Sponsors Link

Ganti Ganti Oli Mobil Beda Merek Amankah

Sponsors Link

Sobat para pecinta otomotif tentunya sudah tidak asing lagi jika kita berbicara mengenai fungsi dan peranan  oli pada mobil anda secara keseluruhan. Oli ini merupakn cairan atau pemlumas yang sangat dibutuhkan oleh kendaraan anda untuk mendukung kinerja dan performa kendaraan anda tentunya.

ads

Oli ini memiliki peranan yang sangat penting terutama pada mesin kendaraan anda. Atau dengan kata lain, jika pemberian atau penggantian oli pada mobil anda terlambat yang mengakibatkan mesin anda menjadi kurang performanya.

Maka bisa dikatakan anda akan mengalami berbagai kendala nantinya. dan bukan hanya itu, kerusakan pada mesin anda beserta komponen yang lainnya tentunya akan menanti anda. Oleh karena itulah oli atau pelumas tersebut sangat berperan penting bagi mobil anda.

Untuk mengetahui lebih jelasnya apa saja peranan atau fungsi oli pada kendaraan anda, yuk sobat langsung saja kita simak ulsan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1. Oli Berfungsi Sebagai Pembersih Mesin

Karena berfungsi sebagai pembersih mesin, maka oli ini sanggup untuk melarutakn kotoran yang ada pada mesin mobil anda. Kotoran  yang terdapat pada mesin tersebut bisa saja berasal dari debu yang masuk melalui sel atau bisa juga kotoran yang terjadi akibat gesekan antara komponen mesin mobil tersebut.

2. Oli Berfungsi Sebagai Pendingin Mesin

Sebagai pendingin mesin merupakan fungsi utama dari oli tersebut. Panas yang dibawa oleh komponen dalam mesin mobil anda, baik itu yang terjadi karena gesekan antara komponen mesin atau hal yang lainnya, namun dengan adanya oli tersebut, maka oli ini akan berperan untuk menjaga mesin tersebut dari over heating atau panas berlebih yang menyebabkan mesin tersebut menjadi lebih cepat rusak.

3. Oli Berfungsi Sebagai Pelumas

Fungsi yang lainnya yang tidak kalah penting dari oli tersebut adalah sebagai pelumas. Dengan adanya oli tersbeut sebagai pelumas, maka komponen –  komponen mesin akan bisa dengan mudah untuk menggerakkan komponen antar kompoen dalam mesin tersebut, sehingga fungsinya akan semakin maksimal.

4. Oli Berfungsi Melindungi Dari Karat

Meski terbuat dari baja dan besi yang berkualitas, namun hal tersebut tidak serta merta membuat kompone dalam mesin mobil anda terbebas dari karat. Namun dengan adanya oli tersebut, maka mesin maupun komponen mesin anda akan terbebas dari karat nantinya.

Sangat peting bukan sobat peranan dan fungsi oli tersbeut pada kendaraan anda? Oleh karena itu penting bagi anda untuk tetap melakukan servi atau ganti oli secara berkala apda mobil anda.

Sponsors Link

Berbicara mengenai pemakaain oli tersebut sobat, ada kalanya mereka pada pemiliki kendaraan tersebut acap kali melakukan atau menggunaan oli secara gonta ganti dengan merek yang berbeda pada mobil atau kendaraannya. Hal ini tentunya memiliki dampak negatif terhadap perfoma mesin mobil anda secara keseluruhan.

Untuk itu sobat, penting bagi anda untuk memastikan terlebih dahulu jenis atau tipe oli yang seperti apa yang sesuai dengan kendaraan anda. Karena kini di pasaran sudah bisa kita temukan jenis oli sintetik maupun non sintetik. Jadi usahakan anda jangan sampai salah menggunakannya apalagi gonta –  ganti oli dengan merek yang berbeda.

ads

Berikut ini adalah dampak ganti –  ganti oli mobil beda merek yang bisa anda jadikan sebagai refrensi. Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

5. Mesin Lebih Cepat Panas

Adapun fungsi utama oli pada kendaran anda adalah untuk menjaga agar suhu pada mesin kendaraan anda tetap stabil dan tidak mengalami overheating yang tentunya bisa merusak mesin anda. Namun sobat, satu hal yang harus anda pahami bahwasanya apabila anda terlalu sering ganti –  ganti oli mesin dengan merek yang berbeda, maka akan membuat mesin anda justru menjadi lebih cepat panas.

Hal ini dikarenakan mungkin sisaan oli yang sebelumnya, apabila terkena dengan cairan yang lain maka akan berdampak menimbulkan panas. Oleh karena itulah, penting bagi anda untuk menggunakan satu jenis oli saja dengan merek yang sama tentunya. Ketahui juga jenis oli mesin pada mobil agar anda lebih paham mengenai penggunaan oli yang tepat.

6. Menimbulkan Endapan Atau Kerak

Hal seperti ini bisa terjadi apabila senyawa yang bercampur dari oli lama ke oli baru dapat menimbukan kerak atau kotoran yang menempel pada komponen –  komponen mesin mobil anda. hal ini tentunya akan berbahaya jika anda biarkan terlalu lama, selain mengurangi performa kendaraan anda, namun juga lama kelamaan akan merusak komponen  mesin mobil anda.

7. Memperpendek Usia Mesin

Hal ini sudah jelas ya sobat, karena seperti yang sudah penulis utarakan diatas, bahwasanya dengan terlalu sering mengganti oli mobil dengan merek yang berbeda, maka akan menimbulkan beberapa masalah pada mobil anda, seperti mesin menjadi lebih cepat panas, atau membuat mesin anda menjadi karatan.

Nah sobat, jika hal ini terjadi maka perlahan tapi pasti usia mesin anda akan lebih cepat aus dari pada yang seharusnya karena berbagai masalah tersebut.

Sponsors Link

Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Kenali kerusakan pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mencoba tips yang penulis berikan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil