Sponsors Link

Tips Aman Menggunakan Smartphone Saat Mengemudikan Mobil, Yuk Simak

Idealnya pada saat berkendara atau katakanlah saat kita menyetir, memang seharusnya kita tidak boleh sambil menggunakan smartphone  karena akan berdampak buruk pada keselamatan kita pada saat berkendara tersebut.

Oleh karena itulah sangat tidak disarankan atau bahkan dilarang anda menggunakan smartphone saat anda sedang berkendara. Padahal pada saat kita sedang berkendara, terkadang ada saja sesuatu hal  yang mengharuskan kita untuk menggunakan smartphone tersebut meski sedang dalam kondisi menyetir. 

Sebut saja pada saat kita mendapat telepon, entah itu dari keluarga, dari rekan kerja, dari atasan, dari kekasih yang mana hal tersebut mengharuskan kita untuk mengangkat telepon tersebut meski sedang berkendara.

Hal seperti  ini baiknya anda jangan lakukan ya sobat karena akan sangat berbahaya pada keselamatan anda maupun pengendara yang lainnya yang berada di jalur lalu lintas tersebut dan tak terkecuali  para pejalan kaki.

Namun oleh karena kebutuhan akan update informasi tersebut tentunya komunikasi sangatlkah kita perlukan meski sedang dalam perjalanan dan sedang dalam kondisi menyetir.

Namun untuk menghindari atau mnegurnagi resiko kecelakaan, lantas apa saja tips aman menggunakan smartphone saat mengemudikan mobil tersebut? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Tips Aman Menggunakan Smartphone Saat Mengemudikan Mobil

Berikut ini adalah solusi aman untuk anda pada saat akan menggunakan smartphone saat mengemudikan mobil sekalipun. Antara lain adalah sebagai berikut :

  • Menepi Dipinggir Jalan Lebih  Baik

Langkah yang  paling efektif dan paling aman pada saat anda  akan menggunakan smartphone pada saat menyetir , sebut saja seperti pada saat anda akan menerima telepon. Maka baiknya anda menepi terlebih dahulu ke  pinggir jalan, sehingga anda bisa berkomunikas secara lancar. 

Namun pada saat akan menepi tersebut, perhatikan rabu rambu lalu lintas  yang ada  di sekitar anda, apakah anda rambu yang menyatakan tidak bisa berhenti atau tidak.

Jika memang tak ada rambu yang mengisiaratkannya, baiknya anda  menepi saja dam berkomunikasi baru melanjutkan perjalanan kembali. Mungkin hanya sedikit saja orang yang melakukan hal ini karena dirasa kurang efisien dalam segi waktu, belum lagi ketika kondisi perjalanan yang sedang  padat, sehingga mengharuskan kita untuk berpacu pada waktu. 

Namun cara ini adalah salah satu cara yang ter aman untuk anda. Namun anda juga harus memperhatikan kondisi anda akan parkir dimana, jangan sampai anda parkir di daerah yang sepi yang berpotensi mendatangkan tindak kejahatan bagi anda. Carilah tempat yang aman untuk menepi. tips mengemudi mobil di luar kota bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Menggunakan Bluetooth Wireless

Cara yang kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Bluetooth wireless. Cara penggunaan smartphone anda pada saat anda akan melakukan komunikasi atau  pada saat anda akan  angkat telepon adalah dengan menggunakan Bluetooth wireless tersebut. 

Caranya adalah, anda menggunakan atau menempakan smartphone anda pada tempat atau perangkat smartphone yang ada di mobil anda ( biasanya berupa bracket ), dan pada saat anda akan menerima atau menelepon, anda tinggal mengkoneksikanya dengan smartphone anda. 

Dengan cara yang seperti ini, maka anda sebagai pemilik dan  pengguna kendaraan atau lebih spesifiknya adalah pengemudi kendaraan bisa  langsung mengkat telepon tanpa harus memegangnya sambil anda menyetir. Dengan demikian, potensi kecelakaan akan bisa diminimalisasikan. tips melewati jalanan kampung yang sempit bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Menggunakan Perangkat Headset

Anda juga bisa menggunakan headset ini pada saat akan mengangkat telepon saat anda sedang dalam perjalan dan dalam berkendara tentunya.  Dengan menggunakan headset tersebut, anda tinggal menyambungkannya dengan  perangkat smartphone tersebut, sehingga anda bisa tetap menyetir mengunakan dua tangan anda tanpa menghalangi anda bekomunikasi juga tentunya.

Cara ini tergolong cara yang aman, namun anda harus tetap konsentrasi dan fokus pada pengendaraan anda sehingga tak berpotensi menimbulkan kecelakaan.

  • Gunakan Fitur Handsfree

Untuk mobil yang sudah canggih sekarang ini, sudah ada banyak yang menggunakan fitur handsfree yang memudahkan anda bisa  berkomunikasi dengan  baik tanpa menggenggam smartphone anda.

Selain itu fitur handsfree ini juga bisa anda gunakan untuk mendengar musik, sehingga anda akan lebih santai dalam berkomunikasi dengan menggunakannya.

Oleh karena itu sobat, baiknya sobat pasanglah head unit pada mobil anda yang menggunakan fitur handsfree tersebut. Namun meski demikain, hal  yang paling utama adalah keselamatan anda dalam berkendara sehingga mengahruskan anda untuk tetap fokus ke depan.

  • Abaikan Saja

Apabila anda merasa anda tidak bisa melakukan  dua hal dalam satu waktu sekaligus, sebut saja seperti pada saat anda  akan mengangkat telepon, namun disaat yang bersamaan anda juga sedang menyetir, maka baiknya abaikan saja dulu telepon tersebut. Dan pada saat anda sudah tiba dilokasi, barulah anda menelepon balik. Cara  ini sangatlah penting dan salah satunya cara teraman untuk anda.

Sekian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih  kepada anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan menjadi refrensi. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan di atas. Sampai jumpa di lain kesempatan, salam hangat dari penulis

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick