Sponsors Link

5 Penyebab Mobil Boros BBM Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Mobil sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat kini yang memiliki aktivitas yang cukup padat. Dengan adanya mobil, tentu saja akan semakin mudah melakukan berbagai macam aktivitas dalam dimanapun dan kapanpun. Tak heran jika banyak orang yang memilih mobil yang memiliki konsumsi bahan bakar irit. Sehingga tidak memboroskan biaya pengeluaran untuk bahan bakar. Apalagi ditambah dengan teknologi-teknologi baru yang disematkan dalam mobil seperti electronic fuel injection  yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin irit. Namun  bagaimana jika konsumsi bahan bakar mobil paling irit BBM yang anda miliki tiba-tiba menjadi boros? Lantas apakah yang menjadi penyebab mobil boros BBM ini? Berikut ini penjelasannya.

ads

1. Filter Udara Yang Mampet

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi mengapa mobil boros BBM adalah kondisi filter udara yang mampet. Filter udara adalah komponen yang bertugas menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Sehingga hanya udara saja lah yang dapat menembus ke dalam lapisan filter ini. Namun jika terdapat debu yang terbawa oleh udara masuk dan menempel pada permukaan filter, maka akan menyebabkan penimbunan debu dalam waktu yang lama.

Hal ini akan menganggu kelancaran pasokan udara sehingga membuat kerja mesin semakin berat. Akibatnya tentu saja bensin akan terasa lebih cepat habis. Kondisi ini pula yang menjadi penyebab tenaga mesin mobil ngempos. Untuk mengatasinya tentu saja anda harus membersihkan filter udara tersebut. Gunakan air bertekanan untuk membuat debu-debu yang menempel bisa bersih.

2. Mesin Yang Berkerak

Kerak yang menempel pada mesin mobil dapat membuat peforma mobil menjadi berkurang. Hal ini karena volume pada ruang bahan bakar menjadi menurun dan berdampak pada tenaga mesin yang dikeluarkan. Akibatnya tentu saja konsumsi bensin akan semakin boros. Untuk itu anda harus mencari cara membersihkan karat mesin sehingga tidak menganggu kinerja mesin mobil anda.

3. Sering Menyalakan AC Pada Suhu Yang Terlalu Dingin

AC mobil menjadi hal yang sangat penting saat berkendara, terutama jika kondisi cuaca sedang panas-panasnya. Sehingga tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan AC mobil ini untuk “ngadem” meskipun mobil tidak sedang dikendarai. AC mobil yang dinyalakan terlalu sering apalagi dalam kondisi suhu yang dingin akan menyebabkan konsumsi bensin yang boros jika digunakan terus menerus.

Saat anda menyalakan AC mobil, maka kompresor AC akan berputar untuk memompa refrigerant. Tentua saja daya yang digunakan kompresor AC ini tidak sedikit, apalagi jika suhu yang dinyalakan terlalu dingin.  Hal ini lah yang membuat tenaga mobil akan terbagi ke bagian kompresor. Sehingga anda perlu menekan pedal gas yang lebih dalam saat sedang berkendara.

4. Kampas Kopling Selip

Kampas kopling mobil yang selip dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada proses power train dari mesin menuju sistem transmisi. Sehingga RPM mesin tidak etrsalurkan dengan baik. Untuk itu cobalah untuk mengecek kondisi kampas kopling mobil anda. Jika memang terjadi selip, maka solusinya adalah mengganti dengan yang baru.

Sponsors Link

5. Oli Matic Belum Diganti

Bagi anda pengguna mobil matic yang tiba-tiba merasakan konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi semakin boros, cobalah untuk mengecek kondisi oli matic anda. Ketika kondisi oli transmisi sudah tidak baik, maka dapat menimbulkan berbagai masalah salah satunya yaitu konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Sehingga rutinlah mengganti oli matic mobil anda tepat waktu dan gunakan oli mobil terbaik dan berkualitas.

Nah itu tadi beberapa penyebab mobil boros BBM yang perlu anda ketahui dan bagaimana cara mengatasinya. Jangan biarkan kondisi seperti ini terjadi terus menerus pada mobil anda. Tidak hanya membuat mobil semakin boros namun juga membuat peforma mobil menjadi menurun. Selain itu lakukan pengecekan rutin di bengkel service mobil sehingga dapat mendeteksi dini jika terdapat kerusakan pada mobil anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis