Sponsors Link

3 Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

AC mobil merupakan komponen yang keberadaannya cukup penting dalam sebuah mobil. Adanya AC mobil membuat berkendara semakin nyaman apalagi jika cuaca di luar mobil sedang panas-panasnya. Karena fungsinya yang cukup penting, maka sebagai pemilik mobil sangat diharuskan untuk mengetahui cara merawat ac mobil yang baik. Jika AC mobil tidak dirawat dengan baik, maka tentu saja akan menyebabkan kondisi AC bermasalah dan menimbulkan berbagai kerusakan pada komponen AC mobil.

ads

Meskipun kerusakan AC mobil tidak menganggu peforma kendaraan anda. Namun AC mobil yang rusak tentu saja akan membuat berkendara tidak nyaman. Salah satu masalah yang sering terjadi pada AC mobil yang tidak dirawat adalah AC mobil menjadi bau tidak sedap. Dan hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan di dalam kabin mobil. Ada banyak penyebab AC mobil bau yang perlu anda ketahui di bawah ini.

1. Kesalahan Dalam Memilih Pewangi Mobil

Jika kondisi AC mobil yang bau terjadi pada mobil anda yang masih baru, maka cobalah cek pewangi mobil yang anda gunakan. Biasanya kesalahan dalam memilih parfum mobil menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap. Parfum yang memiliki kualitas rendah biasanya akan sangat sulit dibersihkan saat masuk ke dalam evaporator AC mobil. Karena parfum akan menempel dan mengendap di dalamnya sehingga tak heran jika AC mobil menjadi bau apek. Untuk itu lah pilih parfumm mobil alami dan netral untuk mobil anda.

2. AC Mobil Tidak Pernah Dibersihkan

Penyebab lainnya mengapa AC mobil mengeluarkan bau yang kurang sedap dikarenakan pemilik mobil tidak pernah membersihkan AC mobil. Debu dan kotoran yang ada di dalam kabin mobil dapat mengotori filter dan evaporator AC mobil. Debu dan kotoran ini nantinya akan bercampur dengan air yang membuat tumbuhnya jamur, dan hal ini lah yang kemudian menyebabkan bau apek pada kabin mobil.

Sehingga selalu perhatikan kondisi Ac mobil anda, bersihkan secara rutin agar tidak ada kotoran dan debu yang menempel yang membuat udara yang dihasilkan apek. Untuk membersihkan evaporator, anda bisa menyemprotkan air agar kotoran yang menempel bisa larut terbawa oleh air. Jika anda kurang yakin, anda bisa membawanya ke bengkel khusus yang menawarkan perawatan AC mobil. Selain itu penting pula untuk rajin perawatan interior mobil sehingga tidak ada debu dan kotoran yang menempel pada kabin mobil sehingga nantinya tidak terhirup ke dalam AC mobil.

3. Freon Ac Mobil Habis

Tanpa disadari, freon AC mobil yang habis juga menyebabkan udara pada AC mobil menjadi tidak sedap dan sangat menganggu. Untuk mengatasi masalah ini tentu saja anda harus mengisi ulang freon AC mobil anda. Namun perhatikan, jika freon Ac mobil anda cepat habis, maka terjadi kebocoran pada AC mobil. Segera perbaiki sehingga tidak menganggu kenyamanan anda selama berkendara.

Jika memang kondisi AC mobil tetap bau tidak sedap setelah anda melakukan cara-cara diatas, maka cobalah untuk membawa mobil anda berkendara di daerah yang memiliki udara segar. Nyalakan Ac mobil dan bukalah jendela mobil anda. Kurang lebih lakukan ini selama 10 menit untuk mengeluarkan udara yang tidak sedap dan menggantinya dengan udara sejuk dari alam.

Sponsors Link

Selain itu lakukan langkah pencegahan dengan menggunakan parfum mobil yang memang berkualitas. Jika perlu gunakan parfum alami sehingga tidak membuat AC mobil anda menajdi bermasalah. Jangan lupa pula untuk membersihkan kabin mobil secara rutin dari kotoran, debu, dan sisa-sisa makanan. Cara membersihkan interior mobil bisa anda lakukan satu minggu sekali. Hindari untuk membuka jendela mobil saat AC sedang dinyalakan karena dapat membuat AC kembali bau apek.

Nah itu tadi beberapa penyebab AC mobil bau serta cara mengatasinya. Jangan biarkan kondisi ini terjadi tanpa segera diatasi. Jika memang kondisi AC mobil tidak kunjung membaik, maka segera bawa mobil anda ke bengkel khusus yang menangani AC mobil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis