Sponsors Link

Komponen Power Audio Mobil : Penjelasan, Fungsi dan Cara Merawatnya

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, jika mobil kita memiliki suara audio mobil yang bagus tentunya hal ini akan menambah kenyamanan berkendara di mobil kita. Pada saat perjalanan macet, atau pada saat bepergian dengan keluarga tercinta, tentunya akan menambah kehangatan kebersamaan dalam mobil tersebut. Setuju ya sobat.

ads

Oke sobat semua yang terkasih , tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini  kita masih akan membas mengenai otomotif. Nah jika berbicara mengenai otomotif tentunya hal tersebut tidak akan terlepas dari komponen pendukung otomotif tersebut beserta dengan fitur – fitur canggih yang terdapt di dalamnya yang memang memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya namum memiliki tujuan yang sama yakni untuk menunjang keberadaan benda atau barang otomotif tersebut agar tampak lebih keren dan elegan.

Adapun materi atau topik pembahasan kita kali ini yakni mengenai komponen power audio mobil. Bagi sobat semua yang memang senang akan keberadaan audio serta sering melakukan modifikasi pada audio  mobilnya tentunya hal ini bukanlah suatu yang baru bagi anda ya sobat.

Komponen Power Audio Mobil

Namun untuk menambah wawasan anda tidak ada salahnya jika sobat menyimak ulasan anda agar pemahaman anda semakin bertambah mengenai komponen tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Adapun komponen power audio mobil tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tape Mobil / CD Player

Komponen power audio mobil yang pertama adalah tape mobil atau CD player. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, komponen yang satu ini banyak kita temukan di toko –  toko penjual alat elektronik. Adapun komponen yang satu ini merupakan main komponen pada komponen power audio mobil anda. Pada saat akan membeli komponen ini sebaiknya beli lah di toko yang resmi ya sobat, yang menggunakan kartu garansi.

2. Power Amplifier

Komponen power audio mobil yang kedua adalah power amplifier. Ada begitu banyak sekali macam prosuk seperti ini yang bisa anda temukan di pasaran. Anda bisa tentunya memilih dan membeli yag sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Akan tetapi ada baiknya jika sobat semua membeli tipe yang memiliki fasilitas out put display untuk dihubungkan ke layar serta membuat remot yang bisa menghidupkan power amplifier ketika dihidupkan. Adapun fungsi komponen yang satu ini adalah untuk memberi daya yang besar untuk mendorong kinerja subwoofer dan speaker system dalam mobil anda.

3. Speaker Sound System

Komponen power audio mobil yang ketiga adalah speaker sound system. Apabila anda ingin membeli dan menggunakan speaker sound system ini sebaiknya pilihlah speaker yang bisa menerima frekuensi rendah hingga nada medium agar enak didengar nantinya.

Sponsors Link

Adapun komponen yang satu ini berfungsi untuk mengolah sinyal suara dan menigkatkan level suara sehingga terjadi kelipatn gain suara yang kemudian akan diterjemahkan atau di salurkan ke bagian lounspeaker sehingga terdengar kemabli oleh telinga dengan kekuatan yang semakin meningkat.

4. Horn

Komponen power audio mobil yang ke empat adalah horn. Kompoen yang satu ini merupakan komponen dar speaker yang di produksi khusus untuk memproduksi sinyal audio pada range gelombang frekuensi manusia. Komponen yang satu ini tergolong penting fungsinya pada power audio mobil anda ya sobat. Hanya untuk memberikan masukan aja nih sobat, ada baiknya horn ini anda letakkan di bagian dashboard saja.

ads

5. Kabel dan Jack Audio

Komponen power audio mobil yang kelima adalah kabel dan jak audio. Adapun beberapa jenis kabel yang anda butuhkan untuk kelengakapan komponen power audio mobil anda. Kabel yang dimaksud antara lain :

  • Kabel penghubung ke speaker
  • Kabel sinyal untuk perangkat ke input
  • Jack RCA yang digunakan untuk mengkoneksikan streo player dan power amplifier yang bertugas untuk memadu padankan kabel dan perangkat komponen tersebut sehingga menjadi komponen pendukung power audio mobil tersebut.

6. Layar Display

Komponen power audio mobil yang keenam adalah layar display. Nah sobat semua, komponen yang satu ini merupakan komponen yag berfungsi untuk memperlihatkan audio yang sedang anda putar ke layar display tersebut.

7. Capasitor

Komponen power audio mobil yang ke tujuh adalah capasitor. Ketika komponen power audio mobil anda dipakasakan untuk memainkan atau mengeluarkan nada rendah atau bass, maka sudah pasti akan membutuhkan daya lebih yang berdampak pada tersedotnya daya yang banyak pada mobil anda. Nah sobat semua, komponen capasitor inilah yang bertugas untuk mengatur keseimbangan daya tersebut agar tidak terjadi kerusakan pada komponen [ower audio tersebut.

Cara Perawatan Power Audio Mobil

Cara perawatan yang bisa anda lalukan bisa dengan cara yang sederhana sobat. Cara sederahana yang dimaksud dapat berupa cara pemakaian dari power audio mobil anda. Selain itu, lakukan pengecekan secara berkala terhadap semua komponen power audio tersebut agar bisa mendeteksi kerusakan sejak awal.

Oke sobat semua, sekian informasi mengenai komponen power audio mobil yang bisa penulis sajikan buat sobat semua dakam kesempatan kali ini. Terima kasih bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil