Sponsors Link

10 Tips Mengendarai Mobil Saat Jalan Macet dan Panas

Sponsors Link

Kemacetan sudah menjadi salah satu permasalahan yang tidak bisa terlepas dari Kota-kota besar. Berkendara di jalan yang macet tentunya tidak menyenangkan, bahkan banyak sekali resiko-resiko yang bisa anda temui di jalan. Mulai dari kecelakaan, mesin yang overheating, BBM yang boros dan masih banyak lainnya. Selain itu dibutuhkan kesabaran dan kewaspadaan yang tinggi agar jangan sampai mobil yang dikendarai dapat bersinggungan dengan mobil lainnya. Bagi anda yang sering terkena macetdi jalanan, berikut ini ada beberapa tips mengendarai mobil saat jalan macet yang bisa anda coba lakukan untuk menghindari resiko-resiko yang dapat merugikan anda nantinya.

ads

1. Kurangi Penggunaan Setengah Kopling

Ketika kondisi jalanan sedang padat dan macet, tak jarang banyak pengemudi yang akan bereaksi dengan melakukan stop and go. Namun banyak pengemudi lainnya yang menggunakan cara lainnya seperti teknik setengah kopling sehingga dapat mempercepat respon mobil. Cara ini dilakukan banyak orang karena tidak membuat kaki menjadi cepat lelah. Namun sayangnya, cara ini lah yang menjadi penyebab kampas kopling mobil cepat habis, panas, dan aus. Sehingga akan lebih baik untuk mengurangi bahkan tidak menggunakan cara setengah kopling ini. Anda bisa mencoba untuk menjaga harak dengan kendaraan di depan mobil anda, setelah agak jauh barulah anda bisa mulai berjalan perlahan-lahan. Cara ini juga harus anda hindari ketika menaiki tanjakan. Akan lebih baik untuk menggunakan rem tangan dibandingkan menggunakan setengah kopling.

2. Posisikan Gigi Transmisi Netral Ketika Berhenti

Ketika kemacetan yang terjadi sangat parah, tak jarang hal ini akan membuat anda harus berhenti dalam waktu yang cukup lama. Jika anda mengalami hal ini, maka coba memposisikan gigi transmisi di posisi yang netral. Hal ini sebagai bentuk dari berjaga-jaga jika kemungkinan pedal kopling terlepas saat pengemudi lupa.

3. Posisikan Gear Dalam Posisi D

Jika anda menggunakan Mobil matic terbaru, maka cobalah untuk menekan pedal akselerator mobil dengan sehalus mungkin. Namun sebelumnya, pastikan jika posisikan gear pada posisi D. Jika anda menekan pedal akselerator dengan halus, maka cara ini juga dapat menekan konsumsi penggunaan BBM dan mencegah pemborosan.

4. Perhatikan Instrumen dan Indikator Kendaraan

Ketika anda mengendari mobil saat jalan macet, jangan lupa untuk selalu mengecek instrumen dan indikator pada kendaran anda. Di dalam kondisi jalan yang macet, tanpa disadari kerja mobil menjadi lebih berat dibandingkan saat digunakan di jalanan yang normal. Apalagi jika anda mengendarainya di cuaca yang terik, maka akan penyebab mesin mobil cepat panas yang dapat membuat mobil mogok di tengah jalan. Sehingga sesekali perhatikan indikator suhu pada mobil anda dengan cermat. Selain itu perhatikan pula indikator-indikator lainnya seperti bensin dan oli jangan sampai terlewatkan.

5. Jaga Jarak Aman Dengan Mobil Depan

Dengan menjaga jarak yang aman dengan mobil yang ada di depan kendaraan anda maka akan menghindarkan anda dari resiko-resiko buruk yang mungkin saja bisa terjadi. Sangat disarankan untuk jarak yang aman adalah ketika anda memiliki respon 3 detik. Pada waktu tersebut akan memberikan ruang gerak yang cukup untuk berhenti, berpindah jalur, ataupun saat mobil depan anda tiba-tiba berhenti.

Sponsors Link

6. Gunakan Hand Rem Saat Berhenti Lama

Ketika terjebak dalam kemacetan yang parah yang mengharuskan anda harus diam berlama-lama di satu tempat maka cobalah untuk menggunakan hand rem. Fungsi hand rem ini sangatlah penting. Cobalah menarik tuas dari ahnd rem sehingga mencegah agar mobil tidak bergerak. Cara ini juga tidak akan membuat pengemudi capek karena harus menginjak pedal rem terus menerus.

7. Gunakan Lampu Sein

Jika anda berkeinginan untuk memotong, berputar arah, ataupun berpindah jalur maka jangan lupa untuk menggunakan lampu sein sebagai isyarat untuk mobil lainnya yang ada di belakang anda. Biasanya dalam kondisi macet, memang akan kesulitan untuk melakukan ini. Namun meskipun begitu, hal ini akan membuat anda terhindar dari resiko yang tidak diinginkan di jalan. Jangan terburu-buru saat akan memotong jalur, butuh kesabaran serta jangan memaksakan untuk emnggunakan jalur yang tidak diberikan akses.

8. Gunakan Gigi Rendah

Cobalah untuk menggunakan posisi gigi rendah saat mengendari mobil di kondisi jalanan yang macet. Hal ini akan bertujuan untuk memberikan respon baik saat pergerakan kendaraan. Hal ini juga mencegah agar mesin tida tiba-tiba mati dikarenakan beban yang berlebihan.

9. Matikan Sistem Pendingin (AC)

Tips mengendarai mobil saat jalan macet lainnya adalah dengan cara mematikan AC mobil. Apalagi jika kondisi cuaca tidak terlalu panas, tidak ada salahnya mematikan AC. Ataupun Ac dimatikan ketika suhu dalam kabin mobil memang sudah cukup dingin. Mengapa? Hal ini akan meringankan kerja mesin mobil dan menghindari penyebab mesin mobil panas di tengah jalan. Saat suhu kabin mobil mulai panas, anda bisa mencoba menghidupkan kembali AC mobil.

Sponsors Link

10. Jangan Terlalu Sering Memainkan Pedal Rem

Usahakan untuk tidka terlalu sering memainakn ataupun menginjak pedal rem mobil, hal ini akan sangat menganggu mobil lainnya yang ada di belakang. Selain itu hindari melakukan pengereman mendadak yang dapat menimbulkan resiko tabrakan dengan mobil lainnya di belakang anda.

Nah itu tadi beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika mengendarai mobil saat jalan macet. Mengendari mobil ketika kondisi macet memang tidak membutuhkan cara khusus, hanya saja cara-cara diatas dapat menghindarkan dari resiko-resiko yang mungkin akan sangat berbahaya untuk anda maupun mobil anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick