Sponsors Link

5 Cara Pengisian Air Aki yang Benar agar Aki Mobil Awet

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, aki merupakan salah satu komponen yang penting dalam mobil.  Aki ini merupakan sebuah alat yang dapat menyimpan energi ( umumnya energi listrik ) dan juga dalam bentuk energi kimia.

ads

Komponen aki atau yang biasanya disebut dengan accu adalah sebuah sel listrik pada sistem kelistrikan pada mobil dimana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia  yang bersifat reversibel ( dapat berbalikan ), serta memiliki efisiensi yang sangat tinggi.

Adapun proses elektrokimia yang terdapat pada aki mobil tersebut adalah bahwasanya di dalam baterai tersebut terdapat berlangsungnya proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik (  proses pengosongan ). Untuk itu, jika anda ingin membelai sebuah komponen penyusun aki mobil, ada baiknya anda mengerti terlebh dahulu akan spesisikasi aki yang cocok untuk mobil anda tersebut.

Untuk mengentahui lebh lanjut mengenai aki tersebut, berikut ini penulis akan menyajikan beberapa fungsi atau peranan aki tersebut pada mobil anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk penyimpanan energi listrik dalam bentuk energi kimia di dalam mobil anda.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk penyumplai engeri ke starter mobil anda. Ketika anda memulai untuk menstarter mobil anda, maka komponen aki inilah yang berperan penting untuk menyulai energi listrik agar mobil anda bisa menyala.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyuplai energi listrik ke sistem pengapian dalam mobil anda. Sistem pengapaon merupakan sistem yang berperan pada saat mobil anda dijalankan, namun agar bisa berjalan sebagai mana mestinya tentunya membutuhkan dukungan aki tersebut.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyuoplai energi listrik ke bagian lampu mobil. Lampu meruoan komponen  sekaligus aksesoris yang sangat penting dalam mobil anda. Agar lampu tersebut bisa menyala dengan sempurna, tentunya membutuhkan aki untuk menyalakannya.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyuplai energi listrik ke AC. Komponen pendingin atau AC merupakan komponen yang sangat kita butuhkan. Dan untuk menjalankan fungsi AC tersebut, maka aki ini akan berperan penting untuk menjalankan fungsinya.

Itulah sobat beberapa fungsi atau peranan aki tersebut dalam mobil anda. Selain mengethaui fungsinya, ada baiknya juga sobat jika anda juga mengetahui cara pengisian air aki ayng benar agar aki mobil anda awet.  Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Sponsors Link

Adapun cara pengisian air  aki yang benar agar aki mobil awet antara lain adalah sebagai berikut :

1. Buka Tutup Seal Aki

Pada saat anda akan mengisi air aki dalam mobil anda, pertama anda harus membukan tutup seal aki tersebut secara perlahan. Biasanya pada tutup aki tersebut, terdapat 6 sela yang harus anda buka satu persatu. Silahkan anda membukan ke enam seal tersebut dengan cara putar ke sebelah kiri hingga mentok dan seal tersebut berhasil di buka.

2. Cek Batas Air Aki

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan pengisian air aki tersebut pada mobil anda, maka sebaiknya anda cek terlebih dahulu seberapa banyak air aki yang anda butuhkan agar tidak terbuan sia – sia nantinya.  Selain itu sobat, hal yang tidak kalah pentung lainnya yang harus anda perhatikan adalah pastikan jenis air aki yang akan anda isi ke aki mobil anda adalah jensi air aki yang sama dengan sisaan yang terdapat dalam aki mobil tersebut.

Dan untuk cara yang lebih aman, sebaiknya anda memebrsihkan terlebih dahulu sisa air aki yang lama baru menambahkan air aki yang baru pada mobil anda. Hal ini juga berfungsi untuk membuat air aki anda awet dalam pemakaiannya.

3. Isi Air Aki

Pada saat anda akan mengisi air aki tersebut, sebelumnya siapkan terleih dahulu corong yang berukuran kira –  kira masuk kedalam lubang sel aki tersebut, karena berfungsi untuk mencega air aki tersebut tumpah pada saat proses pengisian. Tuanglah air aki tersebut sampai pada batas upper atau berada pada posisi full.

4. Pastikan Semua Lubang Seal Terisi Rata

Setelah anda selesai menambahkan air aki pada semua lubang seal aki mobil anda, maka pastikan semua lubang seal pada aki tersebut berisi rata dan sampai garis upper. Pastikan anda memeriksanya dengan baik.

5. Tutup Lobang Seal dengan Rapat

Setelah dipastikan semua sudah terisi sampai pada batas upper semua seal yang ada pada aki mobil anda tersebut, tutuplah kembali lubang aki atau seal tersebut sampai erat. Putar kembali ke posisi sebelah kanan ( pada saat buka putar sebelah kiri, sedangkan menutup kembali putar ke sebelah kanan ).

Setelah benar –  benar tertutup, kini saatnya anda membersiahkan permukaan cover aki tersebut dengan menggunan lap yang bersih untuk memastikan tidak ada air aki yang tercecer di bagian atas aki mobil anda.

Sponsors Link

Nah sobat semua gampang bukan cara pengisian air aki yang benar agar aki mobil awet tersebut. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Kenali kerusakan mobil anda terlebih dahulu sebelum mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa, salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trick