Sponsors Link

Ini Dia Kelebihan Rem Tangan Elektrik yang Berdesain Simpel Pada Mobil

Sponsors Link

Meski terlihat sederhana dan juga simple, rem tangan elektrik ternyata memiliki banyak kelebihan apabila dibanding dengan rem tangan tuas tarik dan angkat.

ads

Yang dahulunya menggunakan tuas tarik dan berkembang menjadi tuas angkat dan yang terbaru telah tersedia dalam bentuk electronic dan elektrik handbrake.

Dan fitur-fitur mobil masa kini juga turut berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi, termasuk dengan pada piranti keselamatan yang wajib berupa rem tangan.

Rem tangan dapat juga disebut dengan rem parker (Parking Brake) karena lebih banyak digunakan pada saat mobil sedang di parkir. Karena fungsi utama dari hand brake atau rem tangan adalah untuk mengunci roda untuk mencegah mobil bergerak sendiri.

Baik pada saat mesin mobil dalam keadaan hidup maupun dalam keadaan mati. Seiring dengan perkembangan teknologi, rem tangan pada mobil semakin berkembang. dampak penggunaan rem tangan berlebihan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Rem parkir elektronik muncul pada medio 2001 melalui berbagai produsen mobil seperti BMW, Audi, Renault, Jaguar, land Rover, Volkswagen, Mercedes-Benz dan juga sejumlah pabrikan otomotif yang lainnya.

Dan seiring dengan perkembangan kendaraan, rem tangan akan dibuat dalam berbagai versi dan salah satunya rem parkir elektrik alias electronic parking brake (EPB). Dan rem parkir elektronik terdiri dari komponen mekanikal dan juga elektronika yang mempunyai fungsi sebagai penahan kendaraan.

Dan untuk system tersebut memang paling banyak diaplikasikan terhadap mobil-mobil kasta atas. Tetapi kini beberapa kendaraan menegah ke bawah seperti Wuling Motors juga sudah mulai menggunakan fitur EPB. Akan tetapi ada beberapa pengecualian untuk otomatisasi system ini.

Karena, banyak juga kendaraan dengan rem elektronik yang meminta penggunanya melepas rem secara manual. Dan perlu anda ketahui juga, untuk rem tangan akan terus mengunci roda apabila pengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman atau salah satu pintu terbuka.Karena tujuannya adalah untuk keselmatan penghuni kabin.

Bagi drifter keberadaan rem parkir elektrik banyak dikeluhkan, karena untuk menunjang olahraga itu hanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan tuas rem tersebut.

Dan bagi konsumen untuk menunjang mobil drift, biasanya konsumen akan mencari system rem tangan konvensional yang sistemnya begitu responsive untuk mengunci roda belakang.

Karena pada saat tuas rem tangan di tarik, kabel yang terhubung pada bagian kampas tromol atau cakram belakang langsung menjepit kuat, dan juga merilis begitu tidak dibutuhkan lagi.

Sponsors Link

Berikut manfaat dari rem tangan elektrik:

  • Tidak memakan banyak ruang

Desainnya yang berupa tombol dengan tanda huruf P pada bagian konsol tengah dan tidak memerlukan banyak ruang selayaknya tombol-tombol yang lainnya.

Dan ini akan menjadikan ruang kabin menjadi terasa lebih lapang. Rem elektrik ini tidak seperti rem tangan tuas angkat yang memang memerlukan ruang di sebelah jok pengemudi atau rem tangan tuas tarik yang butuh tempat pada bagian bawah dashboard. cara merawat rem tangan mobil bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

  • Lebih nyaman untuk pengemudi

Sangat terasa bedanya apabila dibandingkan dengan rem tangan tuas angkat (dongkrak) dengan rem tangan tuas tarik (batang). Karena untuk rem tangan elektrik dibuat untuk lebih memudahkan bagi pengendara karena system kerjanya yang memang lebih sederhana.

Dan untuk penggunaan yang sederhana dengan jungkit dan tekan menggunakan jari tangan dapat memberikan kenyamanan menjadi lebih bagi para pengemudi.

  • Menunjang focus pengemudi

Untuk focus para pengemudi sekarang sudah tidak perlu lagi ketika memikirkan saat anda harus mengangkat rem tangan terlebih dahulu, karena sudah terdapat auto brake hold yang telah memainkan perannya sebagai rem tangan otomatis yang dapat membuat rem dapat mengunci dengan cara otomatis pada saat mobil berhenti.

Dan hal tersebut akan berbeda dengan rem tangan tuas yang memang membutuhkan skill mumpuni bagi para pengemudi untuk bisa stop and go pada jalan tanjakan.

Karena pada rem tangan elektrik memiliki system auto brake hold, dan system tersebut akan membuat pengemudi menjadi lebih focus untuk berkendara dan tidak perlu khawatir ketika kendaraan akan bergerak mundur saat kendaraan berhenti di tanjakan ataupun turunan sebab auto brake hold secara otomatis akan aktif saat mobil benar-benar berhenti.

  • Pengereman maksimal dan tingkat keamanan tinggi

Apabila dilihat dari sisi keamanan, rem tangan elektrik sangat aman. Pengembangan rem tangan elektrik akan memakan waktu yang tidak sebentar. Dan oleh para insinyur, rem tangan elektrik akan dibuat dengan akurasi kepakeman rem yang memang sangat maksimal.

Untuk fitur ini hanya bisa diaktifkan ketika kendaraan benar-benar berhenti. Rem tangan ini tidak bisa diaktifkan sehingga tidak membahayakan sama sekali, dalam keadaan mobil bergerak.

Apa yang akan terjadi apabila rem tangan elektrik ditarik dalam kecepatan tinggi?

Meskipun sama secara fungsi, kehadiran rem tangan elektrik juga disebut-sebut dapat menghilangkan sedikit unsur kenikmatan serta cutrarasa berkendara.

Apalagi bagi mereka yang memang gemar melakukan drifting. Untuk mobil dengan tuas rem tangan konvensional perlahan mulai ditinggalkan oleh pabrikan otomotif. Dan kini, hampir seluruh produk baru sudah mulai menggunakan rem tangan elektrik.

Sponsors Link

Namun ada juga pabrikan mobil yang menyematkan motor elektrik di belakang untuk menarik kabel rem parkir. Berbeda dengan rem parkir konvensional, rem parkir elektrik menggunakan motor listrik untuk mengoperasikan rem parkir di roda belakang.

Jadi tidak ada lagi mekanis kabel untuk menggerakkan kampas rem, sementara beberapa produsen mobil lainnya menempatkan motor elektrik pada kaliper rem. Sampai jumpa di lain kesempatan dan salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil