Sponsors Link

7 Penyebab Lampu Depan Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

Lampu menjadi komponen yang cukup vital dalam mobil terutama ketika kondisi perjalanan di malam hari. Tanpa adanya lampu, tentu saja resiko berkendara semakin tidak aman. Mungkin anda bisa ditilang oleh pihak kepolisian atau bahkan anda juga bisa mengalami kecelakaan saat berada di jalan karena tidak dapat melihat jalanan atau objek lain dengan baik di depan. Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab lampu depan mobil mati total? Dan bagaimana cara mengatasi nya? Berikut ini penjelasannya.

1. Kondisi Sekring Putus

Salah satu penyebab lampu depan mobil mati yang seringkali terjadi adalah kondisi sekring yang putus. Sekring kelistrikan di dalam mobil biasanya terkumpul dalam sebuah wadah kotak yang berada di bawah kanan dekat setir mobil. Sekring berbentuk seperti dua jari atau gigi. Carilah sekring yang berkaitan dengan lampu, cek kondisinya apakah memang putus atau tidak. Anda bisa memperbaiki nya dengan cara melilitkan 2 helai serabut logam di dalam kabel ke terminal satu dan lainnya. Setelah itu pasangkan kembali sekring lampu tersebut. Setelah itu anda bisa mencoba menyalakan lampu mobil.

2. Karena Kabel atau Relay

Saat kondisi kunci kontak sedang on serta aki sedang aktif maka pastikan apakah penyebab lampu mobil mati total merupakan masalah bagi lampu besar tersebut. Biasanya akan terlihat lampu mati dan menyala saat kabel sedikit saja digoyangkan. Relay ini merupakan kotak yang berfungsi menghubungkan antara kabel dengan sumber listrik. Jika memang terjadi masalah pada bagian kabel relay, maka cobalah untuk mengambil kabel yang masih utuh dan belum digunakan. Kemudian cabut pada bagian relay.

Setelah itu jadikan kabel tersebut untuk menjadi penyambung langsung antara lampu dan sumber listrik, dapat dikatakan jika terminal 30 disambungkan dengan kabel ke nomor 87. Namun lakukan ini saat kondisi sedang darurat dan terdesak saja. Setelah itu segera cari bengkel terdekat untuk memperbaiki lampu mobil mati total tersebut.

3. Bohlam Mati 

Penyebab lainnya dapat dikarenakan lampu bohlam yang memang kondisinya mati. Faktor-faktor yang dapat menyebabkannya adalah pemasangan bohlam lampu yang salah. Misalnya saja pemasnagan bohlam lampu di bagian kacaanya memang harus bersih dari kotoran atau minyak. Dengan kata lain tidak boleh sampai tersentuh dengan tangan. Jika anda memang ingin menggantinya, maka pastikan jangan sampai bagian kaca tersentuh oleh tangan anda.

4. Kualitas Bohlam Lampu yang Jelek

Masih berkaitan dengan bohlam lampu, kini kualitas bohlam lampu juga menjadi salah satu penyebab mengapa lampu mobil mati total. Kualitas dari lampu yang digunakan memang akan sangat mempengaruhi kerja lampu. Jika anda menggunakan kualitas yang rendah maka tentunya akan seringkali putus atau rusak. Bohlam lampu berkualitas rendah tidak memiliki kemampuan dalam menahan panas sehingga menyebabkan filamen di dalamnya menjadi mudah putus. Sehingga hanya 3 kali pakai saja anda akan membuat lampu mati.

Meskipun bohlam yang bagus biasanya memiliki harga yang mahal, namun jika dibandingkan dengan membeli bohlam lampu berkualitas kurang baik terus menerus maka hal ini akan jauh lebih merugikan. Kualitas bohlam yang baik tentunya akan memiliki usia pakai yang cukup lama. Selain itu pilih bohlam yang memang sesuai dengan ukuran daya dari spesifikasi mobil anda.

5. Tegangan Kelistrikan Tidak Stabil 

Tegangan pada sistem kelisrikan yang kurang stabil juga seringkali menyebabkan bohlam lampu sering putus. Sistem kelistrikan yang tidak stabil atau terlalu tinggi menyebabkan lampu depan mobil tiba-tiba mati total. Untuk memeriksanya, anda bisa menggunakan voltmeter atau multimeter. Jika memang tegangannya terlalu tinggi atau rendah, maka cobalah untuk mengecek komponen seperti aki mobil yang memang sudah soak atau drop.

Anda bisa mengetahui tanda aki kering mobil soak terlebih dahulu. Setelah itu cek pada bagian regulator dan rangkaian lainnya pada mobil. Kerusakan yang terjadi akibat tegangan listrik yang tidak stabil biasanya tidak hanya menyebabkan satu lampu mobil saja yang mati, namun juga menyebabkan lampu-lampu mobil lainnya mati total.

6. Kondisi Soket Lampu Kotor atau Kendor

Jika anda sering mengalami lampu mobil yang sering mati cobalah untuk mengecek pada bagian soket lampu mobil anda, mungkin saja bagian tersebut memang kotor dan kendor. Kondisi soket lampu yang kotor atau kendor biasanya akan menyebabkan lampu mudah rusak dan putus. Hal ini karena suplay listrik yang menuju lampu terhalang. Coblaha cek pada bagian soket lampu, jika memang kotor maka bersihkan  dan rapatkan kembali soket lampu yang kendor. Selain itu lakukan pembersihkan secara berkala sebagai tips merawat lampu mobil agar lebih tahan lama.

7. Switch Leleh

Kondisi lampu mobil yang seringkali mati juga dapat disebabkan karena kondisi switch leleh. Kondisi seperti ini biasanya dapat pengemudi rasakan saat mengeoperasikan mobil. Switch yang leleh akan terasa seret saat dijalankan. Untuk mengetahui gejala-gejala yang lebih pasti maka cobalah untuk memeriksakan di bengkel yang memang sudah terpercaya.

Nah itu tadi beberapa penyebab lampu depan mobil mati serta bagaimana cara mengatasinya. Tentu saja sebagai pemilik mobil penting untuk mencegah kondisi seperti ini terjadi dengan cara merawat lampu mobil dengan baik dan tepat. Sehingga anda tidak akan mengalami kondisi lampu mobil yang dapat tiba-tiba mati saat dikendarai. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis