Sponsors Link

Tanda Airbag Mobil Bekas Sudah Mengembang, Yuk Simak

Sponsors Link

Ketika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, salah satu fitur yang dapat menipu anda adalah airbag yang sudah mengembang. Karena ketika anda membeli mobil bekas tentu perlu pemeriksaan teliti supaya tidak tertipu dikemudian hari.

ads

Karena sampai sekarang kecelakaan ketika berkendara masih menjadi salah satu penyebab kematian. Fitur keselamatan merupakan salah satu hal yang menjadi fokus seluruh produsen mobil.

Oleh sebab itu, para pabrikan mobil berusaha untuk memberikan keselamatan yang terbaik pada mobilnya demi menjaga keselamatan bagi para penggunanya.

Dan dengan adanya fitur keselamatan juga dapat menjadi nilai lebih bagi calon konsumen ketika akan membeli mobil. Saat ini telah banyak fitur keamanan yang bisa kita jumpai pada mobil.

Airbag atau kantong udara mempunyai fungsi untuk melindungi pengemudi dan juga penumpang ketika terjadi tabrakan. Dan pada umumnya airbag tersebut diletakkan pada bagian kemudi dan juga dasbor.

Tetapi yang masih disayangkan, yaitu tidak semua pemilik mobil paham tentang prinsip kerja dari fitur keselamatan tersebut. Karena masih banyak yang beranggapan airbag merupakan bantalan udara yang empuk yang dapat mengembang ketika terjadi kecelakaan.

Padahal sebenarnya tekanan udara yang dikeluarkan airbag ketika sedang mengembang dengan sangat keras dan juga cepat, sehingga pengendara akan merasa deperti dihantam.

Anda juga perlu memeriksa kondisi airbag yang terdapat pada kendaraan, sebagai pemilik mobil. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, berikut tips yang dapat anda lakukan untuk memeriksa fungsi airbag:

1.Memeriksa fungsi airbag

Terdapat lampu indikator yang terletak di dasbor dan spidometer, pada kendaraan yang telah dibekali dengan airbag. Ketika mobil dinyalakan, lampu indikator tersebut tersebut akan hidup, apabila terdapat masalah pada system kantong udara melalui lampu ini, pengguna dapat memeriksa masalah tersebut. Yaitu dengan mencermati jumlah kedipan yang merupakan kode. Berikut arti dari kode tersebut:

  • Kode 12 : Menandakan bahwa voltase baterai lemah, dan lampu indikator berkedip sebanyak 12 kali
  • Kode 13 : Terdapat korsleting atau masalah pada papan sirkuit airbag, dan lampu indikator akan berkedip sebanyak 13 kali
  • Kode 14 : Menandakan bahwa terdapat masalah pada sensor benturan, lampu indikator akan berkedip sebanyak 14 kali
  • Kode 21 : Perangkat airbag atau kantong udara tidak terpasang dengan benar, dan lampu indikator akan berkedip 21 kali
  • Kode 22 : Sensor benturan tidak dapat berfungsi karena voltase baterai lemah, dan lampu indikator akan berkedip 22 kali
  • Kode 23 : Terdapat masalah pada sirkuit sensor benturan, lampu indikator akan berkedip sebanyak 23 kali
Sponsors Link

2. Syarat-Syarat airbag mengembang

Apabila mobil hanya digunakan oleh satu orang (pengemudi) saja, maka ketika terjadi kecelakaan airbag akan mengembang di tempat pengemudi saja. Karena system airbag dapat mendeteksi lokasi penumpang. 

Untuk beberapa merk mobil, airbag dapat mengembang ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan pada kecepatan 12 km/jam. Karena kecepatan mobil ketika terjadi tabrakan minimal 22 km/jam.

Airbag pada bagian dasbor maupun kemudi tidak akan mengembang apabila arah benturan berasal dari samping kendaraan atau mobil terguling. Karena kantong udara akan mengembang sesuai dengan arah benturan. teknologi airbag external pada mobil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Jangan sembarang utak atik system kelistrikan

Bagi pengguna mobil yang ingin melakukan pergantian atau modifikasi system audio, seringkali utak atik sistem kelistrikan pada mobil. Karena jika dilakukan oleh yang bukan teknisi yang tepat, akan ditakutkan ketika instalasi audio bisa mengganggu rangkaian kabel kantung udara, yang akan berakibat membuat airbag lumpuh.

Agar anda tidak tertipu ketika membeli mobil bekas, berikut tips tanda airbag mobil bekas sudah mengembang.

  • Melihat Fisik Dasbor

Sepintar-pintarnya bengkel mereparasi dasbor yang pecah karena airbag keluar, pasti hasilnya tidak akan seperti pada saat diproduksi pertama kalinya. Cara yang paling mudah melihat apakah airbag mobil bekas sudah mengembang adalah melalui fisik dari dasbor yang terisi oleh airbag.

Apabila dasbor tersebut telah dilakukan reparasi akan memiliki tekstur yang berbeda dengan area yang berada di sekitarnya. Dan tentunya anda butuh ketelitian dalam memeriksa airbag mobil bekas yang sudah mengembang pada fisik dasbor.

  • Indikator Airbag

Untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan airbag, akan terdapat indikator di panel instrument. Dan ketika sedang dalam kondisi yang normal, indikator tersebut akan menyala ketika kunci diposisikan di ACC. Maka cukup dengan posisikan kunci di ACC, dan semua indikator akan menyala dan ketika saat itulah anda perhatikan indikator airbag menyala atau tidak.

Jika tidak ada, kemungkinan ada airbag mobil bekas yang sudah mengembang. Tetapi biasanya pedagang mobil bekas yang nakal, akan mematikan indikator airbag tersebut, sehingga tidak akan memberikan isyarat dan bisa jadi airbag mobil bekas sudah mengembang.

Sponsors Link

  • Cek Ruang mesin

Setelah mobil mengalami benturan yang keras pada bagian depan, airbag tersebut akan keluar seketika. Dan pastinya untuk bagian depan seperti bumper hingga sasis dapat mengalami kerusakan.

Untuk sasis tersebut, bengkel body repair pun tidak akan bisa mengembalikan ke kondisi normal. Anda bisa melihat bagian sasis pada ruang mesin, apakah terdapat tanda-tanda seperti pengecatan ulang ataupun lelukakan bekas terkena benturan. Apabila ada, maka bisa jadi airbag mobil bekas sudah mengembang.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil