Sponsors Link

5 Penyebab Lampu Sein Tidak Menyala dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Keberadaan lampu sein memang cukup penting dalam sebuah kendaraan. Fungsi dari lampu belok ini adalah untuk memberikan signal atau tanda untuk mobil lainnya yang berdekatan dengan anda jika mobil anda akan berbelok ke arah tertentu. Selain itu lampu sein juga dapat berfungsi memberi tanda untuk peringatan agar berhati-hati. Sehingga bisa anda bayangkan jika sampai lampu sein ini mati, maka tentu saja anda akan kerepotan saat mengendarai mobil anda. Bahkan keberadaan lampu sein juga menjadi cara mengemudi mobil manual yang aman sehingga terhindar dari resiko tabrakan ataupun kecelakaan. Sehingga jika lampu sein tidak menyala, dapat berakibat fatal ketika berada di jalanan.

ads

Untuk itu lah jika kondisi seperti ini terjadi pada mobil anda, maka segera ketahui penyebab yang mengakibatkan lampu sein tidak dapat bekerja dan segera atasi permasalahan tersebut sehingga tidak beresiko saat anda sedang mengendarai mobil anda.

1. Bohlam Sein Putus

Salah satu penyebab lampu sein tidak menyala dapat disebabkan karena bohlam lampu sein putus. Biasanya ini diiring dengan tanda lampu sein yang berada di dashboard berkedip cepat dibandingkan biasanya. Untuk mengatasi permasalahan ini sangat muda, anda hanya perlu mengganti bohlam lampu sein. Beli bohlam lampu yang memang sesuai dengan tipe mobil anda. Setelah itu bongkar lampu seon dan segera ganti bohlam yang sudah putus tersebut dengan yang baru.

2. Sekring Putus 

Jika lampu sein anda tidak menyala saat tuas sein difungsikan, maka cobalah untuk menegcek pada bagian sekring yang berkaitan dengan lampu sein. Biasanya pada kotak sekring terdapat bacaan petunjuk yang bisa anda ikuti dengan seksama. Sehingga anda tidak salah saat akan mencabut sekring. Jika memang ada kondisi sekring yang terputus, maka segera ganti dengan yang baru sesuai dengan spesifikasi mobil anda.

3. Aki Mati atau Soak

Penyebab lainnya mengapa lampu sein tidak menyala adalah kondisi aki yang memang sudah soak atau mati. Sehingga penting untuk mengetahui tanda aki kering mobil soak pada mobil anda. Cobalah untuk mengecek sambungan kabel pada aki atau kondisi aki mobil. Jika memang tegangan arus yang masuk ke dalam aki berkurang, maka hal ini lah yang menyebabkan sein tidak mau menyala. Meskipun menyala namun tetap diam dan tidak mau berkedip. Untuk mengatasi permasalahan ini maka mau tidak mau anda harus segera mengganti aki mobil anda yang soak tersebut dengan yang baru dan sesuai spesifikasi mobil. Pelajari Tips memilih aki mobil yang berkualitas dan tahan lama.

4. Flasher Sein Mati

Jika semua kondisi sekring masih baik namun lampu sein tetap tidak mau menyala, maka kemungkinan lainnya yang menyebbakan lampu sein tidak menyala terjadi karena flasher sein rusak atau mati. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai saklar otomatis yang berada pada lampu sein yang membuat lampu sein dapat menyala dan berkedip. Cobalah untuk memeriksa pada bagian ini yang terletak dekat kotak sekring. Jika memang terlihat ada bekas terbakar, maka cara mengatasi kerusakan ini adalah dengan mengganti flasher sein dengan yang baru.

Sponsors Link

5. Ada Kabel Yang Putus

Penyebab lainnya mungkin saja disebabkan adanya kabel yang putus. Jika memang terkait masalah kelistrikan, maka akan lebih baik untuk membawa mobil ke bengkel khsuus yang bisa menangani masalah pada sistem kelistrikan. Jika anda sampai salah saat memperbaiki sistem kelistrikan sendiri, maka nantinya malah dapat menyebabkan masalah baru lainnya muncul. Sehingga lebih aman jika di bawa ke bengkel terpercaya.

Nah itu tadi penjelasan mengenai penyebab lampu sein tidak menyala dan cara mengatasinya. Tentu saja kondisi lampu sein yang mati harus segera diperbaiki sehingga tidak menganggu kenyamanan dalam berkendara, terutama di saat malam hari. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis