Sponsors Link

Merawat Mesin Mobil Secara Mandiri Dengan Mudah

Sponsors Link

merawat-mesin-mobilMerawat mesin mobil bisa dilakukan secara mandiri di rumah tanpa bantuan tukang bengkel. Kecuali jika terjadi kerusakan baru membutuhkan bantuan tukang bengkel. Kondisi mesin yang baik akan sangat mempengaruhi peforma mengendara itu sendiri.

ads

Bisa dikatakan mesin itu jantungnya daripada mobil. Jika jantungnya saja rusak bagaimana bisa berfungsi dengan baik. Letak tenaga dan kekuatan adalah di bagian pusatnya yakni bagian mesin. Kerusakan fatal pada mesin juga akan menyebabkan kelumpuhan total dari mobil. Bisa dikatakan mobil sudah tidak berfungsi lagi layaknya barang rongsokan.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai merawat mesin mobil yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

1. Lakukan Service Secara Berkala

Tanpa adanya service secara berkala kondisi mesin anda tidak akan dapat diketahui apabila anda sendiri tidak paham atau tidak pernah melakukan pengecekan sendiri. Manfaat utama dari service adalah mengetahui seberapa baik keadaan mesin anda saat dibawa ke bengkel.

Jika kondisi mesin buruk dan mengetahuinya sudah terlambat, maka anda yang akan kerepotan sendiri. Biaya yang harus anda keluarkan untuk turun mesin juga terbilang tidak sedikit. Mobil yang sudah turun mesin secara tidak langsung pamornya pun ikut turun.

Lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Kalau bisa menghemat uang dengan melakukan service berkala mengapa tidak? Biaya yang anda keluarkan pun relative kecil, karena budgetnya memang wajib dan sudah disediakan.

Anda bisa mengikuti petunjuk dari bengkel langganan anda, kapan waktu yang baik untuk datang melakukan service di kemudian hari. Biasanya service berkala bisa diketahui dari kilometer yang sudah kita tempuh ataupun hitungan bulan tertentu sejak anda melakukan service terakhir. Nah kedua faktor tersebut yang bisa anda jadikan sebagai pedoman. Pahami juga mengenai perawatan mobil bekas yang baik dan benar untuk dilakukan.

2. Lakukan Pemanasan Mesin Sebelum Digunakan

Kebiasaan yang satu ini cenderung diabaikan oleh banyak orang pada umumnya. Padahal hal sepele semacam ini saja bisa mengakibatkan hal – hal yang fatal bila tidak dilakukan dengan benar dan teratur. Fungsi dari pemanasan sebagai tahap persiapan atau pun tahap adaptasi sama halnya dalam proses perawatan mesin diesel.

Bayangkan saja manusia sebelu olah raga wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu. Jika tidak nanti setelah berolahraga badan menjadi terasa nyeri semua. Itu masih mending, ada juga yang lebih fatal yakni terjadi kram atau pun cidera pada otot.

Sponsors Link

Sekarang paham kan yang saya maksud disini? Proses pemanasan mesin mobil membutuhkan waktu minimal 5 sampai 10 menit saja. Setelah proses pemanasan dirasa cukup, pasti mobil akan terasa enteng saat dikendarai. Laju mobil juga akan terasa lebih enteng.

Proses pemanasan sendiri sangat berpengaruh terhadap kestabilan bagian – bagian lainnya dari mobil. Menyalakan mesin dan langsung menggunakannya tanpa pemanasan terlebih dahulu membuat komponen – komponen mobil menjadi kaget atau pun shock.

3. Lakukan Pemanasan Mesin Meskipun Tidak Digunakan

Proses merawat mesin selanjutnya ialah dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Bukan hanya saat akan digunakan saja, pemanasan mesin mobil juga perlu dilakukan setiap hari, meskipun tidak sedang digunakan. Seringkan melihat orang yang punya mobil tapi sangat jarang digunakan?

Mungkin karena factor jarak tempuh tempat kerja dan rumah relative dekat, bisa juga karena tingkat kemacetan yang tinggi. Pada akhirnya banyak orang memutuskan mengendarai kendaraan yang lebih gesit lagi yakni motor.

Dengan begitu mobil pasti nganggur dong ya di rumah. Digunakan hanya saat ada acara keluarga saja. Nah jika anda tidak memperhatikan kebutuhan pemanasan dengan baik, maka mobil baru yang anda punya pun bisa mengalami kerusakan. Pembahasan ini juga sama halnya dengan cara merawat mesin mobil injeksi.

4. Hindari Bagian Mesin Terendam Banjir

Untuk yang satu ini anda juga wajib perhatikan. Menghindar dengan berbagai cara juga akan sulit ketika musim penghujan mulai tiba. Jalanan pasti akan dipenuhi oleh genangan air hujan karena saluran drainase tidak mampu bekerja dengan baik.

Hal ini biasanya terjadi di area perkotaan yang kondisi ruang terbuka hijau sangat terbatas, ruang gerak sudah sangat sempit, lahan kosong sudah jarang ditemukan dan pada akhirnya daya serap yang ada menjadi sangat buruk.

ads

Keberadaan saluran air yang diabaikan seringkali menjadi faktor utama penyebab terjadinya banjir di jalan raya. Hujan sebentar saja jalanan langsung tergenang oleh air. Nah jika jalan yang sering kita lewati banjir dan tidak ada jalan alternative lainnya, mau tidak mau pasti akan kita lewati, mau bagaimana lagi.

Kondisi semacam tentu akan sangat merugikan bagi mesin anda. Ketahui juga mengenai ciri mesin mobil masih bagus  agar anda tau kapan waktunya harus menangani masalah mesin mobil secara serius dan lebih lanjut.

5. Segera Cuci Jika Terendam Banjir

Solusi yang paling tepat setelah anda menerjang banjir dengan menggunakan mobil ialah segera melakukan pencucian. Dengan begitu maka mesin mobil anda akan bisa tetap terjaga peformanya dengan baik.

Jangan membiasakan untuk membiarkan begitu saja tanpa penanganan lebih lanjut. Air banjir yang kotor bisa memicu timbulnya karat pada bagian mesin saat mulai kering. Lumpur – lumpur yang tersisa akan berubah menjadi kerak yang akan menempel pada bagian mesin mobil anda.

Sponsors Link

Saat anda melakukan pencucian sendiri di rumah namun merasa belum puasa dan masih banyak area yang tidak bisa dijangkau, sebaiknya bawa saja mobil anda tersebut ke steam mobil khusus agar bisa segera tertangani dengan baik. Hasil bersih pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika anda sering menerjang banjir, sebaiknya pahami juga mengenai penyebab korsleting pada mobil untuk memudahkan anda saat berada pada kondisi darurat

Dapat diambil kesimpuilan bahwa artikel mengenai merawat mesin mobil di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dan menambah wawasan bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali yang membahas mengenai merawat mesin mobil. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Monday 09th, October 2017 / 08:56 Oleh :
Kategori : Perawatan