Sponsors Link

Komponen Shockbreaker Depan Mobil : Penjelasan, Fungsi dan Cara Merawatnya

Sponsors Link

Hello sobat semua yang terkasih dan tentunya  selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat melalui ulasan demi ulasan yang menarik yang tentunya bisa menambah informasi serta wawasan buat soabt semua. Penulis juga berharap postingan kali ini bisa menjadi refrensi buat sobat semua ya.

ads

Oke sobat, adapun materi atau pembahasan yang akan kita kaji dalam postingan kali ini adalah mengenai otomotif. Nah buat sobat semua penggemar otomotif ada baiknya sobat menyimak ulasan berikut ini, karena ulasan kali ini menarik sobat, yaitu mengenai komponen shockbreaker depan mobil. Nah buat anda yang selama ini belum terlalu paham akan komponen yang satu ini, yuk sobat langsung kita simak saja ulasan berikut ini denagn seksama.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, komponen shockbreaker ini merupakan salah satu komponen suspensi pada mobil. Jika berbicara mengenai komponen suspensi tentunya komponen ini adalah suatu komponen yang berperan penting dalam kendaraan kita.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, di dalam sebuah kendaraan mobil tentunya terdapat sistem –  sistem yang membantu agar mobil kesayangan anda bisa aman pada waktu anda menggunakannya. Sistem supensi ini dirancang untuk dapat menyerap kejutan – kejutan yang berasal dari permukaan jalan sehingga membuat pengguna mobil menjadi nyaan saat mengendari mobil tersebut.

Salah satu komponen tersebut adalah shockbreaker depan mobil anda. Anda tentunya tau ya sobat fungsi dari komponen yang satu ini. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, komponen yang satu ini berfungsi untuk memperlambat dan mengurangi beesarnya getaran gerakan dengan mengubah energi kinetik dari gerakan suspensi menjadi energy panas yang dapat dihamburkna melalui cairan hidrolik.

Nah sobat semua, di dalma menjalankan fungsinya yang tergolong penting dan vital tersebut, tentunya ada beberapa komponen yang membantunya untuk menjalankan fungsi tersebut, yang mana satu dengan yang lainnya saling memiliki hubungan dan keterkaitan.

Komponen Shockbreaker Depan Mobil Dan Fungsinya

Adapun beberapa komponen shockbreaker deapn mobil beserta fungsinya antara lain adalah sebagia berikut :

1. Slider Garpu

Komponen shockbreaker depan mobil yang pertama adalah slider garpu. Komponen yang satu ini merupakan piranti yang berfungsi sebagai rumah atau casing dari semua komponen shockbreaker depan pada mobil anda. Selain itu, komponen shockbreaker yang satu ini juag berfungsi sebagai wadah dari minyak shockbreaker itu sendiri.

2. Seal Oli

Komponen shockbreaker depan mobil yang kedua adalah seal oli. Komponen yang satu ini merupakan salah satu komponen dari shockbreaker yang berfungi untuk menjaga minyak shockbreaker tersebut agar tidak keluar dari slider garpu. Namun meski demikian bukan berarti tidak akan pernah mengalamai kebocoran ya sobat, ada kalanya sela oli tersebut mengalami keausan sehingga menyebabkan oli tersebut alan bocor dari slider garpu tersebut.

Sponsors Link

3. Cincin Stopper

Komponen shockbreaker depan mobil yang ketiga adalah cincin stopper. Komponen yang satu ini berfungsi untuk menahna agar seal oli tidak bergerak keatas, atau agar posisnya tepar pada yang seharusnya.

4. Seal Debu

Komponen shockbreaker depan mobil yang keempat adalah seal debu. Komponen shockbreaker yang satu ini merupakan komponen yang berfungsi untuk menjga debu agar tidak masuk ke dalam slider garpu. Sebab jika terkena debu, akan berpotenis membuat slider garpu tersebut menjadi lecet dan akan cepat mengalami keausan.

ads

5. Tabung Garpu

Komponen shockbreaker depan mobil yang kelima adalah tabung garpu. Adapun komponen tabung garpu ini berfungsi untuk membuat sekat atau ruang antara slider garpu dan ruang di dalam tabung dan runag di dalam garpu tabung tersebut.

6. Tolak Garpu

Komponen shockbreaker depan mobil yang ke enam adalah tolak garpu. Jika ada tabung garpu maka ada juga tolak garpu ya sobat. Adapun komponen ini berfungsi sebagai piston yang membagi ruang antara di  bawah torak garpu begitupun di atas torak garpu.

Dengan kondisi seperti ini, minyak ada shock akan berpindah dari ruang di bawah torak garpu menunju ruang atas torak garpu tersebut, dan begitupun dengan sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk meredam gaya oksilasi dari pegas garpu dan pegas reaksi.

7. Pegas Reaksi

Komponen shockbreaker depan mobil yang ke tujuh adalah pegas reaksi. Pegas reaksi yang satu ini merupakan piranti dalam shockbreaker yang berfungsi untuk menerima atau meredam kejutan dari roda. Pegas ini nantinya yang pertama kali menerima kejutan dari roda apabila terdapat jalan yang tidak rata.

Cara Perawatan Komponen Shockbreaker Depan Mobil

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk merawat komponen shockbreaker depan mobil anda agar awet antara lain :

  • Apabila menemukan atau melewati jalanan yang tidak rata, sebaiknya anda melewatinya perlahan ya sobat, agar tidak terjadi benturan yang bbisa merusak komponen shockbreaker depan mobil anda.
  • Lakukan pengecekan secara rutin dan berkala pada semua komponen shockbreaker depan mobil anda agar anda bisa mendeteksi apabila terjadi kerusakan, sehingga anda bisa mengambil langkah perbaikan.
Sponsors Link

Sekian informasi mengenai komponen shockbreaker depan mobil yang bisa penulis sajikan buat sobat semua dalam postingan kali ini, semoga bermanfaat ya sobat. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil