Sponsors Link

Cara Memperbaiki Bumper Mobil Yang Pecah

Sponsors Link

Bumper merupakan bagian mobil yang perannya sangat penting. Posisinya di depan mobil bisa menjadi hiasan mobil agar lebih keren. Selain sebagai hiasan, bumper mobil memiliki manfaat lain. Yaitu sebagai pelindung mobil dari tabrakan. Untuk mengurangi dampak kerusakan dari tabrakan. Dengan bumper ini, keselamatan berkendara dan gaya mobil bisa terpenuhi.

ads

Sekarang orang-orang cenderung menggunakan bumper plastik. Beda dengan jaman dulu yang menggunakan plat besi. Bumper memang terbuat dari beberapa bahan. Contohnya seperti plastik dan besi. Biasanya ditaruh melintang di bagian depan atau belakang. Ada juga pemilik mobil yang memasang bumper untuk melindungi bagian kiri dan kanan mobil. Seiring perkembangan jaman, fungsi bumper menjadi beralih dari fungsi pelindung menjadi fungsi estetika. Sehingga para pemilik mobil lebih menggunakan yang plastik karena lebih mengutamakan gaya mobil.

Namanya juga berbahan plastik, maka bumper jenis ini lemah terhadap benturan. Letaknya yang di depan dan di belakang sering kali menjadi korban pertama ketika terjadi kecelakaan. Bagi anda pemilik mobil sedan, wajib hukumnya membaca tips aman mengendarai mobil sedan. Kejadian buruk seperti kecelakaan mobil terjadi tak terduga. Sering kali mengakibatkan kerusakan kecil, sedang atau besar. Seperti lecet, gesekan, penyok dan bisa juga pecah. Anda tidak perlu khawatir, selama belum hancur, bumper mobil masih bisa diperbaiki. Rugi jika cuma pecah atau terbelah sedikit tapi malah beli ganti bumper baru. Apalagi jika anda bukan tergolong orang kaya atau sosialita. Berikut akan dijelaskan beberpa cara memperbaiki bumper mobil yang pecah.

  • Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai cara memperbaiki bumper mobil yang pecah, siapkan alat dan bahan dulu. Seperti obeng, palu, amplas, kawat, dempul, pemanas atau las karbit, air dan embernya. Alat-alat ini akan membantu anda dalam proses memperbaiki bumper mobil.

  • Memeriksa dan Melepas Bumper

Tahap pertama cara memperbaiki bumper mobil yang pecah adalah memeriksa bumpernya. Kalau hanya retak tidak perlu sampai melepasnya. Cukup menjahitnya saja dengan klem dan kawat atau plat yang dirancang mirip isi staples. Lalu segera klemkan ke area bumper plastik anda yang retak. Cara ini juga bisa diterapkan pada bumper mobil yang berbahan fiber. Tapi kalau sampai pecah anda harus melepasnya.

  • Pengelasan Area Yang Rusak

Jika bagian bumper yang pecah besar, maka anda harus memanaskannya. Cara memperbaiki bumper mobil yang pecah ketiga adalah menggunakan teknik pengelasan. Karena bagian yang pecah sulit untuk menemukan ujung-ujungnya. Sehingga anda harus melemaskan plastik penyusun bumper dengan teknik pengelasan untuk menemukan dan menghubungkan ujung-ujung yang pecah.

  • Buatkan Penguat Bumper Mobil

Setelah proses penyambungangan selesai, anda masuk ke cara memperbaiki bumper mobil yang retak tahap keempat. Anda harus menguatkan bumper mobil. Caranya yaitu menguatkannya dengan pelat di sisi dalam bumper. Untuk menempelkan pelat, buatlah lubang-lubang kecil di pelat. Buatlah seperti lubang di alat pemarut kelapa. Setelah pelat dan lubangnya sudah jadi, panaskan terlebih dahulu lalu tempelkan.

Sponsors Link

  • Finishing Bumper Mobil

Finishing bumper merupakan cara memperbaiki bumper mobil yang pecah tahap terakhir. Finishin ini meliputi pengamplasan, pendempulan dan yang terakhir pengecatan. Ambillah amplas untuk menghaluskan. Amplaslah permukaan bumper mobil anda sehalus dan serata mungkin. Setelah itu, lakukan proses pendempulan di titik yang rusak tadi. Lakukan pendempulan dengan cara yang benar.

Lakukan teknik mendempul yang benar. Bersih dan rapikan dulu badan mobil yang mau didempul. Jangan ada karat atau debu. Dan kalau ada lekukan sebaiknya ratakan dahulu. Campurkan cat basic dan thinner dengan perbandingan 1:1. Jangan remehkan komposisi campuran karena ini menentukan kualitas dempulan nantinya. Catlah area yang akan didempul dengan cat basic.

Kemudian oleskan dempul dengan bantuan sekrap cat. Lakukan perlahan dan sedikit demi sedikit hingga rata. Setelah selesai, keringkan area yang barusan didempul terlebih dahulu. Kemudian ratakan titik yang barusan didempul dengan amplas hingga halus. Bersihkan sisa-sisa amplas. Dan yang terakhir, lakukan pengecatan dengan baik dan merata.

Sponsors Link

Demikian informasi tentang cara memperbaiki bumper mobil yang pecah dengan mudah di rumah. Jika anda mempunyai peralatannya dan berpengalaman, memang lebih baik lakukan sendiri. Jika di bawa ke bengkel, biaya servis sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000. Layanan ini sudah mencakup pengecatan ulang. Lumayan untuk mengembalikan nilai estetika mobil.

Bicara masalah estetika mobil, selain bumper, tentu harus melibatkan body mobil. Mobil yang baru tabrakan seringkali penyok dan tentu anda harus mengetahui berbagai macam tips. Seperti cara memperbaiki body mobilcara memperbaiki cat mobilcara menghilangkan goresan pada mobilperbaikan body mobil keroposcara membersihkan karat pada mobil dan cara menghilangkan jamur pada body mobil.

Kecelakaan memang susah diprediksi. Kadang kala kita sudah teliti, pelan dan berhati-hati dalam mengemudi. Tapi ada pihak lain yang ceroboh dan ngawur dalam mengemudi sehingga menyebabkan kecelakaan. Jika anda berencana membeli mobil bekas, sebaiknya anda perlu membaca ciri-ciri mobil bekas tabrakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa memperbaiki bumper anda yang pecah menjadi seperti sedia kala. Anda perlu membaca tips merawat bumper mobil agar bumper anda semakin awet dan cara menghilangkan lecet pada bumper agya bagi anda para pemilik mobil Toyota Agya.

Sponsors Link
, , ,