Sponsors Link

Komponen Motor Induksi Pada Mobil Listrik

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, mobil listrik kini sudah semakin serius dikembangkan di negara kita tercinta Indonesia ini. Mobil listrik tersebut digiring giring bisa menjadi mobil untuk solusi mengatasi polusi udara sepeperti yang sekarang ini kita lihat.

ads

Karena semakin banyak jumlah kendaraan yang beroperasi, tentunya hal ini akan membuat udara semakin tercemar oleh karena gas buang atau emisi dari kendaraan tersebut secara keseluruhan sangtalah tidak baik kebersihan dan kesehatan lingkungan kita setiap harinya. Untuk itulah pemerintah semakin menggerakkan perkembangan mobil listrik ini yang di klaim bisa mengatasi permasalahan kebersihan udara tersebut.

Keseriusan pemerintah dalam hal pengembangan mobil listrik tersebut bukan cuma isapan jempol belaka, namun bisa kita lihat sendiri pada pertengahan Desember 2017 yang lalu, presiden Ir. Joko Widodo  menjajal mobil listrik buatan dari universitas Institut Sepuluh November ( ITS ), yang diberi nama Ezzy.

ITS ini meluncurkan terobosan baru dari anak bangsa yang bertujuan untuk menangani keterbatasan energi yang terbarukan. Adapun mobil listrik itu sendiri sangat identic dengan merek Tesla. Menurut informasi yang ada, diberi nama Tesla oleh karena bentuk dedikasi untuk untuk seorang Nikola Tesla yang telah menemukan motor induksi yang merupakan sebagai komponen listrik pada mobil pengerak dari mobil listrik itu sendiri.

Berbicara mengenai motor induksi pada mobil listrik tersebut sobat, tentunya motor induksi tersebut mempunyai beberapa komponen pendukung di dalamnya, sehingga bisa support untuk mendukung kinerja dari mobil listrik itu sendiri. Berikut ulasan mengenai motor induksi tersebut sebagai refrensi untuk anda.

Apa Itu Motor Induksi?

Adapun motor induksi adalah sebuah komponen penting yang terdapat pada mobil listrik. Adapun motor induksi ini berperan untuk sumber power yang akan mengoperasikan mobil listrik itu sendiri. Atau jika di ibaratkan pada mobil bensin, maka motor induksi ini disebut sebagai komponen piston mobil. Adapun komponen dari motor induksi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Stator

Stator pada motor induksi berperan untuk mencipatkan medan magnet yang berputar atau yang biasa disebut sebagai roating magentik field ( RMF ) pada stator tersebut. Hal ini bisa terjadi oleh karena pada stator tersebut terdapat lilitan logam yang akan menghasilkan arus listrik. Itulah sebabnya stator  tersebut bisa berputar.

2. Rotor

Sementara itu sobat, rotor merupakan komponen yang bertugas untuk menggerakkan stator yang terdapat pada motor indukdi motor tersebut. Atau dengan kata lain, RMF pada motyor induksi tersebutlah yang membuat rotor tersebut menjadi berputar atau bergerak. Jadi bisa disimpulkan, stator adalah komponen yang diam dan rotor adalah komponen yang bergerak.

Nah sobat semua itulah komponen notor induksi pada mobil listrik yang bisa soat semua jadikan sebagai refrensi dan memperluas wawasan.

Selain komponen seperti motor induksi pada mobil listrik tersebut sobat, tentunya masih banyak komponen yang lainnya yang juga turut serat dalam pengoperasian dari mobil listrik tersebut. Adapun komponen yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Sponsors Link

  • Battery

Pada umumnya, battery pada mobil listrik sama fungsinya dengan battery pada mobil berbahan bakar bensin. Adapun fungsi dari battery tersebut antara lain adalah sebagai sumber bahan bakar. Namun, bedanya pada battery mobil listrik, battery ini bisa di isi ulang, sedangkan pada mobil bensin akan habis ketika sesuai pemakaian. Batteru tersebut merupakan sumber tegangan berarus searah ( DC ) .

  • Inverter

Sebelum arus listrik masuk ke motor induksi dari battery  ( seperti yang sudah dijelaskan di atas ), maka arus listrik tersebut harus melalui inverter terlebih dahulu. Adapun tujuannya adalah untuk mengubah DC dari battery menjadi AC yang nantinya akan dihubungkan ke motor induksi. Atau dengan kata lain, inverter ini merupakan otak dari mobil listrik itu sendiri.

  • Gear Box

Pada umumnya, transmisi yang digunakan pada mobil listrik adalah single speed transmission. Artinya adalah hanya ada satu gear yang bekerja pada mobil listrik tersebut. Mobil listrik menggunakan single speed transmission karena disebabkan oleh beberapa faktor, adapun faktor tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Karena motor induksi menghasilkan putaran yang sangat tinggi
  • Karena lebih efisien dengan jarak RPM yang luas

Itulah sobat beberapa komponen penting yang mendukung kinerja atau performa dari mobil listrik tersebut, sehingga anda bisa menggunakannya dengan nyaman.

Sponsors Link

Sebagai tambahan informasi buat anda sobat, adapun cara kerja dari mobil listrik tersebut, yakni battery akan menghasilkan arus searah (  DC )  yang kemudian akan dialirkan ke inventer. Setelah itu, arus yang tadinya searah (  DC ) yang terdapat pada inventer tersebut akan dirubah menjadi arus bolak balik ( AC )  sehingga bisa mengatur besarnya arus yang akan masuk ke motor induksi dan dilanjutkan ke gear box.

Itulah sobat ulasan secara keseluruhan yang bisa penulis sajikan untuk anda mengenai mobil listrik. Semoga ulasan tersebut bermanfaat buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Teknis