Sponsors Link

6 Penyebab Mobil Selalu Jalan Tersendat Sendat

Sponsors Link

Segala sesuatu sebagus dan semahal apapun jika tidak dilakukan pengecekan dan perawatan secara berkala tentunya tidaklah akan bertahan lama atau awet. Setuju ya sobat. Hal ini juga berlaku untuk mobil atau kendaraan yang anda gunakan. Sejatinya dan seperti yang sudah kita  ketahui bersama sobat, tentunya mobil juga membutuhkan pengecekan dan perawatan secara menyeluruh untuk memastikan kondisinya baik-baik saja dan bisa anda gunakan setiap saat.

ads

Karena jika anda tidak melakukan perawatan mobil anda dengan baik dan rutin, maka tentunya akan menyebabkan permasalahan pada mesin khususnya atau pun pada komponen yang lainnya secara keseluruhan. Untuk itulah sobat, perawatan ini sangat penting bukan hanya untuk mendukung performa atau kinerja mesin anda, namun untuk keseluruhan dari mobil anda tersebut.

Salah satu masalah yang sering tejadi pada mobil apabila anda tidak melakukan perawatan secara teratur adalah pada tarikan mobil yang terasa seolah berat dan sepeti mogok. Apabila anda mengendarai mobil dengan kondisi yang seperti ini, tentunya tidak akan nyaman terlebih lagi pada saat anda akan menggunakan mobil tersebut untuk perjalanan jarak jauh. Rasanya mobil tersebut seolah selalu jalan tersendat sendat yang terkadang membuat kita  tidak nyaman.

Lantas apa saja penyebab mobil selalu jalan tersendat sendat yang tentunya sering membuat anda tidak nyaman tersebut? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

1. Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Penyebab yang pertama adalah karena bahan bakar yang tidak sesuai. Pada umumnya sobat, apabila anda menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil tersebut tentunya akan berdampak pada perfoma mobil anda akan tidak maksimal.

Hal ini menyebabkan komponen mesin mobil anda menjadi tersendat sendat yang tentunya bisa mengganggu perjalanan anda. Khusunya pada mesin injeksi, umumnya memiliki perbandingan kompresi yang tinggi yang bisa saja lebih dari 10 : 1, semakin tinggi tingkat kompresi nilai oktan maka BBM yang dibutuhkan juga akan semakin tinggi. Untuk itu sobat, sebaiknya gunakanlah bahan bakar yang sesuai dengan oktan mobil anda untuk menjaga performa mobil anda.

2. Sistem Injeksi Mobil Anda Bermasalah

Penyebab yang kedua adalah sistem injeksi mobil anda bermasalah. Adapun sistem injeksi akan memanfaatkan tenaga bahan bakar agar BBM bisa tersalurkan atau ter suplai kedalam ruang mesin atau ruang pembakaran secara merata.

Apabila terdapat gelembung udara di dalam sistem bahan bakar, maka tekana bahan bakar menjadi tidak stabil, sehingga suplai bahan bakar tersebut akan terputus putus alias tidak lancar. Itulah yang menyebabkan mobil pada saat berjalan akan terasa tersendat sendat atau bahasa kerennya “ mbrebet “ . Adapun masalah seperti ini bisa disebakan karena mobil anda akan kehabisan bensin atau saat penggantian filter bensin pada mobil kesayangan anda.

3. Kerusakan Pada Salah Satu Sensor

Penyebab yang ketiga adalah karena kerusakan pada salah satu sensor mobil anda. Umumnya sobat, pada mesin injeksi ada sensor sensor yang mengatur suplai udara dan juga bahan bakar. Jika salah satu sensor tersebut rusak, tentu data yang dikirimkan ke engine control unit ( ECU ) tersebut tidak akan akurat. Ketika ada masalah pada ECU tersebut, maka sulai bensin tidak akan pas dan mesin akan tersendat sehingga menyebabkan mobil selalu tersendat sendat pada saja jalan.

4. Filter Bahan Bakar yang Kotor

Penyebab yang keempat  adalah karena filter bahan bakar yang kotor. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, filter bahan bakar pada mobil berfungsi untuk menyaring kotoran dari aliran bensin yang hendak menuju ke ruang mesin.

Sponsors Link

Nah sobat, jangan salah mesin injeksi mobil anda akan lebih sensitif dibandingkan dengan mesin yang kenvensional, karena jika terdapat sedikit saja kotoran pada bensin tentunya akan menyumbat injectornya. Dan apabila mobil anda sempat mengalami hal seperti ini, maka pada akhinya, tenaga mesin anda akan menjadi berkurang dan membuat mesin mobil anda menjadi tersendat sendat alias mbrebet yang sering membuat perjalanan anda menjadi tidak nyaman.

5. Busi Mobil Anda Tidak Sesuai Standar

Penyebab yang kelima adalah karena busi mobil anda tidak sesuai standar. Busi merupakan salah satu komponen yang sangat penting perananya pada kendaraan kita. fungsi busi pada mobil tersebut adalah komponen pemercik api yang sangat mempengaruhi kinerja dari mesin mobil anda.

Pada saat percikan api yang dihasilkan oleh busi tersebut kecil, maka akan membuat mesin anda menjadi tersendat.  Untuk itu sobat, apabila performa busi pada mobil anda sekiranya sudah menurun, maka ada baiknya anda segera menggantinya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link

6. Throttle Body Kotor

Penyebab yang keenam adalah throttle body yang kotor. Untuk mobil dengan sistem drive by wire, atau tidak lagi menggunakan kawat gas, maka perhatikan throttle body nya jangan sampai kotor agar mobil anda tidak tersendat.

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sampai jumpa, salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Teknis