Sponsors Link

Teknologi Airbag External Pada Mobil Ini Perlu Diketahui

Sponsors Link

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, tentunya ada begitu banyak jenis perbedaan yang terdapat pada bidang atau dunia otomotif. Hal ini tentunya dikarenakan seiring perkembangan zaman dan teknologi, maka inovasi jugu harus ditingkatkan dalam dunia otomotif tersebut yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kecanggihan dari setiap produk yang diciptakan dalam benda otomotif, sebut saja seperti mobil tersebut.

ads

Semua fitur – fitur yang ada dalam mobil tersebut selain memang canggih juga tentunya bertujuan untuk menciptakan nilai lebih atau “added value“  pada kendaraan yang diciptakan tersebut agar setiap mobil mobil yang diciptakan mampu bersaing dengan mobil yang lainnya, sehingga akan tetap eksis di dunia otomotif serta pasar otomotif.

Salah satu teknologi yang kini sudah banyak diperbincangkan oleh mereka pecinta pecinta otomotif adalah mengenai hadirnya  teknologi airbag external pada mobil.

Jika selama ini kita hanya mengetahu adanya airbag pada kabin mobil, maka kini akan muncul teknologi baru yang diklaim akan segera release atau diluncurkan. Lantas seperti apa teknologi airbag eksternal  pada mobil tersebut, berikut ini penulis akan menyajikannya untuk ada.  Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Sih Airbag Itu?

Sobat semua tentunya sudah mengetahui ya sobat, bahwasannya airbag ini merupakan salah satu komponen keselamatan yang wajib ada di mobil kita yang mana airbag ini berfungsi untuk mencegah pengemudi dan penumpang menghantam interior mobil anda dan juga tentunya pengemudinya pada saat terjadi kecelakaan. 

Dimana saat terjadi potensi kecelakaan, maka seatbelt mobil dan juga airbag tersebut akan saling bekerja sama untuk mendeteksi potensi bahaya yang akan terjadi.

Sehingga sensor akan menyala dan pada saat ini juga airbag tersebut akan mengembang untuk menjaga keamanan anda, sehingga bukan hanya kabin mobil anda saja yang terlindungi namun juga akan berperan melindungi anda. Oleh karena itulah sobat, airbag ini sangat penting fungsi dan peranannya untuk anda dan mobil anda.

2. Fakta Mengenai Teknologi Airbag External Pada Mobil

Seiring dengan perkembangan yang ada, maka akan terjadi pula evolusi pada setiap aspek dalam hidup kita, dan salah satunya adalah dalam aspek otomotif.

Dan salah satu aspek dalam otomotif tersebut yang mengalami evolusi tersebut adalah pada aspek airbag, yang mana kini airbag tersebut  sudah mengembangkan kantung udara atau yang sering kita kenal dengan airbag, yakn airbag eksternal pada mobil tersebut.

Hal ini tentunya bertujuan utuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan para penumpang, sehingga penting bagi anda untuk mengenal lebih dekat dengan fitur yang satu ini.

Sponsors Link

Sesuai dengan namanya, airbag external tersebut dirancang untuk mengembang di sisi luar mobil anda. Yang mana airbag ini akan keluar dari side sill, yang mana akan keluar bagai bantalan hingga menutupi pintu.

Gunanya sendiri adalah untuk melindungi area terbuka pada saat terjadi tabrak samping. Namun tentunya caranya akan berbeda dengan airbag interior secara umum, dimana kantung udara tidak akan mengembang pada saat atau sesudah terjadi benturan. Mengapa demikian? Berikut ini penulis sajikan ulasannya untuk anda.

3. Cara Kerja Airbag External Pada Mobil

Adapun airbag ini akan menggunakan ZF radar, kamera, dan juga sensor LiDAR yang akan aktif memantau sekeliling mobil, dan radar ini juga akan bertugas mengukur jarak objek yang akan berpotesi menabrak.

Namun kamera yang sudah tersemat dalam teknologi ini akan mampu mendeteksinya secara cepat, sehingga tidak akan terjadi kecelakaan. Selain itu, sensor LiDAR ini  juga akan digunakan untuk membuat detail peta tiga dimensi, pada wilayah samping kendaraan. cara atasi aquaplaning bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

4. Bagaimana Cara Sensor Tersebut Bekerja

Ketika adanya potensi kecelakaan dan sensor mendeteksinya, maka kecelakaan akan bisa dihidari. Dan dalam waktu yang cepat, airbag dalam mobil anda akan dengan cepat mengembang kurang dari 100 milidetik. 

Kantung tersebut akan terbentuk seperti balon, yang akan bertidak untuk menyerap energi benturan sehingga tidak akan sampai menghancurakn pintu atau body mobil anda yang lainnya. 

Hal ini dilansir berdasarkan hasil tes internal ZF, dimana dampak dari kecelakaan tersebut kedalam kabin berkurang hingga 30 persen yang juga mengurangi tingakt cedera penumpang sampai 40 persen.

Namun yang sering jadi pertanyaan adalah  apakah pemasangan ainbar external tersebut mudah dalam pemasanganya? Karena tentunya akan melibatkan penempatan beberapa komponen di dalamnya, sebut saja seperti penempatan modul, inflator, sensor dan juga design side sill, yang baru merubah banyak rancangan pada mobil khsusnya pada body mobil bagian  external. 

Namun kini, sudah ada temuan yang baru yakni membuat sensor dengan tugas ganda atau fitur safety yang lainnya. Dan hal yang juga penting untuk anda perhatikan adalah bahwasanya pengunaan airbag external ini akan meningkatkan keselamatan anda.

Sponsors Link

Sekian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda  pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin meng update informasinya mengenai airbag internal tersebut. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan di atas. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil