Sponsors Link

Dampak dari Mengganti Ban Mobil Terlalu Kecil dari Standartnya

Sponsors Link

Pengaruh atau dampak dari penggantian ban yang ukurannya lebih kecil dari standartnya. Untuk pemilik kendaraan roda empat atau mobil, melakukan pengggantian sparepart atau modifikasi pada bagian atau komponen kendaraan di bagian yang tertentu adalah hal yang biasa saja dan ini biasanya menjadi hobi para pecinta  cara memodifikasi mobil paling lengkap.

ads

Salah satu bagian yang sering diganti atau dimodif adalah bagian kaki kaki yaitu velg dan ban mobil yang diubah dari ukuran standartnya menjadi berbeda dari ukurannya. Biasanya, dengan mengganti ban mobil, pemilik akan merubah profil ban yang bentuknya bertelapak lebar dari ukuran standart pabrikan. Tujuannya tentu saja untuk mendapat tampilan mobil yang lebih menarik dan keren misalnya tips memilih knalpot mobil untuk dimodifikasi.

Menurut beberapa sumber dan ahli otomotif, perubahan terhadap ukuran ban dan velg mobil tentu saja memiliki kosekuensi atau efek secara langsung terhadap kenyamanan kendaraan anda karena terdapat perbedaan velg mobil original dan replika. Oleh karena itu, pemilik kendaraan tidak mengganti profil ban standart yang diberikan oleh produsen mobil tersebut. Adapun beberapa dampak dari merubah profil atau ukuran ban kendaraan menjadi lebih kecil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Akselerasi Kendaraan

Jika para pemilik kendaraan khususnya para pecinta modifikasi jika mengganti atau modif ukuran ban menjadi lebih kecil itu akan membuat tampilan mobil semakin keren dan kekinian terlebih menggunakan kelebihan ban tubeless pada mobil. Walaupun mengganti ukuran ban dan velg akan membuat mobil mereka menjadi lebih menarik mereka tahu bahwa mengganti ukuran ban maupun velg itu akan membuat ketidaknyaman kendaraan mereka saat dikendarai.

Tidak hanya itu saja mengganti ban dan velg menjadi berbeda ukurannya dengan ukuran yang distandartkan oleh pebrikan, mengganti ukuran kaki kaki mobil menjadi lebih kecil dari ukurannya juga memiliki kelebihan tersendiri yaitu akselerasi mobil akan lebih terasa gesit karena dilakukan cara merawat mesin mobil secara mandiri. Karena luas bidang gesekan yang terjadi antara ban dan aspal atau medan jalan juga akan berkurang.

2. Pengereman

Meski telapak ban yang lebih kecil akan membuat akselerasi mobil akan terasa lebih gesit, namun kelebihan itu juga akan mengurangi friksi atau gesekan yang terjadi antara permukaan ban dan permukaan jalan yang dilewati oleh mobil tersebut.

Maka sistem pengereman pada mobil atau kendaraan sejenis anda yang lainnya akan semakin berkurang dan kurang maksimal karena gaya gesek antara telapak ban permukaan jalan yang berkurang karena ukuran ban lebih kecil dari ukuran standadrtnya yang sudah ditetapkan oleh bawaan pabrikan mobil tersebut.

3. Efisiensi Bahan Bakar

Meski telapak ban yang lebih kecil akan membuat akselerasi menjadi lebih gesit dari penggunaan ukuran ban yang sudah ditetapkan oleh pabrik mobil. Hal ini juga akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros jika dibandingkan dengan penggunaan ban mobil yang berukuran standart. Hal ini terjadi karena gesekan yang ditimbulkan antara telapak ban dengan permukaan jalan menjadi berkurang sehingga menghasilkan tarikan mobil yang lebih enteng.

Dan hal ini membuat pengemudi mobil akan memacu kendaraanya menjadi lebih kencang dan hal ini terjadi secara terus menerus sehingga mesin mobil bekerja secara ekstra akibat pemakaian yang cukup ekstrim pula maka hal ini akan menimbulkan atau membuat bahan bakar mobil akan menjadi semakin atau lebih boros bila dibandingkan dengan penggunaan ban mobil berukuran standart yang sudah diperhitungkan oleh produsen kendaraan tersebut.

Sponsors Link

4. Radius Putaran Minimum Kendaraan

Penggunaan ukuran ban yang lebih kecil dari ukuran standartnya maka hal ini akan membuat radius putar mobil akan menjadi lebih berkurang dan akan membuat daya pijak ban menjadi lebihkedalam. Sehingga hal ini akan membuat jarak yang lebih pendek atau berkurang untuk berbelok tajam seperti saat melakukan u-turn. Jika pengemudi tidak memperhitungkan dengan matang saat akan melewati u-turn dan tidak menyadari kalau ban pada bagian belakang akan lebih cepat mengikuti putaran kendaraan dan rentan menyangkut di pembatas jalan.

5. Bahaya Terhadap Velg

Penggantian ban mobil menjadi lebih kecil itu memang hal yang sangat efektif untuk menunjang daya tarik mobil anda saat dijalanan. Namun hal ini juga berpengaruh buruk terhadap keberadaan velg mobil, jika ban mobil anda meletus atau anda tanpa sengaja melewati jalan berlubang dengan kecepatan yang tinggi itu akan atau bisa membuat velg menjadi melengkung atau bahkan hal ini juga bisa membuat velg anda menjadi pecah dan hal ini akna memuat anda menjadi pemborosan keuangan.

Sponsors Link

Selain itu hal tersebut, penggantian ban menjadi lebih kecil dari ukuran standartnya akan membuat mobil akan semakin lebih ceper dan hal ini juga akan menambah daya tarik tersendiri bagi mobil, selain itu hal ini juga bisa tanpa sengaja merusak bagian bawah mobil anda seperti bemper jika mobil anda melewati jalan yang tidak rata atau saat menepi ke pinggir jalan karena permukaan jalan lebih tinggi dari pada tepi jalan.

Dengan alasan alasan tersebut, maka ada baiknya untuk memperhitungkan terlebih dahulu secara matang matang sebelum melakukan pergantian ban mobil menjadi lebih kecil dari pada ukuran standartnya. Konsultasikan dengan bengkel langganan anda agar modifikasi yang ada lakukan terhadap mobil tidak membuat rugi atau bahkan membahayakan keselamatan anda dan keluarga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Teknis