama ialah menggunakan ban standar. Gunakanlah jenis ban yang sesuai dengan standar yang direkomendasiksan oleh pabrikan pembuatnya. Atau anda bisa mengeceknya sesuai dengan yang tertera pada buku manual ( manual book ) biasanya direkomendasikan ketebalan ban antara 55 hingga 70. Disini tips merawat ban mobil sangat diperlukan demi menjaga kondisi ban itu sendiri.

2. Hindari Terlalu Banyak Motif Kembangan

Jenis ban mobil yang cocok untuk musim hujan yang kedua ialah hindari terlalu banyak motifnya. Sebaiknya anda tidak usah memilih motif kembangan yang terlalu banyak coraknya yang biasanya untuk pertimbangan fashion. Nah bagi anda yang biasanya memilih motif kembangan yang bercorak banyak, sebaikya pada saat musim hujan jangan dulu ya sobat karena akan membuat anda tidak nyaman dan cenderung membuat jalanan lebih licin apabila menggunakan motif kembangan yang bercorak banyak.

3. Hindari Penggunaan Ban Slik

Sebaiknya hindari penggunaan ban slik atau ban tanpa pola. Walaupun memang terlihat lunak dan di tujukan agar melekat dijalan yang licin, namun tidak pada kondisi yang basah loh sobat, apabila digunakan pada jalanan yang basah maka akan cenderung membuat jalanan yang anda lintasi lebih licin.

4. Hindari Penggantian Ban Baru

Apabila sedang ingin melintasi jalananan pada saat musim hujan, sebaiknya anda jangan menggunakan ban yang masih baru, karena pada umumnya ban yang masih baru memiliki lapisan silicon yang cenderung licin dan memiliki daya cengkaram yang kurang khususnya untuk jalanan yang basah. Untuk itu sebaiknya gunakan ban mobil yang lama aja ya sobat.

Sponsors Link

5. Gunakan Ban Dengan Jalur Undirection Orientasi Satu Arah

Selain ke empat point di atas, hal yang harus anda perhatikan yang tidak kalah penting adalah mengenai alur yang terdapat pada tapak ban anda. Sebaiknya untuk melintasi jalanan pada saat musim hujan, gunakanlah jenis alur ban yang memiliki jalur undirection dengan orietasi satu arah, yang biasnaya tidak bisa dipindah dari satu sisi ke sisi lainnya. Anda menggunakan jenis alur ban seperti ini karena pada umumnya ban seperti ini memiliki pola yang lebih baik untuk memecah air dijalanan yang akan anda lalui agar tidak begitu berasa licin.

Namun untuk jenis – jenis mobil baru seperti halnya brio sports e manualnew jazz rs black top limited editionnew city es cvt tidak perlu terlalu khawatir. Karena mobil jenis baru tersebut, jenis bannya sudah terstandarisasi dan aman.

Nah bagaimana sobat semua, silahkan anda periksa ban mobil anda sekarang juga ya sobat agar perjalalanan anda untuk menghadap musim hujan ini tidak ada kendala. Sampai disini dulu pembahasan kali ini sobat mengenai jenis ban mobil yang cocok untuk musim hujan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat semua. Salam hangat dan salam berkendara.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil