Sponsors Link

3 Penyebab Rusaknya Sensor Kunci Pada Mobil Matic

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, sistem operasional mobil transmisi otomatis tentunya memiliki perbedaan dengan transmisi mobil manual. Meski terlihat lebh mudah menggunakannya jika kita bandingkan dengan transmisi manual, namun anda perlu memiliki pemahaman yang baik akan transmisi otomatis tersebut.  Dalam pengoperasian transmisi mobil otomatis, anda harus serba hati-hati dalam menggunakannya.

ads

Transmisi otomatis ini dinilai lebih ringan dan lebih enteng menggunakannya  terlebih bagi mereka perempuan. Selain itu, transmisi otomatis ini akan lebih bersahabat apabila anda gunakan di daerah yang tergolong sering mengalami kemaceta.

Berikut ini adalah beberapa kemudahan yang diberikan oleh mobil transmisi matic tersebut bagi anda, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pemakaiannya yang tergolong mudah karena memiliki jenis mesin yang matic atau transmisi otomatis, sehingga memudahkan anda sebagai pengendara untuk menggunakannya.
  • Penggunanya tidak terlalu ribet, karena pada mobil matic ini cukup hanya menarik gas saja maka mobil bisa langsung jalan. Berbeda dengan mobil manual yang harus menggunakan kopling mobil untuk mengatur gigi baru mobil tersebut bisa jalan.
  • Pengemudi tidak akan merasa capek yang berlebihan jika menggunakan mobil matic ini karena di dalam mobil hanya menggunakan rem dan gas saja, terutama pada saat kondisi jalanan macet, anda tidak perlu menggunakan kopling sama seperti pada mobil manual.
  • Jalanan yang sepi dan ramai terasa akan biasa saja karena hanya menggunakan gas dan rem mobil saja pada mobil matic tersebut.

Nah sobat semua, itulah beberapa kemudahan dan keuntungan bagi anda yang diberikan oleh mobil transmisi matic tersebut.

Namun meski demikian sobat, bukan berarti mobil transmisi tersebut tidak ada kekurangan. Sebut saja seperti kerusakan sensor kunci, sering kali pada mobil matic tersebut kunci sensornya mengalami kerusakan. Ada banyak faktor yang menyebabkan kerusakan sensor kunci tersebut.

Memang pada umumnya, pemakaian mobil transmisi matci ini tidak bisa digunakan secara kasar atau sembarangan. Namun harus dilakukan dengan cara yang hati-hati. Berikut ini adalah beberapa penyebab rusaknya sensor kunci pada mobil matic. Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot

1. Pemakaian yang Kasar

Penyebab yang pertama adalah karena pemakaian yang kasar oleh si pengguna mobil matic tersebut. Pemakaian yang kasar pada tuas mobil matic akan berpengaruh pada awet atau tidaknya kunci mobil matic anda tersebut. Segala sesuatu memang harunya memiliki aturan pakai ya sobat, begitupun dengan kunci mobil matic tersebut.

Gunakanlah secara perlahan dan halus agar tidak merusak sensor kunci tersebut. Karena jika sudah rusak maka tentunya anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki dan mengganti kunci sensor tersebut.

2. Posisi Tuas yang Tidak Pas

Penyebab yang kedua adalah karena posisi tuas yang tidak pas. Pada umumnya sering kali pengemudi menggunakan atau memposisikan tuas tidak pas pada posisi yang seharusnya. Hal seperti ini sering kali terjadi pada saat seorang pengemudi  hendak  akan memarkirkan mobilnya tersebut.

Idealnya pada saat aqkanparkir hendaknya tuasnya harus diposisikan ke posisi “ P “. Hal ini sering sekali diabaikan oleh mereka pengguna mobil matic tersebut sehingga menekan tombol yang ada pada tuas yang pada akhirnya akan membuat kunci  sensor menjadi rusak. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis dan merek mobil.

Sponsors Link

3. Penempatan Kunci yang Sembarangan

Penyebab yang ketiga adalah karena penempatan kunci yang sembarangan. Pada saat anda menenpatkan kunci sensor mobil anda secara sembarangan, maka hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap keamanan kunci sensor mobil anda.

Sebut saja kunci sensor tersebut kena air atau tidak sengaja yang mengakibatkan kunci tersebut menjadi rusak dan sensornya sudah tidak berfungsi. Hal seperti ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda sehingga anda bisa lebih memperhatikan keamanan kunci tersebut.

Itulah sobat ulasan seputar penyebab rusaknya sensor kunci pada mobil matic yang bisa penulis sajikan untuk anda. Selain itu, kita juga akan membahas mengenai cara perawatan kunci sensor tersebut. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Gunakan Secara Perlahan

Cara yang pertama adalah dengan menggunkan kunci tersebut secara  perlahan. Pada saat anda menggunakan kunci tersebut, maka usahakan anda menggunakan secara perlahan. Jangan sampai kunci tersebut macet kemudian anda mencabutnya dengan cara yang paksa. Hal ini akan berpotensi membuat kunci sensor tersebut menjadi rusak.

  • Gunakan Gantugan Kunci yang Tak Terlalu Berat

Cara yang kedua adalah dengan tidak menggunakna gantungan kunci yang terlalu berat atau terlalu banyak aksesorisnya. Hal ini akan membuat anda kesusahan menggunakan kunci mobil tersebut. Selain kesusahan menggunakanya, hal ini juga akan berpotensi membuat kunci sensor tersebut menjadi rusak.

Sponsors Link

Demikian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini mengenai penyebab rusaknya sensor kunci pada mobil matic. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya sobat dengan ulasan yang lebih menarik lainnya. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Teknis