Sponsors Link

7 Penyebab Telat Penggantian Filter Udara Pada Mobil

Sponsors Link

Setiap mobil tentunya memiliki berbagai komponen di dalamnya yang memiliki fungsi atau peranan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Namun meski demikian, tentunya komponen tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni untuk mendukung performa mobil anda, sehingga pada saat anda gunakan, anda merasa nyaman karena tidak ditemukan masalah pada komonen atau mobil tersebut secara keseluruhan.

ads

Berbicara mengenai komponen yang terdapat pada mobil tersebut sobat, tentunya setiap komponen yang terdapat pada mobil kita membutuhkan pengecekan dan perawatan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memastikan setipa komponenn tersebut tidak ada masalah, karena jika terdapat masalah, bukan hanya kenyamaan anda yang terganggu, namun juga keselamatan anda akan terancam. Untuk itu sobat, lalukanlah pengecekan dan perawatan secara rutin terhadap komponen mobil anda secara keseluruhan.

Salah satu komponen yang sangat membutuhkan perawatan dan penggantian pada mobil anda adalah seperti filter udara. Filter udara ini merupakan sebuah komponen mesin yang berfungsi untuk menyerap partikel kotoran merukuran micro maupun besar pada mobil anda, agar udara yang masuk dan yang digunakan pada proses pembakaran di ruang mesin mobil anda adalah udara yang bersih dari polutan.

Sehingga pada saat proses pembakaran tidak akan terjadi masalah yang bisa mengganggu kinerja mesin mobil anda. Filter yang memiliki tahanan aliran besar akan menghambat kinejra mesin, namun tentunya akan memiliki daya saring yang banyak. Sebakinya, filter yang memiliki tahanan aliran yang kecil, memiliki daya saring yang rendah. Itulah pentingnya filter udara pada mobil anda tersebut sobat.

Berbicara mengenai perawatan dan penggantian filter udara tersebut, sering kali mereka pemilik mobil lalai untuk mengganti filetr udara pada mobilnya sehingga menyebabkan beberapa hal buruk terhadap mobilnya. Lantas, apa penyebab telatnya penggantian filter udara pada mobil tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Faktor Kelalaian Dalam Pengontrolan

Penyebab yang pertama adalah karena kelalaian tidak mengontrol part atau komponen mana saja yang perlu di ganti atau diservice pada mobilnya. Hal ini sering kali terjadi, sehingga filter udara dalam mobil seseorang sering kali telat diganti, padahal seyogianya sudah seharusnya melakukan penggantian, namun karena kelalaian pada akhirnya akan terlewatkan. Mengingat fungsi filter bahan bakar mobil secara umum sangat penting, faktor kelalaian wajib diperhatikan.

2. Faktor Lupa

Penyebab yang kedua adalah karena kelupaan. Lupa memang wajar dan sering dialami oleh setiap manusia. Nah begitu juga mereka pemiliki mobil, sering kali meluapakan hal ini padahal sudah tau penggantian filter pada mobilnya adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Untuk itu sobat, jika memang anda adalah seorang pelupa, ada baiknya jika anda membaut catatan kecil untuk memastikan anda tidak lupa dalam hal penggantian filter udara dalam mobil anda tersebut.

3. Faktor Biaya

Penyebab yang ketiga adalah karena faktor biaya. Jika sudah berbicara mengenai biaya, tentunya kita tidak akan bisa berbuat banyak. Iya, karena memang faktor biaya juga memegang peranan penting dalam hidup kita. Bukan karena lalai, bukan karena lupa, namun jika karena biaya kita tidak bisa berbuat banyak sehingga menyebabkan filter udara dalam mobil tersebut telat untuk dilakukan penggantian.

4. Faktor Waktu

Penyebab yang keempat adalah karena faktor waktu. Seseorang yang super sibuk, sebut saja seperti wanita karir atau pria kantoran yang sanat sibuk dalam karirnya. Jika mereka memiliki jam terbang yang sangat tinggi untuk pekerjaannya, bisa saja penggantian filter udara dalam mobilya menjadi telat diganti oleh karena kesibukan tiada tara bahkan pada saat weekend sekalipun. Untuk itu sobat, lakukan “ manage timing ‘ yang baik untuk setiap pekerjaan anda.

Itulah sobat beberapa penyebab telatnya penggantian filetr udara pada mobil yang bisa menjadi refrensi untuk anda. Lantas apa saja dampak buruk apabila telat mengganti filter udara tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

Sponsors Link

5. Tarikan Mesin Akan Berkurang

Dampak yang pertama adalah tarikan mesin anda akan berkurang. Hal ini dikarenakan jumlah pasokan udara yang menuju mesin akan terhambat yang disebakan oleh endapan pada permuakaan filter udara pada mobil anda. Sehingga jumlah udara yang masuk ke dalam mesin sedikit, sehingga tenaga mesin akan tertahan.

6. Bahan Bakar Lebih Boros

Dampak yang kedua, adalah bahan bakat mobil anda akan menjadi boros.  Hal ini disebabkan ketika tenaga mesin mobil anda berkurang, maka anda akan memerlukan lebuh banyak waktu untuk sampai ke tujuan yang anda inginkan. Jika mesin anda bekerja lebih lama dengan RPM yang sama,  maka pemakaian bahan bakar juga akan lebih banyak.

7. Mesin Nyedat

Dampak yang ketiga adalah komponen mesin mobil akan nyedat. Ketika saringan udara tidak lagi sanggup menyaring kotoran pada udara, maka kotoran akan bebas masuk kemesin pembakaran mobil anda. Hal ini tentunya akan berdampak buruk pada mesin anda sehingga membuatnya nyedat atau ngadat.

Sponsors Link

Nah sobat semua, sekian ulasan mengenai penyebab telatnya penggantian filter udara pada mobil yang bisa penulis sajikan untuk anda. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya yang lebih menarik. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Teknis