Sponsors Link

Teknik yang Benar Saat Menggunakan Winch Ketika Melakukan Recovery

Seperti yang sudah kita ketahui sobat, di negara kita tercinta Indonesia ini ada begitu banyak tempat atau destinasi menarik untuk melakukan off road. Bagi mereka pencinta mobil Jeep tentu sudah tidak asing lgi akan hal yang satu ini.

Namun meski memang anda sudah paham akan teknik teknik  yang ada dalam off road tersebut ada baiknya pada saat anda akan melakukan penjelajahan di daerah baru atau medan off road yang baru, ada baiknya anda mengenal sifat dan karakter off road yang akan anda jalani tersebut.

Karena setiap meda off road tentunya memiliki karakter yang berbeda  beda sehingga anda harus jeli melihat setia potenis yang bisa membahayakan anda pada saat melakukan off road tersebut. alasan berkendara di medan off road harus pelan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Berbicara mengenai off road, tentunya pembicaraan kita tidak akan terlepas dari yang namanya recovery. Hal ini pastinya sering anda lakukan sobat semua  penggemar off road tersebut.

Dan pada saat kita melakukan recovery pada saat off road tersebut, tentunya kita akan menggunakan salah saty teknik yang sudah umum digunakan pada recovery off road tersebut.

Adapun recovery tersebut adalah ecovery winch. Apa itu winch pada saat recovery? Berikut penulis akan menjelaskannya secara detail untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Teknik Winch Pada Saat Melakukan Recovery Tersebut?

Adapun winch ini merupakan salah satu piranti yang sangat penting untuk melakukan recovery ketika kendarana Jepp anda terjebak dalam kondisi obstacle. 

Hal seperti ini tentunya sering  terjadi pada saat anda melewai medan off road yang tantangannnya lumayan menguji adrenalin anda. Namun yang harus anda perhatikan ketika akan menggunakan teknik winch ini adalah harus dilakukan dengan teknik yang tepat dan harus dilakukan oleh driver yang sudah  menguasai semua navigator pada winch tersebut.

Sehingga proses recovery yang akan dilakukan bisa dengan mudah dan cepat bisa terselesaikan dengan baik dan benar. Dan salah satu teknik yang dimaksud tersebut adalah menentukan atau menenmukan titik winch tersebut pada mobil Jeep anda. ciri fisik mobil yang cocok untuk off road bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Bagaimana Teknik yang Benar Saat Menggunakan Winch Ketika Melakukan Recovery Tersebut?

Seperti yang sudah penulis jelaskan sobat, anda harus menentukan atau menemukan titik winch tersebut pada mobil Jeep anda. Pada umumnya, selain di bumper juga terdapat beberapa titik winch pada bagian mobil Jeep anda, salah satunya adalah di bagian gardan Jeeop tersebut. 

Dan hal ini tentunya bertujuan agar dapat membagi beban winch saat mobil anda di tarik. Atau dengan kata lain, saat melakukan winching tidak  hanya body Jeep anda saja yang saja yang ditarik namun suspensi bagian mobil anda juga bisa ikut ditarik untuk mempermudah proses recovery tersebut dengan menggunakan teknik winching.

Teknik seperti ini sudah sangat banyak digunakan atau diterapkan oleh mereka yang memang sering melakukan recovery terhadap mobil Jeep nya ketika melakukan off road.

3. Bagaimana Pemasangan Piranti Winch Tersebut?

Pada umumnya, pemasangan piranti winch ini lebh cocok  pada  gardan mobil Jeep anda, selain itu hal seperti ini juga lebih cocok diterapkan bagi mobil Jeep  yang menganut suspensi  dengan menggunakan per keong atau shock coilover. 

Hal ini dikarenakan tow hook pada bagian gardan  ini berguna pada saat mobil Jeep anda terjebak di medan off road yang berbentuk “ V “ atau lebih tepatnya pas di mulut tanjakan off road tersebut. 

Dengan menggunakan titik winch pada gardan, maka tak hanya body saja yang bisa ditarik  namun juga suspensi beserta ban kendaraan anda, sehingga hal ini akan mmepermudah anda melkukan recovery tersebut. 

Selain itu sobat, hal yang lainnya yang harus anda perhatikan adalah bahwasanya tow hook yang ada pada gardan, dan pada saat mobil di tarik maka gardan dan suspensi akan ditarik, maka gardan dan suspensi tersebut akan cenderung “ ketarik “ ke posisi atas sehingga hal ini akan membantu Jeep terangkat dari lumpur atau obstacle dengan lebih mudah. 

Dan hal penting lainnya, pemasangan piranti winch ini pada gardan tergolong hal yang tak begitu sulit untuk anda lakukan. Berikur cara pemasangan piranti wicnch tersbeut  :

  • Membuat dudukan untuk tow hook atau shackle pada bagian depan gardan mobil Jeep anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, kini anda  pasangkan seling yang di ikatkan pada tow hook atu pada shacle nya.
  • Agar mudah saat  diraih, sling tersebut juga baiknya anda ikatkan pada bagian atas bumper.

Selain lebih mudah, anda tak usah kawatir gardan atau suspensi pada mobil anda akan rusak lantaran gardan lepas dari duduknnya, selama mengunakan teknik doule winching tersebut dengan baik dan benar,  maka hal tersebut tidak akan terjadi pada Jeep kesayangan anda.

Sekian ulasan mengenai teknik yang benar saat menggunakan winch ketika melakukan recovery. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi refresni bagi anda yang gemar melakukan off road. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa di ulasan berikutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil