Sponsors Link

Mobil Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan, Pertanda Masalah Serius?

Memanaskan mobil sebelum digunakan menjadi hal penting dan wajib yang harus dilakukan bagi setiap pemilik kendaraan. Dengan memanaskan kendaraan tentunya peforma mobil ketika digunakan akan lebih optimal sekaligus merawat mesin kendaraan. Namun kadangkala saat memanaskan kendaraan akan muncul asap putih melalui saluran pembuangan gas atau knalpot mobil. Mobil keluar asap putih saat dipanaskan bisa jadi merupakan hal yang wajar saja maupun penunjuk jika terdapat masalah di dalam mobil anda. Lalu bagaimana menganalisa apakah hal tersebut merupakan masalah atau tidak? Anda bisa mencoba untuk melakukan pengecekan mengenai kondisi mesin kendaraan anda.

Bila Asap Putih Tipis Yang Muncul?

Jika kondisi ini terjadi pada mobil anda, maka sebenarnya hal ini wajar-wajar saja terjadi. Asap putih tipis yang keluar dari knalpot mobil bukan pertanda bahaya apapun. Asap putih ini nantinya akan menghilang dalam jangka waktu 5 menit saja setelah mesin dipanaskan. Asap tersebut bisa jadi merupakan hasil dari kondensasi udara dingin yang ada di sekitar kendaraan.

Ketika pagi terutama jika anda tinggal di daerah yang cukup dingin seperti pegunungan maupun sehabis hujan maka suhu mobil dan di sekitanya akan cukup dingin termasuk pada bagian knalpot mobil. Dan ketika mobil dipanaskan, maka akan terjadi kenaikan suhu pada mobil. Perubahan suhu yang cukup ekstrim ini lah yang kemudian menyebabkan mobil keluar asap putih saat dipanaskan. Jika kondisi ini terjadi pada mobil anda, maka anda tak perlu khawatir.

Penyebab mobil keluar asap saat dipanaskan lainnya dapat dikarenakan mesin mobil yang memang sudah lama tidak dipanaskan dan digunakan. Sehingga kondisi mesin yang dingin tersebut akan dipaksa untuk berputar sehingga memunculkan asap putih dari knalpot mobil. Namun setelah beberapa saat, asap putih tersebut nantinya akan menghilang dan membaur di udara. Hal ini menandakan jika terdapat uap air di dalam knalpot mobil anda serta menandakan jika kompresi mesin masih cukup baik.

Bagaimana Jika Asap Putih Tebal Yang Muncul?

Jika saat dipanaskan muncul asap putih yang tebal, maka hal tersebut menandakan ada kemungkinan jika terdapat kerusakan pada mesin kendaraan. Hal ini akan terus terjadi hingga anda menjalankan kendaraan tersebut. Jika kondisi seperti ini terjadi pada mobil anda, maka ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi antara lain adalah:

  • Penyebab pertama bisa dikarenakan adanya oli yang ikut terbakar di dalam ruang bakar. Jika sampai ada oli yang masuk ke dalam ruang bakar dan terbakar bersama bensin maka menunjukkan jika terjadi masalah pada kendaraan anda. Hal ini karena oli memang tidak diperbolehkan masuk ke dalam ruang bakar, hanya sebatas pada ring piston saja. Kerusakan seperti ini biasanya terjadi karena lapisan ring piston yang berfungsi untuk menahan oli sudah mulai aus atau lembek sehingga tidak oli dapat merembes masuk ke dalam ruang bakar.
  • Masalah lainnya dapat disebabkan karena kerusakan pada bagian silinder. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada proses pembakaran. Kerusakan pada bagian silinder nantinya menyebabkan posisi ring piston mengalami perubahan yang dapat menyebabkan oli dapat masuk ke dalam ruang bakar. Sehingga akan menyebabkan asap putih tebal muncul terus menerus saat mobil dipanaskan.
  • Jika terdapat keretakan pada bagian blok mesin mobil, maka hal ini akan menyebabkan air akan masuk ke ruang bakar mellaui bagian yang retak tersebut. Air tersebut akhirnya akan menyebabkan asap yang muncul terus menerus ketika mobil dipanaskan.
  • Penyebab lainnya dapat dikarenakan pompa bahan bakar yang sudah aus. Hal ini biasanya akan terjadi pada mobil yang mana menggunakan pompa bakar jenis manual. Sehingga saat membrannya rusak atau sobek akan menyebabkan oli dapat masuk dan bercampur bersama bensin di pompa bahan bakar.
  • Mobil yang sudah berumur pun juga akan mengalami kondisi seperti ini, apalagi jika mobil anda sudah berusia lebih dari 7 tahun. Semakin lama usia penggunaan mobil maka tentu saja semakin banyak bagian dalam mesin yang harus diperbaiki.

Cara Mengatasi Kerusakan

Jika memang terjadi kerusakan pada mobil anda yang menyebabkan mobil keluar asap putih saat dipanaskan, maka segeralah untuk membawa mobil anda ke bengkel resmi dan terpercaya yang dilengkapi alat-alat yang canggih. Nantinya mobil anda akan dilakukan pengecekan mendalam terkait kerusakan mana yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi. Setelah itu pihak bengkel akan memutuskan dan memberi saran terkait analisa yang sudah dilakukan seperti:

  • Mobil harus turun mesin. Biasanya akan mudah terlihat ciri ciri mobil turun mesin
  • Penyetelan pada bagian klep dan pengapian
  • Dan masih banyak lainnya.

Hal paling terburuk yang dapat terjadi adalah mobil anda harus mengalami turun mesin untuk bisa menggantikan seal klep dan ring piston yang sudah aus atau rusak. Namun jika asap putih memang belum terlalu parah, maka kemungkinan pihak bengkel akan membiarkannya saja sepanjang tenaga mobil dirasa masih cukup.

Selain itu penting pula bagi anda untuk merawat mesin mobil mandiri sehingga kondisi mobil anda tetap terjaga dengan baik. Lakukan perawatan dan pengecekan rutin sehingga nantinya jika mobil anda sedang bermasalah dapat langsung diatasi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis