Sponsors Link

4 Cara Membersihkan Karat Mesin Mobil Simple dan Cepat

Sponsors Link

Karat menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mobil, biasanya karat-karat ini melekat pada bagian-bagian yang berbahan logam pada mobil. Jika sampai karat menggerogoti mobi, tentu saja akan membuat mobil terasa rapuh dan memiliki tampilan yang tidak enak dipandang. Sehingga penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui tips perawatan mobil yang benar sehingga mobil tetap terjaga dengan baik. Karat juga bisa menggerogoti mesin mobil anda dan menyebabkan kerusakan hingga tidak berfungsinya komponen dalam mesin mobil.  Hal ini tentunya sangat membahayakan karena akan menganggu saat anda berkendara di jalanan.

ads

Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab kerak dan karat pada mesin kendaraan? Timbulnya karat pada bagian blok mesin dapat disebabkan karena sisa-sisa oli yang menempel pada komponen mesin dana lama kelamaan berkombinasi dengan debu dan kotoran lainnya yang secara terus menerus membuatnya menjadi kerak atau karat. Dan jika dibiarkan saja maka akan membuat karat menjadi sulit untuk dibersihkan. Selain itu karat juga dapat muncul dikarenakan endapan pada mesin yang berasal dari sisa-sisa pembakaran yang tertumpuk pada injektor bensin dan katup pipa yang membuatnya mempengaruhi sistem pembakaran. Sehingga mengakibatkan mesin tidak dapat bekerja secara maksimal. Karat yang menempel pada mesin kendaraan seringkali membuat peforma mobil menjadi menurun, meskipun usia mobil masih mudah sekalipun.

Karat tidak hanya terjadi pada mobil tua yang bandel saja, namun juga bisa terjadi pada mobil-mobil yang masih baru sekalipun jika tidak dirawat dengan baik. Sebenarnya prinsip menghilangkan karat sama halnya dengan cara menghilangkan karat yang menempel pad abarang-barang berbahan logam lainnya. Bahkan karat ini bisa anda hilangkan dengan cara yang simple dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah anda sekalipun. Nah berikut ini beberapa cara membersihkan karat mesin mobil dengan mudah dan cepat.

1. Menggunakan Cuka

Cara menghilangkan karat mesin mobil yang paling mudah yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan cuka. Asam, terutama asam asetat atau asam sitrat merupakan zat yang cukup ampuh untuk menghilangkan kerak yang menempel pada mesin mobil anda.  Caranya pun sangat mudah dan bisa anda lakukan seperti di bawah ini:

  • Pertama kali bersihkan semua komponen mesin mobil anda, hati-hati jangan sampai mengenai sistem kelistrikan mobil. Anda bisa melindungi sistem kelistrikan dan komponen lainnya yang tidak boleh terkena air terlebih dahulu sebelum melakukan pembersihan.
  • Lakukan pembongkaran pada mesin kendaraan
  • Rendam komponen-komponen yang berkarat dengan air cuka, kurang lebih 1-2 hari.
  • Namun jika karat masih menempel kuat, lakukan perendaman sedikit lebih lama.
  • Setelah itu sikat sedikit hingga bersih
  • Cuci kembali dengan menggunakan pembersih khusus mesin mobil.
  • Perlu diperhatikan karena cairan asam cukup kuat jangan sampai terkena body mobil karena dpaat merusak body mobil.

2. Menggunakan Lemon

Lemon juga dapat anda gunakan sebagai cara membersihkan karat pada mobil dengan cepat dan mudah. Apalagi jika anda membiarkannya bekerja dalam waktu yang lama, maka segala karat-karat yang melekat akan mudah tersingkirkan. Nah berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

  • Terlebih dahulu bersihkan bagian mesin hingga bersih.
  • Taburkan garam di area komponen mesin yang berkarat
  • Setelah itu rendam dengan menggunakan air lemon
  • Diamkan beberapa saat agar lemon dapat bekerja
  • Setelah itu sikat dengan menggunakan bola penggosok alumunium hingga karat-karat terlepas dari komponen mesin
  • Cuci dengan menggunakan shampo khusus dan bilas dengan menggunakan air hingga bersih
  • Jika tidak ada lemon, anda bisa menggunakan alternatif lainnya yaitu jeruk nipis
Sponsors Link

3. Baking Soda

Baking soda juga dapat anda gunakan untuk membersihkan karat yang menempel pada mobil anda. Bahkan dengan baking soda, semua kerak-kerak yang menempel dapat bersih sempurna. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan.

  • Bersihkan bagian mesin terlebih dahulu
  • Rendam  di dalam air baking soda hingga beberapa saat
  • Gunakan sikat khusus untuk menggosok bagian mesin yang berkarat
  • Bilas dengan menggunakan air hingga bersih

4. Menggunakan Pembersih Keramik/oxal zuur

Ada banyak pembersih keramik yang bisa anda pilih di pasaran, namun untuk menggunakan pembersih ini anda harus berhati-hati karena sifat cairannya yang keras. Sehingga gunakan sarung tangan untuk menghindari iritasi kulit. Gunakan cairan tersebut hanya pada blok mesin, jangan sampai terkena bagian cat mobil karena dapat merusak lapisan cat mobil.

  • Bersihkan blok mesin terlebih dahulu agar tidak ada kotoran dan debu yang menemoel
  • Oleskan cairan tersebut pada bagian mesin yang akan dibersihkan
  • Diamkan selama beberapa menit, biasanya akan muncul busa karena proses kimia yang terjadi. Hal ini merupakan hal yang wajar-wajar saja terjadi.
  • Gunakan sikat untuk membersihkan karat hingga bersih
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air.
Sponsors Link

Nah itu tadi 4 cara membersihkan karat mesin mobil dengan mudah hanya dengan bahan-bahan yang ada di rumah anda. Namun jika kondisi karat yang menempel pada mesin mobil anda sudah cukup parah, maka sebaiknya lakukan pengecatan pada mesin mobil. Apalagi jika karat-karat yang menempel terletak di bagian yang sulit dijangkau. Akan tetapi pengecatan ini hanya bertujuan untuk mengaburkan warna dari mesin sehingga warnanya akan terlihat seperti baru namun tetap memiliki permukaan yang sama. Untuk pengecatan mesin mobil tentunya berbeda dengan pengecatan pada body mobil sehingga akan lebih baik untuk menyerahkan kepada teknisi yang sudah ahli.

Selain itu cegah karat anda dengan mencucinya secara rutin. Penting mengetahui cara mencuci mesin mobil yang benar karena banyak penyebab karat muncul karena cara mencuci yang salah. Jaga kebersihan mesin mobil agar terhindar dari kotoran, debu, dan sisa-sisa oli yang menyebabkan munculnya karat pada mesin mobil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick