Sponsors Link

Cara Bersihkan Power Amplifier Agar Kualitas Suara Tetap Yahud

Bagi sobat semua pengguna dan pemilik mobil, tentunya kehadiran fitur audio dalam mobil anda sangatlah penting, karena kehadiran audio ini sedikit banyak memberikan hiburan bagi kita untuk menghilangkan jenuh, stress, ngantuk pada saat kita menyetir terutama  pada saat kita melewati  jalanan yang macet yang hampir setiap harinya menjadi hal yang harus kita lalui. 

Namun selain sebagai sarana hiburan, tentunya komponen power audio mobil dalam mobil anda juga bisa anda gunakan dan manfaatkan untuk mengupdate berita apa yang terjadi seharian yang tentuya belum tentu anda dengarkan pada saat anda bekerja seharian di kantor.

Oleh karena itulah, audion ini memiliki peranan yang sangat penting untuk anda  dan bisa kita lihat rata rata mobil  pastinya menggunakan piranti audio ini. penyebab storing pada audio mobil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Berbicara mengenai audio tersebut sobat, salah satu hal yang harus kita perhatikan di dalam piranti tersebut adalah “ amplifier “ yang berfungsi untuk menjadikan suara musik dalam mobil anda terdengar yahud tanpa distorsi.

Amplifier ini sendiri memiliki kegunaan yang cukup signifikan sebagai penguat sinyal daya. Dan fungsi yang lainnya adalah untuk menambah kekuatan daya yakni untuk mendorong subwoofer sehingga bekerja lebih  optimal. 

Amplifier ini sendiri akan memberikan tingkat daya volume yang pas dan  merata sehingga suara akan dihasilkan tanpa adanya efek distorsi jika volume tersebut dibesarkan. 

Hal ini sendiri dikarenakan head unit stereo standar yang ada dalam mobil anda tidak akan memberikan daya lebih besar untuk speaker. Dan  menggunakan speaker komponen aftermarket yang bisa memberikan suara yang sesuai dengan kebutuhan anda adalah salah satu solusi  bagi anda yang membutuhkan suara audio yang yahud tersebut.

Oleh  karena itu sobat, anda sebagai  pemiliki mobil  yang menggunakan audio tersebut  dalam mobil anda, maka baiknya perhatikan dan lakukan perawatan secara berkala pada amplifier mobil anda agar tetap menghasilkan suara yang yahud yang sesuai dengan keinginan anda. 

Dan salah satu cara untuk merawat amplifier tersebut adalah dengan cara membersihkannya dari debu atau kotoran yang lainnya. Lantas, bagaiman cara bersihkan power amplifier agar suara tetap yahud? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Cara Bersihkan Power Amplifier Agar Suara Tetap Yahud

Sobat semua yang memiliki amplifier atau speaker dalam mobilnya pasti juga sering merasa bahwasanya komponen yang satu ini kerap sekali dihnggapi debu atau kotoran yang lainnya sehingga menyebabkan suaranya berkurang.

Oleh karena itu, anda sebagia pemiliknya harus senantisa membersihkan secara berkala untuk memastkan bahwasanya tidak terjadi masalah pada amplifier tersebut. Dan cara bersihkan power amplifier agar suara tetap  yahud, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan Vacum Cleaner

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk membersihkan power amplifier dalam mobil anda adalah dengan menggunakan vacum cleaner. Namun vacum cleaner yang dimaksud dalam hal ini adalah vacum clener yang berukuran kecil yang pas untuk membersihkan power amplifier tersebut. 

Bersihkan secara merata dan secara perlahan agar tak merusak amplifier tersebut dan bersihkan sampai tidak ada sisa. Dengan bantuan vacum cleaner tersebut  maka pembersihannya akan jauh lebih aman dari pada menggunakan kain lap  karena dengan menggunakan vacum cleaner ini tidak langsung mengenai pirantinya. 

Dan untuk bagian celah yang sulit dijangkau anda bisa mengguankan kain khusus yang halus. Selain itu, hal penting lainnya yang juga harus anda perhatikan adalah usaahkan atau jangan sampai anda menyenggol tweeter itu karena jika sampai tersenggol maka membuatnya menjadi rusak karena kabelnya putus. Oleh karena itu, fokus dan kehati hatian sangat dibutuhkan dalam membersihkan power amplifier dalam mobil anda tersebut.

  • Mengunakan Kain Khusus

Cara yang kedua yang bisa anda lakukan untuk membersihkan power amplifier dalam mobil anda adalah dengan menggunakan kain khusus.  Namun kain yang anda gunakan tidak boleh sembarang kain ya sobat, namun haruslah kain yang lembut dan bersih.

Selain itu, jangan sekali kali anda menggunakan kain yang basah  karena hal ini bisa berpotensi air jadi masuk pada power amplifier tersebut sehingga tentunya berdampak pada kerusakan. 

Namun gunakanlah lap yang kering dan juga bersih. Dan jika tweeter yang ada pada audio mobil anda bersifat halus,  maka hati hati dalam membersihkannya dan jangan menggunakan benda keras dan tekanan yang kuat karena bahannya sangat tipis yang rentan dengan kebocoran atau bolong. Oleh karena itu, kehati – hatian perlu anda perhatikan.

  • Menggunakan Kuas Halus

Cara yang ketiga yang bisa anda lakukan untuk membersihkan power amplifier dalam mobil anda adalah dengan menggunakan kuas halus. Bersihkan debu tersebut secara merata dan termasuk pada celah celah yang sulit dijangkau. Namun jika menggunakan kuas pastinya tidak akan ada masalah. Dan pastikan anda membersihkannya jangan dalam kondisi amplifier menyala.

Demikian ulasan mengenai cara bersihkan power amplifier agar suara tetap yahud dalam mobil anda. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi bagi anda. Sampai jumpa, salam hangat dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick